Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

  • Whatsapp

Berbagi Insta Story merupakan cara paling efektif untuk berkomunikasi bersama followers-mu. Story Instagram memberikan fungsi interaktif, semisal pemakaian stiker pertanyaan dan fungsi polling, sebagai cara efektif untuk berinteraksi bersama pengikutmu. Menariknya lagi, kini Kamu juga bisa memakai filter AR (Augmented reality) di Insta Story-mu. Di sini Kami akan membagikan cara membuat filter Instagram sendiri.

Mengenal Filter AR Instagram

Filter Augmented Reality atau AR ialah efek yang didapatkan dari komputer dan bisa Kamu letakkan di atas video atau fotomu sendiri. Pada platform Instagram sendiri tentu saja ini merupakan filter wajah. Contohnya, melalui filter binatang, maka Kamu bisa menambahkan fitur tersebut ke story Instagrammu. Sehingga membuatnya tampak seperti Kamu mempunyai telinga dan hidung binatang.

Namun jika Kamu ingin memakai filter AR secara lebih profesional, maka kini tim Instagram telah membawa serta filter AR hingga ke level berikutnya. Kamu bisa menciptakan filter Instagram sendiri. Dimana filter AR ini bisa dipakai bahkan oleh pengikutmu.

Sejak Mei 2019 lalu, tim Facebook telah mengumumkan bahwa setiap pengguna bisa membuat filter Augmented reality khusus menggunakan Spark AR Studio. Melalui platform yang satu ini, seluruh pengguna bisa menciptakan efek AR asli untuk dimasukkan ke Insta Story mereka.

Pentingnya Fitur Insta Story Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengingat fitur filter dikhususkan untuk Insta Story, tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat menggunakan fitur Insta Story ini, berikut ulasannya :

Terkait:  Cara Membuat Link WhatsApp

1. Upload Konten Teaser

Kamu bisa mengajak pengikutmu untuk mengetahui hal-hal yang di balik layar melalui unggahan video teaser atau behind the scene. Seperti video pembuatan serta pengepakan produk, sneak peek dan perkenalan tim. Dimana konten-konten tersebut selain bisa menciptkaan hubungan atau engagement yang baik bersama calon konsumen, juga dapat meningkatkan performa online shop Kamu.

2. Membangun Brand Awareness

Dengan Insta Story yang menarik dapat dijadikan sebagai alat pengingat followers, bahwa Kamu akan mengadakan event-event menarik. Contohnya seperti webinar atau Facebook Live Video. Sehingga, mereka bisa berpartisipasi, hingga mengikuti channel medsos Kamu yang lainnya. Hal ini tentu saja menjadi peluang menarik yang sayang jika dilewatkan.

Namun pastikan target audience yang Kamu bidik harus disesuaikan dengan benar sebelum iklan dijalankan. Selain itu, jangan lupa pilih video atau foto menarik dilengkapi merek dan logo yang terlihat mencolok agar followers menyadari keberadaannya.

3. Menambah Followers Instagram

Apabila Kamu memiliki promo terbaru, serta ingin agar calon pembeli mengetahuinya, pakai Insta Story. Setiap orang tentu menyukai promo, sehingga mengumumkannya lewat fitur IG tersebut dapat dijadikan opsi terbaik untuk memikat banyak pengguna.

Silahkan membagikan beberapa konten eksklusif untuk membuat audience Kamu menaruh perhatikan dalam iklan. Seperti, ketika Kamu menawarkan diskon, jadi sebaiknya tonjolkan kalimat potongan harga atau diskon tersebut.

4. Gunakan User Generated Content

UGC atau User Generated Content adalah konten yang didapatkan dari audience. Jadi maksudnya ialah seperti testimoni, review konsumen, konten komunitas maupun yang lainnya. Adapun cara memanfaatkan user generated content ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan kampanye konten sosial. Untuk selanutnya konsumen diminta melakukan share foto konten ke platform media sosial yang mereka miliki. Menurut pengalaman dari merk-merek terkemuka, cara yang satu ini bisa meningkatkan penjualan sampai 2%.

Insta Story sendiri tergolong murah sebagai salah satu media beriklan, terlebih fitur ini menawarkan berbagai macam tujuan, fungsi dan jangkauan luas. Selain itu, Insta Story dapat meninkatkan omset dan penjualan toko onlinemu jika dimanfaatkan dengan baik.

Terkait:  Cara Membuat Video dari Foto dengan Lagu

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri
Tutorial Membuat Filter Instagram Sendiri

Tutorial Membuat Filter Instagram Sendiri

Ada beberapa tahapan cara membuat filter Instagram sendiri menggunakan Spark AR Studio. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa simak panduannya berikut ini :

1. Unduh Spark AR Studio di Perangkatmu

Jika Kamu ingin membuat filter Instagram sendiri, maka aplikasi Spark AR Studio bisa membantumu untuk mewujudkannya. Kamu bisa mendownload aplikasi Spark AR Studio ini di laptop atau komputermu dengan cara mengunjungi web resminya. Spark AR Studio bisa Kamu pakai di laptop atau komputer denga sistem operasi MacOS Mojave 10.1 atau Windows 10 maupun versi terkini.

2. Lihat Referensi Filter Instagram

Ketika Kamu membuat aplikasi, mungkin kamu akan melihat beberapa referensi filter yang telah dibuat orang lain. Ketuk template jika ingin membuat filtermu sendiri berdasarakn template tersebut. Contohnya, ada fikter berbentuk wajah dinamis, gambar timbul dan latar belakang untuk mengubah tampilan bentuk wajah di kamera smartphone. Kamu bisa memilih versi paling cocok dengan tampilan filtermu.

3. Lakukan Editing Filter

Berdasarkan contoh referensi filtermu, Kamu bisa membuat perubahan-perubahan agar filtermu terlihat berbeda dengan yang lainnya. Silahkan klik tab scene, kemudian ketuk fitur tertentu yang akan Kamu tambahkan pada filter. Jika sudah mengeditnya,Kamu bisa melakukan preview filter dengan cara tekan fungsi preview atau pratinjau.

4. Cek Hasil Filter Pada Video

Langkah cara membuat filter Instagram sendiri berikutnya ialah mengecek hasil filter. Jika Kamu sudah mengeditnya, Kamu bisa menguji filter pada video. Kamu bisa melihat ada ikon berbentuk kamera di samping kiri layar. Dengan ikon kamera ini, membuka webcam di perangkat PC mu dan langsung melihat hasil dari filter akhir wajah. Kamu juga bisa menguji filter memakai sampel wajah di dalam aplikasi Instagram. Jika Kamu sudah merasa puas dengan filter yang dihasilkan, tinggal save atau simpan filter tersebut.

Terkait:  Cara Membuat Channel Youtube

5. Ekspor Filter Kustom

Jika sudah menyimpannya, tekan file pilih ekspor dan pilih lagi ekspor filter Instagram. Kamu bisa memilih memakai filter di seluruh jenis perangkat supaya ada banyak orang yang bisa memakainya. Selanjutnya tekan ekspor lalu tekan file .arexport.

6. Upload Filter ke Akun Instagram

Kamu juga bisa mengunggah filter yang dihasilkan ke Instagram. Namun pastikan terlebih dahulu Kamu sudah login ke akun IG di laptop atau komputermu lewat browser. Silahkan masuk ke alamat https://www.facebook.com/sparkarhub/ kemudian tekan upload effects. Lalu pilih saja tujuan filter, IG dan Kamu bisa memberi nama filter tersebut. Pada ikon efek, Kmau bisa memilih gambar atau objek yang nantinya dipakai sebagai ikon filter. Jika sudah selesai, tekan download lalu lanjutkan.

7. Preview

Preview atau pratinjau penting sekali untuk melihat atau mengecek hasil dari filter yang Kamu buat. Jika sudah diunggah, Kamu bisa melakukan pratinjau filter Kamu di aplikasi Instagram. Silahkan pilih preview pada aplikasi agar Kamu bisa menguji aplikasi. Selain itu, tekan dapatkan link pratinjau untuk dapat dibagikan bersama temanmu. Lalu bagikan filter tersebut di Instagram.

8. Buat Video Demo

Langkah cara membuat filter Instagram sendiri selanjutnya Kamu bisa memilih kategori tema berdasarkan tema yang telah dipilih. Lalu pakai tautan preview atau pratinjau yang Kamu simpan aar video yang telah difilter bisa disimpan di ponselmu. Selanjutnya video tersebut dijadikan sebagai video demo untuk ditampilkan ketika orang lain memakai filtermu.

Nah, itulah dia 8 tahapan cara membuat filter Instagram sendiri menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Bagaimana, mudah bukan?

 

 

 

 

Related posts