Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Bagaimana cara membuat cover highlight Instagram? Instagram mempunyai fitur bernama “highlight” atau sorotan. Kita tahu bahwa Instagram Stories biasanya akan hilang sesudah 24 jam. Fungsi highlight Instagram sendiri ialah menyimpan atau mengelompokkan Instagram Stories supaya dapat dilihat kembali oleh followers-mu. Misalnya saja, Kamu memiliki online shop dan Kamu dapat mengkategorikan sorotanmu untuk informasi mengenai produk, ulasan atau testimoni pelanggan dan lainnya.

Agar tampilan pada feed Instagrammu terlihat menarik, Kamu dapat membuat cover hightlight IG atau nama lainnya ialah sampul sorotan Instagram. Kamu bisa cek IG para influencer, biasanya mereka menampilkan cover yang ikonnya lucu-lucu.

Read More

Mengenal Cover Highlight Story Instagram

Cover highlight story IG adalah sampul berbentuk gambar ikon yang memiliki backgroun berukuran sekitar 1080 x 1920 piksel yang dipakai untuk kebutuhan Insta Story. Dimana sorotan IG atau sampul highlight ini biasanya dimuat pada profil IG maupun bio IG, agar memberikan kesan pertama ke orang-orang tertentu yang mengunjungi IG-mu.

Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Cara Membuat Cover Highlight Instagram
Membuat Cover Highlight Instagram

Tutorial Membuat Cover Highlight Instagram

Ada beberapa tutorial cara membuat cover highlight Instagram yang bisa Kamu coba untuk memberikan tampilan menarik pada profil Instagrammu. Ini dia ulasannya :

1. Membuat Cover Highlight Instagram Menggunakan Canva

Cara pertama, yaitu Kamu perlu mengakses situs web Canva di laptop atau lewat aplikasinya yang bisa didownload di Play Store atau App Store. Namun lebih disarankan untuk membuatnya lewat website di komputer/PC agar lebih puas.

Sesudah lamannya mulai muncul, silahkan ketikkan tulisan “Instagram Story” di kolom search sampai muncul template IG story. Kamu bisa memilih salah satunya, kemudian mulai mengedit. Saat template-nya telah dipilih, Kamu pasti akan dialihkan langsung pada halaman baru. Silahkan hapus beberapa elemen kurang penting yang tak begitu dibutuhkan.

Masuk ke dalam menu bacground, selanjutnya tinggal pilih saja background-nya. Lalu ubah warna pada background-nya, ketik “circle” pada kolom search. Pilih gambar berbentuk lingkaran yang telah tersedia lalu ubah warnanya. Jika sudah, tinggal mencari ikonnya pada kolom search di menu search. Kamu tinggal memilih ikon tertentu dan warnanya bisa diubah selanjutnya. Setelah itu, salin halaman yang akan dibuat dengan cara klik tanda yang telah dilingkari merah pada bagian bawah jika ingin menambah halaman berikutnya.

Lalu copy-kan saja lembarannya dengan sebanyak-banyaknya. Lalu pada halaman kedua, maupun seterusnya, kemudian ikon tadi Kamu bisa menggantinya dengan ikon yang lain sesuai kenginan. Baik itu make up, plane, movie, dan lainnya menyesuaikan kebutuhanmu. Jika Kamu sudah merasa bahwa cover highlight IG sudah cukup, selanjutnya klik download di samping kanan atas agar cover-nya dapat dipakai segera.

2. Membuat Cover Highlight Instagram Menggunakan Picsart

Di samping memakai canva, Kamu juga bisa mencoba cara membuat cover highlight Instagram memakai PicsArt. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, siapkan aplikasi Picsart terlebih dahulu dengan mengunduhnya di Google Play Store untuk pengguna android atau App Store untuk pengguna iPhone.
  • Setelah terinstall, tinggal buka aplikasinya kemudian tinggal membuat akun di PicsArt.
  • Jika sudah membuat akun, pada halaman awal ikon “+” di tengah menu bagian bawah.
  • Silahkan scroll layar ke bawah dan cari “Pilih Kanvas”.
  • Lalu akan muncul ukuran-ukuran yang bisa Kamu pakai. Namun sebaiknya pakai ukuran resolusi 1024 x 1024. Jangan lupa pilih background-nya dan tab panah di samping kanan atas.
  • Kemudian akan muncul editan yang telah Kamu pilih sebelumnya. Ingat, jangan mulai mengedit pada lembar ini. Sebaiknya klik ikon tanda panah di ujung kanan bagian atas lalu tekan “Edit Gambar”.
  • Dari situ, kamu bisa mulai mengubah apapun yang akan Kamu masukkan dalam pembuatan cover highlight IG. Kamu dapat memasukkan teks, gambar, stiker maupun yang lainnya.
  • Gulir ke samping lalu cari opsi “Tambahkan Foto”. Di sini Kamu dapat mencari ikon yang Kamu inginkan terlebih dahulu.
  • Jika sudah memasukkan gambar, kemudian gulir ke samping lalu cari “teks”.
  • Setelah diedit, Kamu tinggal menyimpan hasilnya dengan mengklik ikon tanda panah di samping kanan atas dan tekan “Simpan” lalu “Simpan foto di perangkat”.

3. Membuat Cover Highlight Instagram Menggunakan Photoshop

Kamu juga bisa mencoba cara membuat cover highlight Instagram menggunakan Photoshop. Untuk langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka komputer/laptop lalu buka software Adobe Photoshop-nya. Misalnya, Kamu memakai Adobe Photoshop CC 2019.
  • Lalu buat dokumen atua file baru, kemudian tentukan ukurannya, dengan ukuran 1024 x 1024 pixel. Selain itu jangan lupa berikan background colori, dan klik “Create”.
  • Cari gambar atau ikon yang ingin dimasukkan, klik dan tahan gambarnya lalu seret ke photoshop.
  • Jangan lupa tambahkan teks. Ketuk ikon T pada menu bar di samping kiri. Ketuk di bagian bawah gambar lalu berikan sedikit teks agar lebih menarik. Kamu bisa mengatur jenis teks, ukuran teks serta warna yang sesuai keinginan.
  • Apabila sudah selesai mengeditnya, simpan dengan ketuk file lalu pilih “Save”. Selanjutnya Kamu tinggal memberi nama pada file lalu ganti ekstensinya ke dalam JPEG.

Dengan ketiga pilihan cara membuat cover highlight Instagram di atas, Kamu dapat memakai Piscart, Photoshop atau Canve

Bagaimana Cara Pasang Cover Highlight Instagram?

Sebelum mengunduh cover-nya, ada panduan sedikit mengenai cara pasang cover highlight Instagram. Jika Kamu belum mengetahuinya, berikut ulasannya :

1. Masuk ke Dalam Profile Instagram

Pertama-tama, masuk ke dalam profile IG-mu seperti biasanya, lalu pilih highlight untuk dipasangi cover di bagian bawah pada bio Instagram.

2. Membuat Highlight Instagram

Jika Kamu belum memiliki highlight, maka Kamu dapat menambahkan highlight baru terlebih dahulu dengan klik ikon “+”, di bawah bio IG Kamu lalu centang story IG yang akan di highlight. Sesudahnya ketuk “next” di pojok kanan atas.

Kemudian inputkan nama highlight, tergantung keinginanmu. Contohnya Kamu ingin membuat highlight “Make Up”, maka ketik saja “make up” dan ketuk tulisan “Add” di samping kanan atas.

3. Memasang Cover di Highlight Instagram

Klik highlight yang akan diberikan cover. Lalu pilih opsi “edit highlight” dan “edit cover”. Ketuk gambar berwarna hitam putih, dan pilih cover yang telah ter-save pada hpmu. Kamu bisa menyesuaikan ukurannya sendiri dengan cara memperkecil dan memperbesar tampilannya. Jika sudah, ketuk “done” di samping kanan atas.

Itulah cara memasang cover highlight Instagram yang bisa Kamu coba. Kamu harus tahu bahwa gambar cover highlight harus dirancang supaya lebih menarik perhatian followers. Karena highlight IG sangat penting juga untuk dijadikan strategi marketing IG yang dapat diterapkan untuk menambah followers.

Cover highlight IG harus langsung bisa menjelaskan isi highlight itu sendiri. Di samping itu, tambahkan pula kata-kata tertentu yang sesuai dengan niche atau produk yang ingin Kamu promosikan. Hal yang tak kalah penting ialah buat cover highlight yang mempunyai desain menarik dan konsisten.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat cover highlight Instagram yang bisa Kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts