Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Pernahkah kamu terpikirkan untuk mencari tahu cara menghapus akun Instagram permanen? Apakah kamu pernah tahu caranya? Kenapa seseorang sampai menghapus akun Instagram permanen? Artikel ini akan memberikanmu penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

Apa itu Instagram?

Di era modern saat ini, pertanyaan ini terkesan sangat klise dan retoris. Hampir semua penduduk bumi tahu, apa itu Instagram. Instagram adalah sebuah layanan sosial media yang memberikan fasilitas penggunnanya untuk berbagi foto dan video, mengunggah karya dan menambah teman. Instagram sangat populer, apalagi melihat saingannya kala itu, Twitter dan Facebook yagng tidak terfokus pada konten foto dan video.

Seiring berkembangnya zaman, pesaing Instagram dalam urusan sosial media tentu mulai bermunculan. Salah satu pesaing terbesar Instagram adalah Tiktok. Layanan yang sempat mengalami pemboikotan di berbagai negara beberapa tahun lalu, sekarang justru menjelma menjadi pesaing terberat bagi Instagram. Dengan semua fitur baru yang ditawarkan Tiktok, membuat posisi Instagram di hati para penggemarnya terancam. Untuk itulah Instagram melakukan banyak sekali inovasi dan pembaruan untuk mencegah penggunanya menghapus akun Instagram miliknya.

Inovasi dan pembaruan tersebut, alih alih digunakan untuk menggaet pengguna, justru malah menimbulkan ketidaknyamanan di kalangan para pecinta Instagram. Sebagian pengguna Instagram, merasa tak nyaman dengan fitur baru yang meskupun menambah kompleksitas Instagram, namun membuat layanan ini semakin berat di perangkat para penggunanya. Untuk itulah, tak sedikit pengguna Instagram yang justru memutuskan pergi dan mencari cara menghapus akun Instagram miliknya.

Kenapa Menghapus Akun Instagram?

Sebuah pertanyaan kemudian muncul. Kenapa harus menghapus akun Instagram? Hal hal seperti apa yang membuat seseorang akhirnya memutuskan untuk menghapus akun Instagram miliknya? Memang, Instagram adalah sebuah sosial media yang menawarkan kemudahan dan fitur menarik. Namun, ketidaknyamanan dan tingginya resiko kejahatan cybercrime di layanan ini bisa menjadi pemicu seorang pengguna menghapus akun Instagram miliknya. Adapun beberapa alasan yang mungkin menyebabkan sesesorang menghapus akun Instagramnya adalah :

  • Cyberbullying. Pernah mendengar istilah ini? Ya. cyberbullying adalah isu yang marak terjadi di dalam sosial media Instagram. Konten yang terfokus pada foto, tak jarang pengguna mengunggah foto pribadinya dan menjadikan Instagram sebagai galeri kedua. Hal ini tentu berisiko dihujani komentar warganet yang karena merasa aman berada di balik layar, sering seenaknya memberikan tanggapan.
  • Peretasan Akun. Isu peretasan akun memang sudah sangat akrab dengan dunia sosial media di internet. Setiap orang yang melakukan kejahatan pasti membutuhkan topeng. Dan topeng bagi mereka yang beroperasi di dunia maya adalah akun orang lain.
  • Fitur yang Mengganggu. Demi mengembangkan diri menjadi sosial media yang utuh, Instagram mulai menambah beberapa fitur baru. Namun, nampaknya tak semua fitur tersebut digunakan oleh pengguna Instagram. Hal ini menyebabkan aplikasi Instagram menjadi berat dan mengganggu performa HP. Hal ini bisa memicu seorang pengguna menghapus akun Instagram miliknya dan beralih ke sosial media lain.
  • Konten yang Membosankan. Dulu, konten kreator di Instagram adalah konten kreator yang penuh kreativitas. Konten konten baru yang fresh selalu dapat dinikmati. Namun, seiring berjalannya era, tak sedikit konten di Instagram yang mulai berubah membosankan. Mulai dari kehidupan pribadi, hingga iklan produk yang sering menjadi angin lewat bagi para pengguna. Merasa tidak menemuka manfaat di layanan ini, bukan tak mungkin seseorang akan memutuskan untuk menghapus akun Instagram miliknya.
Terkait:  Cara Ganti Username Spotify

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen
Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Sebenarnya, jika kamu ingin menghapus akun Instagram milikmu, kamu bisa memilih di antara tindakan tindakan berikut :

  • Menghapus akun untuk sementara. Hal ini bermanfaat bila kamu hanya ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk Instagram.
  • Menghapus akun permanen melalui aplikasi. Bagi kamu yang menggunakan aplikasi Instagram sebagai jendela berselancar di sosial media ini, kamu tentu akan lebih nyaman dengan cara ini.
  • Menghapus akun permanen melalui browser. Meskipun Instagram identik dengan aplikasi di HP, namun kamu juga bisa menghapus aku Instagram permanen melalui browser di perangkat manapun.

Cara Menghapus Akun Instagram untuk Sementara

Sebelum lanjut ke pembahasan inti mengenai cara menghapus akun Instagram permanen, alangkah baiknya kamu menyimak cara menghapus akun Instagram untuk sementara. Langkah ini akan membantumu yang hanya ingin keluar sejenak, mengamankan akun dari bahaya peretasan, dan kembali lagi di masa mendatang. Jumlah follower dan konten biasanya menjadi pertimbangan seseorang lebih memilih cara ini. Langkah langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan browser, klik link berikut ini https://www.instagram.com/accounts/remove/request/temporary/
  • Lakukan login ke dalam akun Instagram yang akan kamu hapus.
  • Baca dan pelajari semua hal terkait penghapusan akun yang akan kamu lakukan
  • Selanjutnya, kamu akan diminta memilih alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram milikmu
  • Masukkan ulang password akun Instagram milikmu.
  • Klik Temporarily Delete My Account

Cara mudah di atas hanya akan menghapus akun Instagram milikmu untuk sementara. Jumlah follower, Feed, dan pengaturan akun milikmu tidak akan berubah.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Melalui HP

Untuk cara menghapus akun instagram permanen melalui aplikasi HP dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tentu sangat kamu sukai bila kamu menggunakan Instagram di ponsel pintarmu. Langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu, lalu masuk ke bagian Profil.
  • Masuk ke menu Option.
  • Pilih Setting.
  • Pilih menu Help lalu klik Help Center.
  • Instagram akan membawamu ke laman resminya
  • Pilih Mengelola Akun Anda.
  • Kemudian pilih Hapus Akun Anda.
  • Tentukan pertanyaan yang ingin diajukan, lalu ikuti prosedur penghapusan sampai selesai.
Terkait:  Cara Mengetahui Password Instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Melalui Browser

Untuk menghapus akun Instagram secara permanen, tak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi di HP. Kamu juga bisa menghapus akun Instagram kamu secara permanen melalui browser di perangkat manapun. Namun tetap kamu harus mengetahui email dan password untuk memasuki akun Instagram milikmu. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke halaman berikut ini.
  • Pilih menu Mengelola Akun Anda. Kemudian plih Hapus Akun Anda.
  • Pilih salah satu alasan untuk menonaktifkan akun pada bagian kolom yang tersedia.
  • Baca dan pelajari beberapa keterangan yang ditimbulkan setelah kamu menghapus akun Instagram secara permanen.
  • Masukkan password akun Instagram milikmu.
  • Pilih tombol Permanently Delete My Account

Sangat mudah bukan? Demi menjaga keamanan data dan akun milikmu, kamu bisa melakukan langkah mudah tadi jika kamu berkeinginan untuk meninggalkan Instagram. Namun harus tetap disadari, menghapus akun Instagram permanen tentu memiliki konsekuensi.

Konsekuensi Menghapus Akun Instagra Permanen

  • Kehilangan Followers. Apabila kamu seorang yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk mencari followers, tentu kehilangan followers dalam jumlah besar dapat mempengaruhi mental dan perasaanmu.
  • Kehilangan Konten. Menghapus akun Instagram permanen berarti menghilangkan konten yang sudah kamu ciptakan untuk selamanya. Tak usah terlalu sedih, kamu hanya perlu meningkatkan kreativitasmu untuk terus produktif dimana pun berada.
  • Kehilangan Kontak.Beberapa orang, menggunakan Instagram sebagai wahana menambah teman dan relasi. Kehilangan aku secara permanen akan membuatmu kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan orang baru yang mungkin berpeluang menjadi rekanmu di masa mendatang.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Instagram permanen. Semoga bermanfaat.

Related posts