Cara Membuat Akun Paypal

Cara Membuat Akun PayPal

Bagaimana cara membuat akun Paypal? Paypal adalah salah satu platform pembayaran yang paling populer dan telah dipercaya hingga di seluruh dunia. Paypal bisa dikatakan sama seperti dompet digital yang berfungsi untuk melakukan sistem pembayaran global untuk mempermudahmu bertransaksi secara virtual. Saat membidik pasar mancanegara, tentu saja Kamu memerlukan alat pembayaran atau transaksi yang bisa digunakan, bukan? Inilah pentingnya memakai Paypal.

Selain itu, PayPal juga dapat dikatakan ibarat akun rekening dompet online atau bank, tapi lebih cocok apabila disebut sebagai mediator atua pihak ketiga. Dalam hal ini, Paypal telah memfasilitasi proses transaksi antara kedua pihak yang melakukan transaksi. Entah itu, antara para pemberi kerja dengan para pekerjanya, maupun penjual dengan pembeli.

Read More

Melalui akun Paypal inilah, akan mempermudahmu melakukan transaksi bersama klien hingga di seluruh dunia. Contohnya saja, bertransaksi di web freelance internasional atau marketplace. Seperti Amazon, eBay, CreativeMarket, Etsy, Envato, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Akun Paypal

Cara Membuat Akun PayPal
Membuat Akun Paypal Mudah

Panduan Membuat Akun PayPal

Jika Kamu mengetahui cara membuat akun Paypal, tentu saja Kamu bisa menjadi lebih mudah mempraktekkannya sendiri. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari Paypal. Seperti kemudahan transfer uang antar bank lokal, sampai transaksi pembelian hingga ke berbagai negara. Silahkan ikuti beberapa langkah pembuatan akun Paypal berikut :

1. Mendaftar Akun PayPal

Untuk mendaftar akun PayPal sendiri, bisa dilakukan secara langsung dari smartphone atau PC-mu. Sehingga Kamu tak perlu lagi repot-repot mengunjungi kantornya, sama seperti ketika Kamu ingin membuka akun rekening bank. Namun sebelum cara membuat akun PayPal, sebaiknya pastikan Kamu memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Selain itu, minimal harus sudah berusia di atas 18 tahun.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa Kamu coba :

  • Masuk ke website resmi Paypal di paypal.com.
  • Setelah itu, Kamu akan langsung dihadapkan pada 2 opsi akun PayPal, diantaranya akun bisnis dan akun pribadi. Kamu dapat memilih salah satu akunnya saja dan ketuk tombol “Daftar”.
  • Lakukan pengisian formulir menggunakan data pribadi lengkap. Setelah itu, ketuk “Setuju dan Buat rekening”.
  • Selanjutnya Kamu tinggal melakukan verifikasi dengan menginputkan kode OTP yang terlihat. Kemudian ketuk “Lanjutkan” dan “Masuk ke Rekening Saya”.
  • Sesudah berhasil, selanjutnya Kamu akan langsung dialihkan dengan memverifikasi email untuk mengaktifkan layanan akun Paypal.
  • Kini Kamu dapat melakukan login atau masuk ke akun Paypal-mu dengan cara memasukkan password dan email yang didaftarkan sebelumnya.
  • Jika sudah berhasil masuk, Kamu biasanya diminta mengisi kolom pertanyaan keamanan, dan klik “Kirimkan”.
  • Kini akun Paypalmu sudah aktif.

2. Melakukan Verifikasi Akun PayPal Memakai Kartu Debit/Kredit Online

Setelah akun Paypalmu sudah jadi, namun masih belum terkoneksi dengan kartu debit atau kredit, maka Kamu bisa melanjutkan cara kedua ini. Ini dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan pengguna sekaligus meminimalisir resiko penyalahgunaan akun. Sehingga lebih baik lagi jika Kamu langsung menghubungkannya memakai kartu debit/kredit.

Tujuannya verifikasi Paypal ialah dapat meningkatkan limi jumlah transaksi penarikan dan transfer, memudahkan proses transaksi yang terjadi di luar negeri, atau lainnya. Di bawah ini ada cara menghubungkan kartu debit atau kredit pada akun PayPal :

  • Masuk ke akun PayPal terlebih dahulu yang telah diaktifkan.
  • Di menu “Rekening Saya” Kamu bisa mencari opsi “Hubungkan dan konfirmasikan kartu kredit dan debit saya” di samping kanan halaman. Lalu ketuk link ini.
  • Setelah itu, lakukan pengisian data diri secara lengkap sesuai identitas pada jenis kartumu yang telah dihubungkan pada akun Paypal. Pastikan untuk menginputkan nomor kartu beserta masa berlaku dari kartu tersebut. Setelah itu, tekan “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Kamu bisa melanjutkan pada halaman berikutnya, tekan “Lanjutkan”. Silahkan tunggu sampai Kamu menerima kode OTP untuk verifikasi.
  • Sesudah Kamu mendapatkannya, masukkan pada kolom yang telah tersedia. Ketuk tombol “Kirimkan” jika ingin melakukan verifikasi di tahap selanjutnya.

Selamat, kini Kamu sudah memiliki akun Paypal yang terverifikasi. Setelah mengikuti langkah cara membuat akun PayPal di atas, kamu bisa langsung memakainya untuk bertransaksi.

3. Menghubungkan Akun PayPal Pada Kartu Kredit

Di samping memakai kartu kredit, juga dapat memakai kartu kredit saat memverifikasi PayPal yang telah Kamu daftarkan. Adapun salah satunya ialah memakai kartu debit Jenius. Untuk langkah-langkahnya, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk pada akun PayPal Kamu yang telah didaftarkan.
  • Ketuk “Pengaturan” di samping kanan bagian atas halaman. Lalu lanjutkan dengan cara tekan “Financial Information”.
  • Pada poin card, ketuk “Link a New Card”, lalu masukkan informasi mengenai kartu debit jenius secara lengkap.
  • Silahkan lanjut dengan mengklik “edit” di sebelah jenis kartu. Selanjutnya tekan “Confirm your card”, lalu akan muncul tampilan informasi lanjutan.
  • Pada laman tersebut, terdapat penjelasan bahwa PayPal menarik sejumlah uang/dana USD 1,95 dari total saldo di rekening tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa saldo pada kartu debitmu mencukupi.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan statement penarikan pada kartu debit berikut kode verifikasi. Tapi sebelumnya, tekan “Get a code” terlebih dahulu.
  • Kini buka rekening debitmu dan ketuk “Card Center”. Setelah itu, pilih credit card yang dihubungkan pada PayPal sebelumnya.
  • Selanjutnya ketuk Transaksi, dan Kamu dapat mengecek riwayat penarikan pada kartu debit dan kode angka sejumlah 4 digit untuk verifikasi. Silahkan salin kode OTP tersebut dan Kamu tinggal memasukkan kode ke laman Paypal.

4. Mengisi Saldo Paypal

Setelah akun Paypalmu terverifikasi dan Kamu sudah mulai bisa bertransaksi, tentu saja Kamu harus mengisi saldo PayPal terlebih dahulu. Ada banyak cara top up saldo PayPal yang bisa Kamu coba. Seperti misalnya dengan bertransaksi jual beli, menambah saldo lewat akun bank, dan pembayaran fee. Berikut cara pengisian saldo akun Paypal memakai akun bank yang terverifikasi :

  • Login ke Paypal.com, inputkan informasi login seperti biasa.
  • Pilih opsi “My Account” dan “Add Funds”.
  • Ketuk akun rekening bank atau kartu debit tertentu yang telah didaftarkan sebelumnya dan masukkan jumlah yang Kamu inginkan. Setelah itu, ketuk “Tambah”.
  • Penambahan saldo pada akun PayPal umumnya memerlukan beberapa lama, sehingga Kamu bisa memantaunya dengan mengklik “Aktivitas” di samping kanan atas halamna. Kemudian ketuk transaksi berdasarkan tanggalnya, untuk mengecek aktivitas penambahan dana/saldo yang telah dilakukan.

Kamu juga bisa menambah saldo dengan membeli saldo PayPal. Caranya yaitu beli balance paypal, salah satu situs marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Selain itu, Kamu juga dapat mengisi atau membeli saldo di saldo.co.id, salah satu web exchanger untuk membantumu menambahkan saldo pada akun PayPal.

Membuat Akun Paypal Sangat Mudah

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu saja bisa kita simpulkan bahwa cara membuat akun Paypal sebenarnya sangat mudah. Adapun yang Kamu butuhkan saat pendaftaran ialah kartu kredit atau kartu debit. Kamu bisa memilih salah satunya saja. Semoga bermanfaat!

Related posts