Cara Melihat Screen Time Xiaomi

Cara Membatasi Screen Time Xiaomi

Banyak pengguna yang sedang mencari cara melihat screen time Xiaomi untuk mengecek waktu penggunaan hp harian. Bagi kalian yang belum tahu istilah screen time, ini merupakan istilah yang menyatakan penggunaan hp mengacu pada ketahanan baterai pada kondisi full. Selain itu juga, untuk mengatur lamanya kalian menggunakan hp.

Namun intinya untuk mengecek lamanya baterai bisa bertahan saat menjalankan aplikasi maupun yang lainnya. Kalian hanya perlu mengecek screen time hp Xiaomi yang simpel dan bertujuan untuk mengecek kondisi baterai. Apabila ada masalah, kalian bisa langsung memperbaikinya.

Read More

Selain untuk mengecek baterai Xiaomi, kalian juga harus membatasi penggunaan gadget Xiaomi agar tidak memberikan dampak negatif untuk kesehatan penggunanya. Misalnya saja, membuat mata cepat lelah, susah tidur atau insomnia, sampai beresiko mengalami kanker otak.

Jika ingin meminimalisir dampak negatif tersebut inilah, yang membuat beberapa provider smartphone berpikir keras menemukan bagaimana solusinya. Seperti halnya Xiaomi yang sampai saat ini terus rajin dalam mengembangkan MIUI untuk sistem antarmuka lewat penambahan berbagai fitur, seperti screen time. Ini adalah fitur kesehatan sistem digital dari Xiaomi.

Pasalnya screen time dari Xiaomi adalah fitur MIUI dengan fungsi dapat mengelola waktu penggunaan smartphone. Ini adalah fitur yang hampir mirip dengan Screen Time dari iOS dan Wellbeing yang dimiliki Google.

Melalui fitur yang satu ini diharapkan seluruh pengguna Xiaomi dapat mengontrol penggunaan perangkat. Misalnya saja dengan mengecek, menyalakan mode dan membatasi penggunaan perangkatnya.

Misalnya saja dengan mengecek, menyalakan mode dan membatasi durasi penggunaan supaya bisa lebih fokus pada pekerjaan.

Cara Melihat Screen Time Xiaomi

Cara Membatasi Screen Time Xiaomi
Tutorial Membatasi Screen Time Xiaomi

Ada beberapa metode cara melihat screen time Xiaomi yang bisa kalian coba, baik melalui menu pengaturan, aplikasi atau lainnya. Berikut ulasannya :

1. Melihat Screen Time Xiaomi Melalui Menu Setting

Unuk metode yang pertama, kalian bisa coba cara melihat screen time Xiaomi melalui menu Pengaturan atau Setting. Silahkan ikuti tutorialnya :

  • Buka Pengaturan atau Setting pada hp.
  • Gulir layar ke bagian bawah, sampai menemukan pilihan Screen Time, kemudian pilih.
  • Setelah itu, kalian akan diarahkan ke menu screen time.
  • Namun sebelumya, pilih agree jika ingin menyetujui bahwa kalian baru pertama kali membuka fitur screen time.
  • Jika sudah selesai, maka tampilan penggunaan hp berbentuk grafik langsung disajikan. Biasanya berupa akumulasi mulai dari 7 sampai 30 hari sebelumnya.

2. Melihat Screen Time Xiaomi Menggunakan Battery Performance

Cara melihat screen time Xiaomi juga dapat dilakukan dengan memakai Battery Performance. Akan tetapi, pastikan kalian tidak mempunyai hp menggunakan tipe yang lama. Ini ulasannya:

  • Buka Setting di perangkat hp.
  • Pilih Battery & Performance di bawah.
  • Maka kalian akan melihat tampilan dari battery saver dan akan terlihat statistik pemakaian charging, battery usage, dan draining battery.
  • Setelah muncuk opsi peringatan merah, maka artinya kalian harus memperbaiki masalah penggunaan baterai.
  • Kemudian tekan untuk mengecek penyebab terjadinya masalah tersebut, lalu ikuti perintah.
  • Untuk melihat penggunaan baterai pada tiap-tiap aplikasi. Silahkan pilih saja salah satunya. Contoh,Facebook.

3. Melihat Screen Time Xiaomi Menggunakan Google Digital Wellbeling

Cara melihat screen time Xiaomi selanjutnya terutama bagi pengguna Pocophone MIUI 12, kalian bisa melakukannya lewat Google Digital Wellbeling. Ini ulasannya :

  • Silahkan masuk ke Pengaturan atau Setting di android.
  • Gulir ke bawah, kemudian temukan digital wellbeling serta parental controls.
  • Setelah itu, kalian akan melihat tampilan durasi penggunaan keseluruhan pada berbagai aplikasi.
  • Tekan pilihan dashboard, kemudian pilih aplikasi yang akan dilihat. Contohnya, waktu pemakaian aplikasi WhatsApp.
  • Klik Daily atau Hourly sebagai petunjuk screen time baik berbentuk harian maupun jam. Kalian juga dapat membatasi penggunaan dengan cara tekan App Timer.
  • Setelah selesai disimpan, kalian bisa kembali ke semua aplikasi.

4. Melihat Screen Time Xiaomi Memakai Stayfree

Cara melihat screen time Xiaomi selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi Stayfree. Ini langkah-langkahnya :

  • Download dan install aplikasi Stayfree, dan izinkan untuk permintaan akses.
  • Kalian akan langsung diarahkan menuju halaman utama pada aplikasi. Silahkan tunggu sampai beberapa saat hingga aplikasi selesai melakukan pemindaian.
  • Selanjutnya akan muncul terkait info detail pemakaian hp, mulai dari kapasitas baterai, informasi waktu aktif maupun yang lainnya.
  • Tekan ikon tiga titik untuk melakukan pengaturan pemakaian baterai sesuai aplikasi dan waktunya.
  • Pilih App Limit dan kalian akan ditampilkan jenis pembatasan sesuai keinginan. Setelah itu, simpan lalu kembali pada halaman utama.

Dampak Memakai Hp Berlebihan

Jika kalian merasa sudah menggunakan gadget secara berlebihan, wajib tahu dampak menggunakan hp berlebihan berikut ini :

1. Pola Tidur Terganggu

Salah satu dampak buruk memakai gadget hingga larut malam bisa mengganggu waktu tidur kalian, terlebih jika sudah bermain game bahkan menonton film. Sebab bisa membuat kalian melewatkan jam tidur di malam hari. Sebagai akibatnya, membuat pola tidur semakin terganggu serta jam tidur menjadi berkurang.

2. Masalah Penglihatan

Dampak negatif pemakaian hp dalam waktu yang lama bisa menimbulkan masalah bagi penglihatan dan mata. Ada beberapa masalah penglihatan akibat penggunaan hp dalam jangka panjang, seperti mata kemerahan, mata lelah, pandangan terasa kabur hingga penurunan penglihatan yang disebabkan terlalu fokus dengan layar hp.

3. Ketergantungan Gadget

Pemakaian gadget  juga bisa menimbulkan ketergantungan. Sehingga membuat kalian merasa sulit melakukan aktivitas apapun tanpa adanya hp. Biasanya kondisi ini bisa juga mengakibatkan kemampuan otak dan daya ingat kalian menurun akibat dimanjakan fasilitas yang telah ditawarkan pada perangkat hp.

Parahnya, hal tersebut bisa menimbulkan kecanduan yang bisa berakibat pada gangguan kesehatan mental, misalnya kehilangan motivasi, gangguan kecemasan dan depresi.

4. Kurang Fokus

Salah satu dampak negatif pemakaian gadget selanjutnya yaitu membuat kalian tidak fokus. Dengan banyaknya informasi tertentu yang gampang diakses lewat internet pada smartphone bisa mengakibatkan pikiran menjadi teralihkan. Sehingga kalian tidak akan fokus terhadap pekerjaan maupun aktivitas yang lebih penting.

Umumnya kondisi seperti ini dialami oleh para pelajar, karenanya membuat mereka menjadi tidak bisa berkonsentrasi saat belajar.

5. Membuat Postur Tubuh Menjadi Tidak Ideal

Terlalu lama memakai gadget bisa berdampak negatif bagi postur tubuh. Karena lama kelamaan membuat tubuh lebih membungkuk, bentuk bahu melengkung dan posisi leher maju ke depan. Selain mengganggu penampilan, tentu saja postur tubuh yang berubah bisa mempengaruhi kelancaran pernafasan.

6. Sakit Kepala

Tidak hanya berdampak bagi kesehatan mata saja, pancaran cahaya hp juga bisa menimbulkan sakit mata. Bahkan kondisi tersebut bisa semakin diperparah jika otak terlalu merasa terbebani ketika bermain game secara terus menerus sembari bergonta-ganti aplikasi.

Beberapa resiko sakit kepala bagi orang yang sudah kecanduan hp, diantaranya leher tegang, migrain, sakit kepala tidak tertahankan, stress, ansiety dan depresi.

Dengan banyaknya dampak buruk jika penggunaan hp dilakukan secara berlebihan bahkan sudah kecanduan, maka cara meliha screen time Xiaomi sangat penting untuk membatasi penggunaan hp berlebihan. Sehingga kalian terhindar dari resiko-resiko di atas!

Related posts