Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Bagaimana cara membatalkan pesanan di Bukalapak? Di era digital sekarang ini, ada banyak marketplace yang tersebar hingga di seluruh dunia. Berbelanja online kini menjadi lebih mudah, sebab lebih nyaman dan aman tanpa perlu mendatangi penjual langsung. Misalnya saja si Toko A atau yang biasa disebut sebagai Bukalapak, dalam fitur Bukalapak kita akan mendapatkan jaminan 100% uang kembali dari orderanmu.

Keuntungan berbelanja di Bukalapak ialah platform ini menawarkan metode pembayaran paling aman. Ketika pembeli telah membayar produk pesanannya, maka uang pembeli tak akan diterima langsung oleh penjual sebelum produk terseebut tiba di tempat pembeli. Karena banyaknya fitur menarik di Bukalapak, sampai-sampai banyak pengguna yang bingung melalui cara membatalkan pesanan di Bukalapak.

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak
Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Tutorial Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Walaupun membatalkan pesanan di platform Bukalapak tidak disarankan, agar performa akunmu tetap terjaga di bukalapak. Namun sebenarnya pembatalan pesanan sering dilakukan karena berbagai macam alasan. Maka dari itu, lebih baik baca informasi penjual dan produk secara rinci terlebih dahulu sebelum membeli produk yang Kamu inginkan.

Hal ini dilakukan supaya Kamu merasa yakin dengan orderan tersebut. Akan tetapi, jika terpaksa membatalkan pesanan, ada beberapa langkah yang harus Kamu coba di bawah ini.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

1. Masuk ke Dalam Menu Pembelian atau Detail Transaksi

Cara membatalkan pesanan di Bukalapak yang pertama ialah silahkan masuk ke dalam menu Detail Pembelian di aplikasi mobile. Bisa juga mengakses Detail Transaksi apabila Kamu membukanya lewat web. Biasanya detail pembelian maupun transaksi tersebut berisi informasi detail tentang produk yang Kamu pesan, bentuk pembayaran yang digunakan, alamatmu, alamat toko, total pembayaran, dan nomor transaksi.

2. Tekan Tombol “Batalkan Transaksi”

Masih di menu Detail Transaksi/Pembelian, ketuk pilihan “Batalkan Transaksi”. Biasanya menu ini ada di bagian paling bawah pada rincian pesanan. Kamu harus tahu bahwa adanya tombol untuk membatalkan pesanan tersebut mengizinkanmu secara bebas membatalkan pesanan, karena melibatkan penjual saat konfirmasi pembatalan.

3. Memilih Alasan Pembatalan

Setelah itu, Kamu akan ditampilkan ke berbagai pilihan alasan pembatalan. Ada berbagai alasan yang telah disediakan, diantaranya saat ingin mengganti alamat pengiriman atau kurir, penjual tak memberi respon, dan penjual memproses pesanan terlalu lama. Selain itu bisa saja stok produk yang tidak tersedia dan harga yang dicantumkan tidak sesuai. Kamu bisa memilih alasan yang tepat. Selanjutnya Bukalapak akan langsung mempertimbangkan proses pengajuan pembatalan berdasarkan alasan tersebut.

4. Pastikan Orderanmu Belum Diproses Penjual

Dalam cara membatalkan pesanan di Bukalapak, pastikan orderanmu statusnya belum “sedang diproses”. Orderan dapat dibatalkan langsung dengan pengembalian uang pembayaran secara otomatis dalam waktu 15 menit sesudah pemesanan. Dengan catatan, penjual belum mengkonfirmasi serta belum memproses orderan.

Apabila sudah masuk ke dalam status “sedang diproses”, maka Kamu harus menunggu konfirmasi pembatalan disetujui terlebih dahulu oleh pemilik toko atau penjual.

5. Menunggu Konfirmasi Penjual

Proses pembatalan memerlukan waktu selama beberapa hari hingga pihak pelapak menyetujui atau mengonfirmasi pembatalan. Jika penjual menolak, psanan pun akan tetap diproses.

Terkait:  Cara Membatalkan Tiket Kereta

Sementara apabila pihak pelapak tak juga merespon atau memberikan konfirmasi, maka otomatis Bukalapak akan membatalkan orderanmu sesuai waktu yang sudah disepakati.

6. Penjual Tidak Setuju atau Menolak Pengajuan Pembatalan

Kamu juga harus paham bahwa penjual berhak menolak proses pengajuan pembatalan. Ini biasanya dapat dilandasi oleh berbagai alasan, misalnya karena produknya telah diambil dari bagian gudang penyimpanan, pesanan telah dikemas dan alasan lainnya. Jadi intinya pesananmu telah diproses, serta siap dikirim.

7. Dana Kembali Secepatnya ke Saldo DANA atau Bukalapak

Apabila proses pengajuan pembatalan sudah terkonfirmasi, biasanya dana akan langsung kembali lagi ke dalam saldo aplikasi DANA atau Bukalapak milikmu. Semuanya tergantung dari metode pembayaran yang Kamu pilih. Hanya saja jika membayar lewat rekening atau minimarket, dana tetap kembali ke saldo Bukalapak.

Jika mengalami kendala saat mengikuti cara di atas, sebaiknya hubungi pihak CS Bukalapak agar Kamu mendapatkan bantuan. Misalnya pelapak menolak pembatalan, namun tidak merespon pesananmu.

Keunggulan Bukalapak Untuk Pembeli

Sebenarnya ada beberapa keunggulan berbelanja di Bukalapak bagi para pembeli, diantaranya sebagai berikut :

1. Semua Produk di Bukalapak Dapat Dinego

Salah satu kelebihan utama Bukalapak dari e-commerce lain ialah seluruh produk yang tersedia di Bukalapak dapat dinego. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pembeli untuk dapat menikmati potongan harga berbelanja. Dari yang harganya terendah sampai harga tertinggi, Kamu akan mendapatkan potongan harga lewat fitur Nego Bukalapak.

2. Lebih Simpel

Bukalapak menawarkan banyak kemudahan untuk siapa saja yang berbelanja, seperti kemudahan pendaftaran, menemukan produk dan pembayaran. Keseluruhan proses dapat dilakukan memakai aplikasi Bukalapak.

3. Customer Service Fast Response

Apabila Kamu memiliki masalah saat bertransaksi jual beli di Bukalapak, baik itu seperti refund Dana, Pembatalan Pembelian, maupun permasalahan yang lainnya tingal hubungi CS bukalapak. Kamu bahkan bisa menghubunginya lewat Twitter atau Facebook Page Bukalapak. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan respon sangat cepat langsung dari pihak Customer Service di Bukalapak.

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Zalora

4. Pembeli Prioritas

Jika Kamu termasuk orang yang gemar berbelanja online, maka fitur yang satu ini sangat berguna. Sebab Kamu akan menerima potongan ongkir senilai Rp. 15 ribu selama 1 bulan lamanya dengan pembelian minimal Rp. 75 ribu. Di samping itu, laporan atau komplainmu akan langsung diprioritaskan. Agar bisa menikmati fitur yang satu ini, Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50 ribu per bulannya.

5. Program Referral

Bukalapak menawarkan program cukup menarik demi meningkatkan member melalui Program Referral. Dalam hal ini, jika Kamu mengajak temanmu mendaftar serta berbelanja di Bukalapak minimal Rp. 100 ribu, maka Kamu dan temanmu akan menerima kredit Rp. 10 ribu. Kredit tersebut tidak bisa dicairkan, namun bisa Kamu pakai untuk berbelanja di aplikasi Bukalapak.

Namun sebelum berbelanja, sebaiknya daftar Bukalapak terlebih dahulu lewat link referral dari temanmu.

Kekurangan Berbelanja di Bukalapak

Selain kelebihan, ada beberapa kekurangan berbelanja di Bukalapak yang harus Kamu ketahui berikut ini :

1. Kendala Chat Error

Chat di Bukalapak tak jarang sering mengalami error, misalnya Telat Terkirim, atau gagal refresh walaupun koneksi internetmu sedang stabil.

2. Nego Terbatas

Walaupun fitur Nego termasuk fitur unggulan di Bukalapak, namun di dalam fitur tersebut sebenarnya masih banyak kekurangan.

3. Tidak Menyediakan Fitur Ulasan Produk

Sayangnya, Bukalapak juga tidak menyediakan fitur ulasan produk untuk publik. Melainkan, Bukalapak hanya menyediakan ulasan testimoni customer yang telah membeli produk. Dengan begitu, Kamu harus langsung tanyakan ke seller untuk mnegetahui produk lebih detail.

4. Saldo Credit Minim Fungsi

Saldo kredit di aplikais Bukalapak tak bisa dipakai untuk pembelian produk virtual atau elektronik seperti paket data, pulsa dan sebagainya. Sementara voucher potongan harga yang diberikan Bukalapak kebanyakan berbentuk Cashback Saldo Credit. Namun akan semakin efisien lagi apabila saldo kredit dapat dipakai untuk memesan produk virtual.

Walaupun kekurangan dan kelebihan Bukalapak sebenarnya relatif, tapi tak ada salahnya jika Kamu mencari tahu kekurangan dan kelebihan Bukalapak. Hal ini disebabkan sebagian orang memerlukan referensi sebelum memutuskan sesuatu.

Nah, itulah ulasan terkait cara membatalkan pesanan di bukalapak yang bisa Kamu coba berikut pembahasan kekurangan kelebihan berbelanja di Bukalapak. Semoga bermanfaat!

 

Related posts