Cara Menghemat Baterai Xiaomi

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang kebingungan dengan baterai Xiaomi milikmu? Apakah kamu ingin tahu cara menghemat baterai Xiaomi? Artikel kali ini akan membantumu menghemat baterai Xiaomi milikmu dengan efektif.

Sekilas Tentang Baterai Xiaomi

Xiaomi termasuk salah satu produsen handphone yang produk keluarannya lumayan laris di pasaran, terutama di Indonesia. Perusahaan yang berasal dari Cina ini sukses menarik minat para pembeli dengan fitur keren dan harga yang terjangkau. Fitur keren tersebut berupa desain yang kekinian, kamera yang jernih, kapasitas penyimpanan yang besar dan masih banyak lagi.

Read More

Sayangnya, kelebihan dari handphone Xiaomi tersebut berimbas pada daya tahan baterai Xiaomi. Aktivitas yang berat dan penggunaan banyak fitur membuat baterai Xiaomi cepat habis. Hal ini membuat beberapa pengguna Xiaomi mencari cara menghemat baterai Xiaomi.

Penyebab Baterai Xiaomi Cepat Habis

Semua kegiatan yang dilakukan dengan handphone sejatinya selalu menguras daya dari baterai, tak terkecuali untuk Xiaomi. Namun, jumlah daya yang dikeluarkan berrbeda-beda untuk setiap kegiatan. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan yang berjalan di latar belakang. Contohnya, misal kamu menggunakan Xiaomi milikmu untuk permainan, tentu akan memakan daya lebih besar daripada kamu yang menggunakan Xiaomi milikmu untuk berkirim pesan singkat.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan baterai Xiaomi milikmu cepat habis adalah :

  • Kecerahan layar. Semakin tinggi kecerahan layar handphone Xiaomi milikmu akan semakin menguras daya baterainya.
  • Wallpaper. Wallpaper dahulu hanyalah gambar yang dijadikan latar belakang. Sekarang, sudah banyak wallpaper yang berupa animasi bergerak yang berakibat menguras daya bateraimu lebih banyak.
  • Sinyal buruk. Jika kamu berada di tempat yang susah menjangkau sinyal selulermu, handphone Xiaomi milikmu akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal. Hal ini bisa mengakibatkan bateraimu cepat habis.
  • Aplikasi berat. Beberapa aplikasi memerlukan daya baterai yang lebih banyak, seperti Youtube, Netflix, Zoom, Google Meet, dan lain lain.
  • Aplikasi masih berjalan. Hal ini terjadi jika kamu sering menutup aplikasi hanya melalui tombol ‘home’. Aplikasi yang ditutup melalui tombol ‘home’ akan membuat aplikasi masih berjalan dan menguras bateraimu tanpa kamu ketahui.
  • Usia baterai. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri. Baterai yang digunakan dalam waktu yang sangat lama berisiko mengalami penurunan kemampuan penyimpanan daya. Hal ini dapat memicu baterai Xiaomi mu cepat habis.
Terkait:  Cara Download Video Status Whatsapp

Berbagai penyebab baterai Xiaomimu cepat habis tentu masih banyak lagi. Penggunaan layanan dan fitur yang ada di dalam handphone secara maksimal akan menguras daya bateraimu lebih banyak. Kamu harus selalu berhati hati dan mencari cara menghemat baterai Xiaomi milikmu.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi
Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Selagi kamu berada di luar rumah tanpa akses charge baterai, kamu tentu tidak ingin kehabisan daya bateri Xiaomimu. Untuk menghemat baterai Xiaomi milikmu, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara, yaitu :

  • Menurunkan resolusi layar
  • Mengurangi kecerahan layar
  • Mematikan konektivitas
  • Mode gelap
  • Mengaktifkan penghemat daya
  • Mengaktifkan penghemat daya aplikasi
  • Menggunakan aplikasi Lite
  • Menutup aplikasi yang tidak digunakan
  • Mematikan layanan yang tidak diperlukan

Menurunkan Resolusi Layar

Layar dengan resolusi tinggi dinilai mampu menguras baterai. Resolusi yang terlalu tinggi seperti 4K, 2K atau HD sebaiknya kamu turunkan dalam rangka menghemat baterai Xiaomimu. Konsekuensi yang harus kamu terima jika menurunkan resolusi layar adalah grafis di HP akan terlihat lebih buruk dari biasanya. Namun tak perlu khawatir, karena kamu hanya harus melakukan ini sementara sampai menemukan akses charging.

Mengurangi Kecerahan Layar

Apabila kamu adalah orang yang selalu menyetel kecerahan layar maksimal, kamu harus memahami cara ini. Kecerahan layar yang semakin tinggi akan semakin menguras daya baterai Xiaomimu. Untuk itu, jika kamu butuh sementara waktu untuk menghemat baterai, turunkan kecerahan layar seminimal mungkin yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tetap bisa menggunakan handphone Xiaomi tanpa khawatir baterai cepat habis.

Mematikan Konektivitas

Cara ini dirasa cukup efektif, terlebih jika kamu berada di tempat yang sangat susah menjangkau sinyal. Atau kamu sedang berada dalam situasi yang membuatmu tidak memerlukan konektivitas, seperti bekerja, berkendara, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantumu menghemat daya baterai. Kamu hanya perlu menghidupkan konektivitas sesekali untuk melihat apakah ada pesan atau panggilan masuk untukmu.

Terkait:  Cara Melacak Lokasi No Hp Tanpa Diketahui

Mode Gelap

Perlu kamu perhatikan, cara ini tidak bisa kamu lakukan di sembarang handphone Xiaomi. Hanya handphone Xiaomi dengan layar LED, OLED dan AMOLED yang bisa menghemat baterai menggunakan mode gelap. Sebaliknya, untuk handphone dengan layar LCD seperti Redmi 4X, penggunaan mode gelap justru lebih menguras baterai dibandingkan mode biasa.

Mengaktifkan Penghemat Daya

Sama halnya dengan handphone kekinian lainnya, handphone Xiaomi pun sudah dilengkapi dengan fitur penghemat daya. Fitur penghemat daya dapat kamu gunakan untuk menggunakan handphone dengan aktivitas yang minimal. Hal ini dapat membantumu menghemat baterai Xiaomi ketika sedang kamu gunakan. Adapun cara untuk mengaktifkan mode hemat daya adalah sebagai berikut :

  • Buka Alat.
  • Pilih Keamanan.
  • Masuk ke menu Baterai.
  • Pilih opsi Penghemat Baterai.
  • Aktifkan Penghemat Baterai untuk membatasi proses latar belakang.

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu dapat menghemat baterai Xiaomi saat sedang kamu gunakan.

Mengaktifkan Penghemat Daya Aplikasi

Beberapa handphone Xiaomi juga memiliki fitur penghemat daya tambahan, yang dinamakan penghemat daya aplikasi. Dengan ini, kamu dapat menghemat baterai khusus pada beberapa aplikasi tertentu yang kamu inginkan. Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan penghemat daya aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Buka Alat.
  • Pilih Keamanan.
  • Masuk ke menu Baterai.
  • Pilih opsi Penghemat Baterai Apl.
  • Aktifkan Penghemat Baterai pada aplikasi tertentu yang kamu inginkan.

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu dapat menghemat baterai Xiaomi saat sedang kamu gunakan.

Menggunakan Aplikasi Lite

Apa itu aplikasi lite? Aplikasi lite adalah versi ringan dari sebuah aplikasi aslinya. Beberapa aplikasi yang memiliki versi lite yakni Facebook (FB Lite), Youtube (Youtube Go), Twitter (Twitter Lite) dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi Lite, penggunaan baterai milikmu lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi aslinya. Dengan begitu kamu dapat menghemat baterai Xiaomi milikmu dengan lebih efektif.

Terkait:  Cara Cek Garansi Vivo

Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, sebaiknya benar benar kamu tutup melalui layar menu. Apabila kamu hanya menggunakan tombol ‘home’ untuk menutup aplikasi, aplikasi tersebut hanya ter-minimize. Kamu perlu menutupnya melalui tombol menu sehingga aktivitas handphone Xiaomi tidak terlalu berat. Hal ini dapat membantumu menghemat baterai Xiaomi milikmu.

Mematikan Layanan yang Tidak Diperlukan

Layanan seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS sebaiknya kamu matikan sementara untuk menghemat baterai Xiaomi milikmu. Terlebih jika kamu tidak sedang memerlukan layanan tersebut. Jika layanan tersebut masih aktif, secara tidak sadar daya bateraimu akan terus terkuras. Mematikan layanan yang tidak kamu perlukan bisa menghemat baterai Xiaomi mu dengan lebih baik.

Demikian artikel terkait cara menghemat baterai Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Related posts