Cara Memasang GPS di Motor

  • Whatsapp

Jika dibandingkan mobil, tingkat pencurian motor memang masih lebih tinggi. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat terutama pemilik motor menjadi was-was, dan mereka mulai mencari banyak informasi tentang cara melindungi kendaraan bermotornya. Cara memasang GPS di motor adalah salah satu metode paling tepat dan efektif karena dirasa mampu memberikan perlindungan yang ekstra bagi kendaraan.

Pelacakan menggunakan perangkat ponsel melalui sistem GPS sangat memudahkan para pengguna kendaraan bermotor untuk melacak kendaraan mereka secara realtime. Hal ini dikarenakan sistem pemancar sinyal GSM yang biasanya terhubung pada perangkat GPS. Bahkan teknologi GPS kini sudah tersedia dengan fitur-fitur menarik. Jika ingin memanfaatkan fitur-fitur menarik dari GPS, Kamu harus memasang sistem GPS di motor. Walaupun tak terlalu sulit, tapi keenyataannya cara memasang GPS di motor memerlukan kesabaran.

Read More

Cara Memasang GPS di Motor

Cara Memasang GPS di Motor
Panduan Memasang GPS Tracker di Motor

Panduan Memasang GPS Tracker di Motor

Jika Kamu ingin memasang GPS tracker di motor, Kamu harus mengetahui apa saja peralatan yang harus dipersiapkan dan langkah-langkah yang benar. Sebab jika salah saja memasang GPS di kendaraanmu, bisa merusak perangkat GPS itu sendiri. Oleh karena itu, jika ingin memasang GPS di motor tanpa bantuan orang lain atau teknisi, berikut cara pemasangannya dengan benar :

1. Mempersiapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Langkah awal sebelum mulai memasang GPS tracker, Kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Ada beberapa bahan yang harus Kamu persiapkan diantaranya relay plus socker, kabel power, microphone dan GPS. Sementara peralatan yang diperlukan ialah tespen, tang,gunting, obeng dan isolatip. Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, Kamu pun tinggal melakukan pemasangan GPS dengan baik.

Terkait:  Cara Melacak Mobil

2. Mendaftarkan SIM Card

Cara memasang GPS di motor berikutnya ialah mendaftarkan SIM Card. Dalam sistem GPS, biasanya memerlukan kartu GSM untuk menerima sinyal. Namun sebelum memakai kartu SIM ini, Kamu harus sudah mendaftarkan kartu SIM terlebih dahulu sesuai provider yang digunakan. Kartu SIM yang dapat Kamu pakai sama seperti kartu SIM yang digunakan di hpmu. Maka dari itu, disarankan pilih kartu SIM yang jaringan internetnya stabil.

3. Memasang SIM Card

Jika sudah didaftarkan, tinggal pasang kartu SIM di perangkat GPS tracker. Pastikan GPS Kamu masih dalam kondisi off saat memasang kartu GSM. Sesudah pemasangan, Kamu tinggal menghidupkan perangkat GPS. Cek apakah GPS bisa menerima sinyal dari kartu tersebut tanpa masalah ataukah tidak. Jika ingin menerima sinyal lebih kuat, sebaiknya hadapkan bagian stiker hologram dari GPS ke permukaan tanah.

4. Memasang GPS Tracker di Motor

Metode pemasangan GPS tracker di motor biasanya akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun sebaiknya, cek di buku manual atau panduan (jika ada), dan ikuti langkah-langkah cara memasang GPS di motor pada buku panduan. Kamu juga bisa memasang GPS dengan cara ambil dua buah kabel dalam perangkat GPS, kemudian sambungkan kabel (-) GPS ke dalam kabel (-) aki. Lalu sambungkan pula kabel (+) GPS ke kabel (+) aki.

Terkait lokasi pemasangan sendiri, Kamu tak perlu lagi meletakkan perangkat GPS berdekatan dengan letak aki. Selain itu, Kamu juga harus menyembunyikan alat GPS tracker tersebut supaya tidak gampang diketahui pencuri. Walaupun letaknya tersembunyi, Kamu masih bisa menghubungkannya pada kabel aki, dengan cara pilih kabel yang tersambung ke aki.

Terkait:  Cara Kerja GPS

Ingat, jangan pernah memberitahukan letak pemasangan GPS tracker motormu, bahkan pada orang terdekat sekalipun. Tujuannya supaya Kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukan pula pengecekan rutin guna memastikan apakah perangkat GPS tracker di motormu masih terpasang pada tempatnya ataukah tidak, apalagi jika Kamu mempunyai jasa rental motor.

5. Lakukan Pengujian

Setelah memasang GPS tracker di motor dengan benar, kini Kamu bisa melakukan pengujian. Caranya bawa motor yang dipasangi GPS tracker ke sebuah lokasi dan lacak memakai Hpmu. Jika GPS tersebut mengirimkan koordinat titik lokasi dengan tepat, ini artinya GPS yang Kamu pasang sudah  berfungsi. Sehingga Kamu tak perlu lagi khawatir hal-hal buruk terjadi pada kendaraanmu.

Jika sudah memasang perangkat GPS, tentu saja Kamu jangan membiarkan perangkat tersebut begitu saja. Sebaiknya lakukan perawatan GPS walaupun dengan membersihkan atau dengan melakukan pengecekan sambungan kabel pada aki. Selain itu, jangan melakukan pengujian sekali saja saat baru dipasangi GPS melainkan coba lakukan percobaan di atas secara rutin untuk mengecek apakah perangkat GPS-mu masih beroperasi dengan baik atau tidak.

Bagaimana Trik Memilih GPS Tracker Motor?

Sesudah membahas cara memasang GPS di motor, mungkin diantara Kamu ada yang masih bingung untuk memilih GPS motor. Ada beberapa trik atau langkah yang bisa Kamu coba saat membeli GPS tracker untuk kendaraan roda dua. Berikut diantaranya :

1. Pastikan Kelengkapan Fiturnya

Dari seluruh jenis perangkat GPS, sebaiknya pilih perangkat yang menawarkan fitur lengkap. Mempunyai GPS dengan fitur lengkap dapat membantumu dalam berbagai hal. Seperti melakukan tracking keberadaan motor secara realtim, dapat membatasi kecepatan kendaraan dan mematikan mesin secara remote atau dalam jarak jauh.

2. GPS yang Mempunyai Server Sendiri

Perangkat GPS yang harus Kamu pilih juga harus sudah mempunyai server sendiri. Karena biasanya GPS dengan server sendiri mempunyai kuota yang lebih baik dan rajin meng-update servernya sendiri. Hal tersebut tentunya akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi Kamu.

Terkait:  Cara Gambar Mobil Polisi

3. Menawarkan Fitur Real Time

Fitur real time pada GPS merupakan faktor terpenting dalam membeli GPS motor. Jika Kamu menjumpai GPS motor dengan fitur real time ini, sebaiknya pilih perangkat tersebut.

Layanan realtime pada GPS dapat membantumu melakukan pelacakan keberadaan motor pada waktu itu juga. Selain itu, fitur yang satu ini juga dapat memberikan histori pemakaian motor secara akurat, serta lebih mudah diakses. Baik itu melalui hp atau PC.

4. Pilih GPS Motor dengan Prosesor Berkualitas

Tak jauh berbeda dengan membeli perangkat hp atau laptop, Kamu juga perlu mempertimbangkan prosesor yang dibekali pada GPS. Karena itu, pilihlah perangkat yang memiliki prosesor berkualitas. Adapun ciri-cirinya ialah perangkat tersebut tidak mudah nge-hang ketika digunakan. Pentingnya memilih perangkat yang prosesornya handal ialah dapat memudahkan Kamu untuk memilih dan menemukan jalur yang tepat yang akan dituju.

5. Menyediakan Layanan Service Center

Tips yang tak kalah penting dalam memilih GPS tracker untuk motor ialah, Kamu harus memilih GPS dengan layanan Service Center. Pasalnya kehadiran layanan ini sangat penting, karena jika ada kerusakan yang tak diinginkan Kamu bisa langsung memperbaikinya di layanan Service Cneter. Seperti misalnya perangkat GPS sulit menangkap sinyal atau perangkat GPS-mu rusak setelah terjatuh.

Selain itu, pastikan pula layanan Service Center perangkat GPSmu gampang dihubungi. Sehingga Kamu dapat menghubungi layanan tersebut kapanpun jika benar-benar dibutuhkan.

Demikian 5 cara memasang GPS di motor dengan benar dan beberapa tips terkait pemilihan GPS tracker berkualitas. Dengan memasang GPS tracker di motor, Kamu tak perlu lagi khawatir lagi terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada motormu.

 

Related posts