Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

  • Whatsapp

Apakah Kalian pernah mengalami kondisi dimana mobil susah distarter? Jika hal ini terjadi, mungkin salah satu faktor penyebabnya ialah aki mobil yang mengalami tekor. Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang bisa Kalian ambil ialah dengan cara memancing aki mobil yang tekor. Cara ini biasa dikenal sebagai istilah men-jumper aki mobil.

Tanda-Tanda Aki Mobil Tekor

Untuk meyakinkan Kalian tentang kondisi yang dialami mobil Kalian, tentu Kalian harus tahu dulu apa saja gejala dan tanda-tanda aki mobil mengalami tekor. Ini dia ulasannya :

Read More

1. Mesin Mobil Tidak Bisa Distarter

Ini adalah gejala paling utama dan paling mudah mengindikasikan aki mobil tekor. Karena biasanya saat aki mulai tekor, mesin mobil pun tidak dapat distarter. Adapun ciri-cirinya ialah saat Kalian memutar kunci mobil, atau ketika menekan tombol start engine pertama kali, maka mesin mobil biasanya hanya terdengar “tek…tek..” saja. Bahkan setelah dicoba starter 2-3 kali, mobil tetap tidak bisa menyala dan masih menunjukkan kendala yang sama.

2. Suara Klakson Soak

Selain mesin mobil yang tidak mau distarter, tanda bahwa aki mulai tekor lainnya ialah suara klakson yang biasanya nyaring kini terdengar pelan atau soak. Bahkan jika kondisinya sudah parah, bunyi klakson tidak akan terdengar sama sekali.

3. Meredupnya Lampu-Lampu Indikator

Kalian juga bisa meyakinkannya lagi dengan mengecek dashboard dan instrumen panel mobil. Biasanya mulai meredupnya lampu-lampu indikator mengindikasikan bahwa aki mobilmu mulai melemah.

4. Bodi Aki Mengembung dan Air Aki Keruh

Cek juga bagian ini, karena biasanya jika aki mobil mulai melemah dapat dilihat dari kondisi fisik dari aki mobil itu sendiri. Kalian bisa coba mengecek kedua komponen berikut :

  • Bodi aki yang mengembung, biasanya terjadi akibat lempeng plat pada elemen aki mulai short atau akibat kondisi overcharge, sehingga menyebabkan tekanan dan uap berlebih pada aki.
  • Air aki hitam dan keruh, biasanya air aki menghitam dan keruh terjadi akibat kondisi overcharge. Bisa juga karena Kalian pernah mengisi air aki menggunakan air mineral sebelumnya. Keruhnya atau menghitamnya air aki biasanya mengindikasikan kondisi pada elemen baterai aki yang kondisinya sudah jelek untuk menampung arus listrik.
Terkait:  Cara Cat Mobil

Jika Kalian mengalami 4 indikasi di atas atau beberapa gejala di atas, maka kemungkinan besar aki mobil Kalian mengalami tekor. Lalu, bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor?

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor
Panduan Memancing Aki Mobil yang Tekor

Trik Jumper Aki Mobil yang Tekor

Sebelum memancing aki mobil dengan teknik jumper aki, hal yang mesti dilakukan pertama kali ialah pastikan dulu Kalian menyimpan seperangkat peralatan seperti kabel jumper pada mobil. Selain itu, Kalian juga harus mencari mobil yang kondisinya normal dan sejenis dengan kendaraan Kalian yang sedang mogok.

Adapun tujuannya ialah, karena mobil tersebut memiliki aki yang jenis voltasenya sama, yakni 12 volt. Kalian bisa meminta bantuan pada pemilik mobil, kemudian parkirkan mobil dengan posisi berhadapan dan ambil jarak selama kurang lebih 1 meter.

Namun jika syarat di atas tidak memungkinkan karena sulit mencari mobil yang sama di sekitar, maka cara paling cepat ialah langsung bawa mobil Kalian ke bengkel.

1. Persiapan Untuk Menjumper Aki Mobil

Di bawah ini ada persiapan yang mesti dilakukan dalam cara memancing aki mobil yang tekor. Diantaranya sebagai berikut :

  • Jika mobil Kalian memiliki mesin bertransmisi otomatis, pastikan tuas transmisi diposisikan di “P”. Namun jika transmisinya manual, pastikan posisi transmisinya dalam kondiis netral.
  • Aktifkan rem parkir atau rem tangan di kedua mobil agar mobil tetap ada di posisi diam.
  • Saat men-jumper mobil, Kalian harus mematikan semua perangkat kelistrikan pada kedua mobil terlebih dahulu. Di samping itu, pastikan pula kedua mesin mobil harus ada dalam kondisi mati dan kuncinya dicabut.
  • Selanjutnya cabut semua peralatan elektronik. Kalian juga harus mencabut charger ponsel dari mobil karena bisa menimbulkan kerusakan saat proses jumper mobil berlangsung.
  • Setelah itu, buka kap mesin pada kedua mobil untuk mengecek posisi aki.
  • Jika sudah ditemukan, perhatikan dengan cermat posisi kutub untuk terminal negatif dan positif di kedua aki kendaraan tersebut.
  • Biasanya kedua kutup pada terminal aki ditandai oleh lambang – atau +, jka kutub terminal pada baterai kotor, Kalian harus membersihkannya memakai kain.
Terkait:  Cara Memasang Aki

2. Mulai Men-Jumper Aki Mobil

Sekarang saatnya memulai cara memancing aki mobil yang tekor. Setelah menemukan posisi kutub negatif dan positif pada aki, selanjutnya Kalian bisa mengikuti panduan di bawah ini :

  • Jepit ujung klem pada kabel positif yang berwarna merah di kutub positif (+) di aki mobil Kalian yang mogok. Kemudian, jepit ujung klem lainnya pada kabel positif yang berwarna merah di kutub positif (+) pada aki mobil normal.
  • Lalu pastikan kedua penjepit pada kutub (+) tersebut terpasang dengan kuat serta tak mudah terlepas.
  • Langkah berikutnya ialah menjepit bagian pada ujung klem kabel negatif atau yang berwarna hitam pada kutub (-) di aki mobil normal.
  • Setelah itu, pastikan jika ujung klem yang lain di kabel hitam yang berkutub negatif (-) telah dijepitkan ke bagian bodi secara langsung, sasis maupun bagian metal lainnya di kendaraan yang mogok.
  • Sebaiknya jangan menghubungkan klem kabel negatif atau yang berwarna hitam pada baterai mati, sebab dampak yang bisa ditimbulkan akan berbahaya.
  • Biasanya orang berpikir bahwa cara ini bisa menjadikan aliran setrum semakin maksimal untuk memancing agar mesin mobil menyala kembali. Padahal aki mobil yang soak atau tekor dapat menghasilkan gas yang gampang terbakar akibat percikan air yang mengenainya.
  • Setelah itu tinggal tunggu selama beberapa menit,  atau bisa juga tergantung dari soaknya aki pada mobil Kalian.
  • Selanjutnya Kalian harus membiarkan mesin pada mobil menyala selama beberapa menit. Tujuannya ialah untuk pengisian tenaga dalam aki mobil yang soak. Biarkan kabel tadi tetap terpasang pada kedua mobil meskipun mobil sudah menyala.
  • Jika mesin mobil Kalian masih tidak dapat dinyalakan atau tidak ada reaksi, coba diamkan hingga beberapa saat agar pengisian tenaganya menjadi semakin banyak.
  • Jika mesin mobil Kalian yang mati dapat dinyalakan kembali, Kalian tinggal lepaskan saja kabel jumpernya.
  • Untuk melepas bagian kabel jumper, dapat dimulai dari ujung klem kabel negatif yang berwarna hitam pada mobil Kalian yang akinya tekor. Lalu dilanjutkan dengan melepaskan bagian ujung kabel yang negatif lainnya. Setelah itu, ikuti pula dengan kabel berujung positif memakai metode yang sama.
Terkait:  Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor Lainnya

Selain memakai teknik jumper, cara memancing aki mobil yang tekor lainnya ialah dengan mendorong kendaraan tersebut. Namun tentu saja, Kalian harus meminta bantuan orang lain untuk mendorong kendaraan roda empat Kalian yang mogok. Cukup mencari 2 orang saja untuk mendoro mobil berkategori MPV. Namun sebelum didorong, sebaiknya masukkan gigi ke dalam posisi 1 maupun 2 dalam sistem transmisi.

Saat mobil didorong, pastikan kunci kontak mobil Kalian dalam posisi ON. Ketika didorong, biasanya gigi transmisi pada mobil yang masuk nantinya membuat putaran pada roda dan langsung memutar bagian mesin. Hal ini sama seperti teknik electric starter dengan memutar poros engkol pada mesin mobil, yang memacu proses pembakaran mesin dan membuat mesin mobil Kalian dapat menyala kembali.

Nah, itulah 2 metode cara memancing aki mobil yang tekor dengan teknik jumper dan dorong mobil. Kalian bisa memilih salah satu dari kedua metode di atas yang paling memungkinkan!

Related posts