Cara Memakai Softlens

  • Whatsapp

Penggunaan softlens atau lensa kontak kini memang sudah sangat akrab, terutama bagi para wanita. Bahkan alat yang satu ini sudah menjadi kebutuhan bagi kaum wanita yang ingin terlihat cantik. Sayangnya belum banyak orang yang tahu cara memakai softlens dengan benar. Pemakaian softlens sendiri selain harus tepat, juga harus memperhatikan segi keamanannya. Karena bagaimanapun, lensa kontak digunakan pada salah satu bagian tubuh yang cukup vital, yaitu mata.

Apa Itu Softlens?

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apa itu softlens? Softlens alias lensa kontak yaitu sejenis alat berbahan plastik tipis dan berbentuk bulat serta cembung. Biasanya dipakai di depan kornea mata dan langsung ditempelkan.

Penggunaan lensa kontak sendiri tak lain sebagai alat bantu untuk mengoreksi adanya kelainan refraksi di bagian mata. Mengingat pemakaian kacamata bagi sebagian orang cenderung mengganggu penampilan dan kurang nyaman. Jadilah lensa kontak ini dijadikan sebagai alternatifnya.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman yang semakin modern, lensa kontak dipakai sebagai pelengkap penampilan kaum wanita. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya variasi softlens yang dijual di pasaran dengan berbagai macam warna, bentuk dan kadar air. Pemilihannya pun tergantung pada kebutuhan setiap orang yang menggunakannya.

Cara Memakai Softlens

Cara Memakai Softlens
Menggunakan Softlens Dengan Benar

Bagaimana Cara Menggunakan Softlens?

Jika Kamu masih pemula, Kamu tak perlu lagi khawatir tentang cara memakai softlens. Di bawah ini ada beberapa panduan cara menggunakan softlens yang aman dan benar yang bisa dicoba :

1. Memilih Softlens Dengan Benar

Sebelum lanjut ke cara memakai softlens, pastikan Kamu memilih softlens dengan kandungan air yang tinggi. Namun alangkah baiknya jika sebelumnya Kamu konsultasikan dulu mana softlens yang cocok buatmu. Biasanya dokter spesialis mata akan menyarankan bahan dan jenis softlens yang sesuai dengan kondisi matamu.

Terkait:  Cara Konsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Kamu bisa mencari brand atau merk softlens tertentu yang telah mendapatkan izin Kementrian Kesehatan. Selain itu, Kamu juga bisa memilih softlens yang berdiameter normal menyesuaikan ukuran pada bola mata. Softlens sebaiknya dipakai sebelum Kamu memakai riasan supaya tidak terkontaminasi oleh bahan kosmetik itu sendiri.

2. Membersihkan Tangan

Sebelum memakai dan memegang softlens, sebaiknya pastikan tanganmu dalam keadaan bersih serta terbebas dari bakteri dan kuman. Oleh karena itu, bersihkan tangan sampai bersih terlebih dahulu, jika perlu pakai cairan antiseptik. Selanjutnya keringkan tangan sampai mengering ketika hendak memegang dan memakaikan softlens.

Perhatikan pula kebersihan kuku, usahakan kuku tak terlalu panjang supaya tidak merobek bagian softlens. Selain itu, hindari pemakaian handcream dan sunblock di tangan sebelum Kamu menyentuh softlens, supaya mata tidak mengalami iritasi dan mengakibatkan penglihatan mejadi buram.

3. Mencuci Softlens

Langkah cara memakai softlens berikutnya ialah cuci softlens terlebih dahulu sampai bersih. Kamu harus merendam softlens ke dalam cairan pembersih khusus untuk softlens di box penyimpanan. Solution atau cairan tersebut jugalah yang dipakai mencuci softlens. Silahkan bersihkan softlens, gosok kedua sisinya menggunakan cairan pembersih dan lakukan dengan lembut.

4. Membuka Mata Lebar-Lebar

Kamu bisa meletakkan softlens pada jari tengah atau telunjuk, pastikan jari Kamu dalam kondisi kering. Lalu tarik bagian kelopak mata bawah dan atas dengan bersamaan memakai jari maupun ibu jari di tangan lainnya. Jadi, Kamu harus melakukannya memakai kedua tangan.

Pilihan cara memakai softlens lainnya ialah cukup menarik bagian kelopak mata bawah menggunakan jari tengah, sementara softlens diletakkan di jari telunjuk. Kemudian bola mata harus melihat ke atas agar memudahkanmu untuk menempelkan softlens di bagian mata yang berwarna putih.

Terkait:  Cara Hitung Defisit Kalori

Tahan kelopak mata memakai jari lain, ini dilakukan supaya mata tak berkedip serta menutup ketika softlens ditempelkan.

5. Memposisikan Softlens

Silahkan tempelkan lalu posisikan softlens di matamu sambil melihat ke bagian atas atau ke depan, Kamu bisa memilih mana arah yang gampang dilakukan. Pasang softlens dengan cara menempatkan lensa kontak tersebut di bagian yang berwarna putih pada mata. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan perlahan.

6. Mengedipkan Mata

Kamu bisa menarik jarimu saat softlens telah menyentuh bagian bola mata. Silahkan tutup mata, lalu gerakkan bola mata membentuk lingkaran lengkap agar membantu lensa untuk menetap sekaligus tetap berada di kornea mata. Kemudian, berkediplah lalu lihat di cermin apakah penggunaan softlens sudah terpat di posisi yang benar dan Kamu terasa nyaman menggunakannya. Apabila sudah pas, Kamu harus memastikan bahwa penglihatanmu harus jelas. Selain itu, softlens dapat digunakan dengan nyaman.

Namun jika masih belum pas, Kamu pun sulit memposisikan lensa kontak, sebaiknya ambil softlens kembali dengan cara mencubitnya dan bersihkan lagi softlens seperti di langkah ketiga. Baru kemudian Kamu bisa menempelkan softlens kembali. Silahkan ulangi urutan langkah di atas dengan benar untuk menggunakan softlens pada mata lainnya.

7. Meneteskan Cairan Khusus Untuk Softlens

Saat memakai softlens, Kamu harus sering memakai eyedrop khusus untuk softlens. Apalagi ketika mata mulai terasa kering, tujuannya supaya softlens yang digunakan tidak kering dan selalu lembab. Namun ingat, sebaiknya hindari pemakaian tetes mata agar tidak terjadi iritasi.

Tips Merawat Softlens

Selain cara memakai softlens, Kamu juga harus tahu bagaimana merawat kotak lensa dengan baik. Kamu harus tahu bahwa kebersihan merupakan aspek terpenting untuk merawat softlens, pastikan tangan Kamu benar-benar bersih dan steril ketika Kamu memegang atau hendak memakaikan softlens. Pastikan untuk selalu membersihkan dan mencuci tangan memakai sabun, lakukan pembilasan hingga bersih, lalu keringkan memakai handuk yang bersih sebelum Kamu menyentuh kotak lensa.

Terkait:  Cara Konsumsi Chia Seed

Hindari pemakaian sabun dengan kandungan lotion, krim dingin maupun kosmetik berminyak sesaat sebelum memegang softlens. Sebab zat yang ada didalamnya bisa bersentuhan dengan bagian permukaan softlens. Hal tersebut tentu saja bisa mengganggu pandanganmu dan menurunkan kualitas softlens.

Tips Melepas Softlens

Selain cara memakai softlens, Kamu juga harus tahu cara melepaskan softlens dengan benar. Saat melepaskan kotak lensa, sebaiknya lihat ke bagian samping atau atas ketika Kamu menarik ke bawah di kelopak mata bagian bawahmu. Kamu bisa menjepit lensa dengan lembut bersamaan memakai ibu jari dan jari telunjung, baru kemudian mengangkat lensa dari mata.

Sama halnya dengan sebelum memakai softlens, sebelum Kamu melepas kontak lensa juga sebaiknya potong kuku terlebih dahulu supaya tidak menggores mata atau merusaknya.

Mengatasi Masalah Dalam Pemakaian Softlens

Jika Kamu mengalami masalah dengan kotak lensamu, misalnya seperti mata mengalami gatal-gatal, terbakar, kemerahan, sakit, sampai ketajaman penghilangan berkurang. Sebaiknya lepaskan kotak lensa Kamu. Jika masalah terhenti sesudah Kamu melepas softlens ini artinya ada masalah pada softlens Kamu.

Sebaiknya simpan kotak lensa di tempat penyimpanan yang aman kemudian hubungi dokter spesialis mata. Sesudah melepasnya, Kamu tinggal mengamati apakah terdapat kotoran, benda asing atau bulu mata yang menempel. Apabila ada kotoran atau bulu mata, sebaiknya bersihkan mata, bilas lalu berikan desinfeksi menyeluruh. Setelah itu, Kamu tinggal memasukkannya ke tempatnya.

Itulah ulasan tentang cara memakai softlens, merawat, melepas dan mengatasi masalah dalam penggunaan softlens itu sendiri. Semoga bermanfaat!

Related posts