Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Sebelum lompat jauh tentang cara kerja penghisap asap dapur, kamu mesti banget tahu satu informasi tentang alat ini. Nah jadi faktanya, penggunaan cerobong asap berasal dari masa Romawi kuno dan cerobong asap rumah tangga hanya yang menjadi cikal bakal alat penghisap asap dapur pertama kali muncul pada abad ke-12 di rumah-rumah besar dan menjadi lebih umum pada abad ke-16 dan ke-17. Dengen sederet catatan sejarah ini, rasanya pantas aja ga sih kalau artikel ini akan membahas secara mendetil semua hal tentang penghisap asap dapur modern.

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur
Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cerobong asap di area daput telah berkembang sejak lama, dari struktur ventilasi arsitektur klasik hingga cerobong penghisap asap dapur modern seperti saat ini. Dan memang, mengingat memasang penghisap asap di dapur memiliki beberapa manfaat, maka penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu masih bingung, baca terus artikel ini untuk semua informasi tentang manfaat, fungsi penghisap asap dapur dan masih banyak lagi.

Prinsip Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Alat penghisap asap dimaksudkan untuk mengeluarkan gas buang dari ruang hidup ke luar. Cerobong tradisional atau biasa disebut hood dirancang untuk berbentuk vertikal sehingga gas panas, yang lebih padat daripada udara luar, akan naik ke cerobong asap. Udara panas yang naik akan menciptakan perbedaan tekanan, sehingga menarik udara pembakaran masuk dan mengeluarkan gas buang.

Ketika berbicara tentang masakan khas Indonesia dari memanggang dan menggoreng makanan dalam minyak, menggunakan bumbu-bumbu, memasak dengan rempah, dll maka akan sangat mungkin proses ini akan meninggalkan bekas di dapur seiring waktu melalui kotoran dan noda makanan.

Terkait:  Cara Kerja Radiator Mobil

Selain itu, mata berair dan bau tak sedap saat memasak juga bisa menjadi penghalang bagi banyak orang. Penghisap asap dapur dari listrik terbukti sangat bermanfaat untuk di sini. Penghisap asap dapur bertenaga listrik dirancang untuk menyedot udara di dalam dapur bersama dengan partikel minyak.

Saat udara melewatinya, filter di alat ini akan menyerap panas dan menjebak partikel lemak yang pada akhirnya akan menjaga dapur tetap sejuk dan bebas dari bau.

Manfaat Memasang Penghisap Asap di Dapur

Melihat konsep cara kerja penghisap asap di dapur maka tentunya tidak lagi dapat dibantah bahwa alat ini bisa menjadi salah satu komponen penting di dapur modern. Tapi kalau kamu masih belum percaya, coba cek beberapa manfaat dari komponen yang juga dikenal sebagai cooker hood ini.

Menjaga udara tetap bersih
Menggunakan penghisap asap di dapur dapat menghilangkan gas panas dan polutan beracun dari udara dapur. Alat ini juga dapat menurunkan tingkat karbon monoksida di dapur saat memasak. Karena udara di dapur tetap sejuk dan bersih, secara tidak langsung alat penghisap asap akan membantu mengontrol pertumbuhan bakteri dan kuman lainnya juga.

Membuat memasak menjadi nyaman
Manfaat terpenting dalam skema cara kerja penghisap asap dapur adalah menyedot panas atau uap yang keluar dari peralatan masak, sehingga tidak mengenai wajah. Kemampuannya ini tidak hanya membuat memasak menjadi nyaman tetapi juga aman. Selain itu, alat ini juga dapat menyedot aroma dan uap makanan yang dimasak, mencegah bersin dan batuk, dan mencegah rumah dari bau.

Melindungi dinding dan ubin
Manfaat lain menggunakan penghisap asap dapur adalah langit-langit dan dinding di belakang kompor akan tetap bersih. Ubin, marmer, granit, dan bahkan furnitur kayu dapat rupas atau terlapisi kotoran seiring waktu karena asap dan partikel minyak di udara. Dengan adanya penghisap asap yang menyedot semua ini, dapur akan tetap bersih lebih lama.

Terkait:  Cara Kerja Panel Surya

Pencahayaan yang lebih baik
Perlu diperhatikan bahwa dalam cara kerja penghisap asap dapur, alat  ini juga memiliki lampu built-in yang membantu melihat lebih baik saat memasak atau membersihkan area kompor. Fungsi ini juga akan menghilangkan kebutuhan untuk menyalakan lampu dapur lainnya yang pada akhirnya akan menghemat energi dan uang.

Meningkatkan nilai jual
Memasang penghisap asap dapur dapat membuat area dapur menjadi fungsional dan terlihat menarik secara estetika. Perhatikan juga bahwa menambahkan penghisap asap dapur elektrik juga dapat meningkatkan nilai jual properti.

Potensi Perkembangan Teknologi Penghisap Asap Dapur

Kalau dipikir-pikir ya, teknologi penghisap asap dapur ini sudah sangat jauh berevolusi sejak pertama kali ditemukan hampir belasan abad yang lalu. Tapi, dengan kebutuhan manusia modern yang semakin terkoneksi, bukan tidak mungkin para manufaktur akan kembali ke meja desain dan mulai memikirkan konsep cara kerja penghisap dapur futuristik.

Tidak perlu jauh-jauh, untuk saat ini saja sudah ada banyak cooker hood yang sudah mengadopsi sederet sensor yang tugasnya mengaktifkan alat tersebut secara otomatis. Bisa jadi, untuk ke depannya, alat ini akan menggunakan kompresor udara untuk memastikan tidak ada gas-gas dan hasil buangan yang dapat merusak keindahan dan kenyamanan dapur.

Related posts