Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Setelah meluncurkan fitur “delete message for everyone”, tak sedikit pengguna WhatsApp yang penasaran dengan cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus. Mengingat fitur tersebut mengizinkan pengguna WA untuk menghapus foto, video maupun pesan yang sudah terkirim ke pengguna lainnya. Hanya saja tak jarang membuat lawan chat di WhatsApp yang sudah dikirimi pesan tersebut penasaran, sebenarnya apa sih isi pesan yang sudah dihapus?

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus
Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Untuk melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus sebenarnya ada beberapa metode yang bisa Kamu gunakan. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Read More

1. Menggunakan Recent Notification

Cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus pertama ialah dengan memakai recent notification. Sebenarnya aplikasi ini sangat ringan dan simpel digunakan. Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi recent notification untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus, tentu saja harus mengunduhnya terlebih dahulu.

  • Silahkan install aplikasi recent notification terlebih dahulu di perangkat ponselmu.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut. Kamu harus memberi izin aplikasi untuk bisa mengakses pemberitahuan di hp Kamu.
  • Silahkan berikan izin terkait “Notification Access” dalam Recent Notification. Selanjutnya aplikasi ini akan mengakses setiap pemberitahuan yang masuk pada smartphone.
  • Setelah itu, pastikan Kamu memiliki pesan WhatsApp yang dihapus pengirimnya terlebih dahulu.
  • Saat muncul pemberitahuan ada chat WA yang dihapus namun Kamu tidak sempat membacanya, tinggal masuk saja ke dalam recent notificationi Apps.
  • Seluruh pesan yang telah masuk ke ponselmu akan langsung terlihat jelas pada Recent Notificationi Apps. Baik itu, chat yang masuk maupun chat yang telah dihapus lawan bicaramu.
Terkait:  Cara Cadangkan WA

2. Menggunakan Notification Log

Langkah awal yang dapat dilakukan jika ingin melihat chat WA yang sudah dihapus diantaranya ialah dengan cara membuka riwayatnotifikasi atau notification log. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Silahkan tekan homescreen dalam waktu yang lama.
  • Kemudian tambahkan widget “Log pemberitahuan” atau “Notification Log”.
  • Selanjutnya letakkan saja dimanapun pada homescreen.
  • Nah dari sini, seluruh riwayat pemberitahuan akan langsung terekam, bahkan mencakup pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Tapi sayangnya, tak semua hp android atau smartphone mempunyai pengaturan ini.

3. Menggunakan Aplikasi Notification History

Cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus berikutnya ialah melalui Notification History. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini langsung di Play Store milikmu. Notification History Apps dapat  merekam setiap pemberitahuan yang telah masuk pada smartphone, tak terkecuali chat WA yang telah dihapus. Adapun cara menggunakannya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan unduh dan pasang aplikasi Notification History.
  • Jika sudah Kamu bisa mengaktifkan akses pemberitahuan yang dibutuhkan aplikasi tersebut lewat opsi pengaturan atau settings.
  • Buka opsi Notification History, lalu tekan WhatsApp.
  • Dari sana Kamu dapat menemukan semua rekaman pesan WA yang telah masuk ke perangkat hp.

4. Menggunakan WhatsRemoved+ Apps

Cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus berikutnya, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi WhatsRemoved+. Adapun cara kerja aplikasi ini ialah memonitor pemberitahuan dan folder supaya Kamu dapat menemukan file apa saja yang telah dihapus. Salah satunya pesan yang telah dikirimkan ke akun WhatsAppmu.

Aplikasi WhatsRemoved+ adalah diciptakan oleh Development Colors, yang juga mengklaim jika aplikasi hanya untuk mendeteksi chat WhatsApp yang sudah dihapus. Dengan demikian pasti tidak akan membahayakan dan lebih aman di perangkatmu.

Terkait:  Cara Kirim Stiker di WA

Selain untuk WhatsApp, ternyata aplikasi ini juga dapat Kamu gunakan untuk aplikasi perpesanan yang lainnya. Berikut tutorialnya :

  • Pertama-tama silahkan Kamu unduh dan pasang WhatsRemoved+ di perangkat hpmu.
  • Jika sudah, install aplikasi kemudian buka aplikasi tersebut di hpmu. Selanjutnya Kamu akan menemukan laman peringatan memakai aplikasi Whatsremoved+.
  • Ketuk tombol accept jika Kamu menyetujui syarat maupun ketentuan pemakaian aplikasi.
  • Sama halnya dengan recent notification apps, di sini Kamu juga perlu memberikan akses agar aplikasi WhatsRemoved+ bisa mengakses semua notifikasi ke ponselmu.
  • Jika sudah, ketuk tombol back agar kembali menuju halaman berikutnya.
  • Silahkan pilih WhatsApp dengan cara mencentang aplikasinya agar WhatsRemoved+ bisa mengakses pemberitahuan yang masuk pada hp.
  • Kamu dapat memberikan beberapa centang pada aplikasi perpesanan lain yang telah terdeteksi WhatsRemoved+. Selanjutnya tekan “Next”.
  • Di sini Kamu akan diberikan opsi untuk mengizinkan aplikasi mendeteksi sekaligus menyimpan file atau data yang telah dihapus lawan bicaramu.
  • Setelah menyetujuinya, Kamu perlu menyetel atau melakukan pengaturan agar aplikasi WA selalu mengunduh file yang telah Kamu terima dengan otomatis.

5. Menggunakan Aplikasi Restory

Kamu juga bisa memakai aplikasi Restor untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus oleh pihak pengirim. Aplikasi Restory ini bisa mmebantumu memberitahukan dan membaca notifikasi jika ada chat yang dihapus penggunanya. Di samping itu, Kamu juga akan dibantu untuk membaca pesan yang sudah dihapus kembali.

Fungsi aplikasi ini ialah dapat memulihkan pesan seperti video, gambar hingga suara yang sudah dihapus oleh pengirim, sekaligus menyimpannya pada perangkatmu.

6. Menggunakan Aplikasi WhatsDeleted

WhatsDeleted adalah salah satu solusi lain untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus oleh pengirimnya. Keunggulan WhatsDeleted Apps ini ialah pemberitahuan pesan yang telah dihapus dengan cepat, karenanya Kamu dapat membaca sekaligus mengakses isi pesan WhatsApp tersebut langsung.

Terkait:  Cara Mengganti Nama di Whatsapp

Aplikasi WhatsDeleted juga dapat mendukung berbagai jenis file chat atau perpesanan, seperti gambar, teks, voice note, suara stiker dan GIF. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bekerja dengan cara memantau pemberitahuan perangkatmu. Oleh karenanya, jika ada chat WA yang dihapus, maka isinya disimpan oleh aplikasi WhatsDeleted lewat notifikasi pesan yang masuk.

Mengingat sistem keamanan pada WhatsApp sendiri yang telah menerapkan sistem enkripsi pesan, jadi pesan tidak akan dibaca pihak ketiga.

Keunggulan lainnya ialah adanya preview atau pratinjau yang bisa Kamu pakai untuk dapat menayangkan gambar dan memutar video langsung. Fitur Status Downloader juga turut disertakan guna mempermudah Kamu untuk menyimpan sekaligus mengunduh Status WA orang hanya sekali tap saja.

7. Menggunakan WA Recovery

Cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus lainnya ialah dengan memakai WA Recovery. Sehingga kamu dapat melihat isi pesan WhatsApp yang telah dihapus pengirim sebelum sempat membacanya.

Tak hanya itu saja, aplikasi yang satu ini juga dapat membantumu mengembalikan pesan WhatsApp yang tidak disengaja terhapus, karenanya semua obrolan pun menghilang.

Adapun cara kerjanya ialah mengecek isi dari memori hpmu untuk melihat pesan-pesan apa saja yang secara tidak disengaja telah dihapus. Baru kemudian ditampilkan lagi dengan mudah,meskipun Kamu belum pernah atau sempat membackup pesan atau chat yang sebelumnya.

8. Melihat Chat WA yang Dihapus di Grup WA

Sebenarnya meskipun WhatsApp sudah memiliki fitur penghapus pesan sendiri, tapi pada kenyataannya Kamu masih tetap bisa mengakses pesan yang telah dihapus. Akan tetapi, ini berlaku hanya untuk chat pada grup chat WhatsApp. Dalam hal ini, Kamu hanya bisa membaca pesan WhatsApp saat ada orang yang menjawab atau me-reply pesan tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus, agar Kamu tetap bisa membaca pesan yang sudah dikirimkan kepada WhatsAppmu. Untuk menghilangkan rasa penasaran, Kamu tinggal pilih salah satu cara di atas!

Related posts