Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

  • Whatsapp

Bagaimana cara melihat password wifi yang sudah terhubung? Kita tahu bahwa umumnya, ketika laptop atau komputer kita terhubung ke wifi di modem atau rumah, maka password-nya secara otomatis sudah tersimpan. Jadi Kamu tak perlu lagi harus mengetikkan kata kunci wifi tersebut untuk terkoneksi ke internet. Karena jarang mengetikkan kembali password inilah, membuat kita menjadi tidak mengingat password jaringan wifi yang pernah atau sudah terhubung di laptop atau PC.

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung
Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Tutorial Melihat Password Wifi yang Terhubung di Windows

Jika Kamu mengakses wifi di komputer atau OS Windows, maka ada beberapa langkah cara melihat password wifi yang sudah terhubung di Windows. Berikut panduannya :

Read More

1. Mengakses Network and Sharing Center

Sebenarnya terdapat 2 metode yang bisa diaplikasikan untuk mengetahui password wifi dengan langkah di bawah ini. Metode pertama ialah langsung menuju Control Panel, sedangkan yang kedua melalui ikon wifi yang ada di taskbar.

  • Untuk cara lewat Control Panel, maka pertama Kamu bisa menekan opsi Windows+R secara bersamaan di keyboard. Lalu ketikkan tulisan “Control Panel” kemudian enter. Sementara lewat ikon wifi sendiri, klik kanan pada ikon tersebut dan pilih opsi “Open Network & Internet Settings”.
  • Selanjutnya pilih opsi “Jaringan dan Internet” kemudian pilih lagi “Network and Sharing Center” lalu ketuk wifi yang terhubung.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan tab baru. Nah, pada tab inilah Kamu tinggal mengklik opsi “Wireless Properties”.
  • Sesudah itu, akan muncul tab baru kembali, pada tab tersebut silahkan pilih “Security” kemudian ceklis “Snow characters”. Selanjutnya akan terdapat notifikasi, dan Kamu tinggal klik yes untuk melanjutkan. Lalu password wifi pun langsung terlihat.
Terkait:  Cara Cek Password Wifi

Bagi Kamu yang memakai ikon wifi, sesudah memasuki opsi pengaturan tinggal memilih “Network and Sharing Center”. Kemudian pilih jaringan wifi yang terhubung kemudian lanjutkan memakai langkah tersebut di atas.

2. Melalui Command Prompt

Cara melihat password wifi yang sudah terhubung selanjutnya di PC atau windows adalah lewat Command Prompt atau CMD. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Caranya, sebenarnya hampir sama yaitu langkah pertama cukup menekan tombol kombinasi antara Windows+R pada keyboard. Lalu ketik CMD, baru tekan enter atau Ok.
  • Jika tab CMD sudah terbuka, Kamu bisa membuat instruksi dengan mengetikkan tulisan “netsh wlan show profiles” pada tab tersebut lalu tekan enter.
  • Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa wifi yang sudah pernah terkoneksi pada perangkatmu. Lalu pilih mna wifi yang akan Kamu ketahui password-nya. Adapun caranya tinggal ketik saja netsh wlan show profiles name=” nama profil” key=clear, lalu enter. Misalnya, netsh wlan show profiles name=”Tp-Link13″ key=clear.
  • Apabila Kamu ingin mengetahui keberadaan kata sandi tersebut, tinggal gulir ke bawah lalu cari pilihan key content.

3. Melalui Pengaturan Router

Untuk mengetahui password wifi yang sudah terhubung di Windows lainnya ialah dengan menggnakan pengaturan router. Melalui metode yang satu ini, Kamu akan mendapatkan akses ke pengaturan wifimu lengkap. Kamu akan mendapatkan kontrol penuh untuk mengubah wifi, password wifi dan lebih banyak pengaturan lainnya.

Metode ini sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kamu harus tahu bahwa IP address default untuk masuk ke halaman pengaturan wifi Kamu ialah 192.168.0.1 atau 102.168.1.1.

Jika alamat IP atau cara login yang disebutkan di atas tidak berfungsi, Kamu bisa melihat stiker di bagian belakang router Kamu untuk mengetahui halaman login wifi beserta kata sandi dan nama pengguna.

  • Silahkan cari tahu alamat IP router atau modemmu. Kebanyakan di alamat 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 dan buka dari web browser pilihanmu.
  • Masuk ke modem wifi Kamu. password akan dicetak di belakang router atau login default. Kamu bisa menggunakan username secara default dengan mengisinya “admin” dan password diisi dengan nama “admin”.
  • Jika sudah masuk, Kamu akan melihat beranda layar login dengan berbagai pilihan. Opsi ini biasanya akan bervariasi untuk setiap pabrikan router itu sendiri.
  • Temukan password wifi Kamu dengan membuka nirkabel. Lalu pilih frekuensi jaringanmu, misalnya saja di frekuensi 2,4 GHz.
  • Di bagian bawah nirkabel silahkan pilih “Wireless Security”.
  • Di bawah halaman “Wireless Security” pada router Wifi Kamu, Kamu bisa menemukan Wifi beserta password-nya.
Terkait:  Cara Mengganti Password Wifi

Tutorial Melihat Password Wifi yang Terhubung di Mac

Sama halnya dengan sistem Windows, pengguna Mac OS pun bisa memilih 2 metod eyang dapat diandalkan. Adapun untuk mengetahuinya ialah sebagai berikut :

4. Metode Pertama

  • Silahkan buka Keychain Access pada Finder.
  • Kemudian ketikkan Wifi di opsi pencarian pada Keychain Access.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat tab baru, lalu ceklis di tulisan “Show Password”.
  • Jika ingin mengkonfirmasikan bahwa Kmau pemilik perangkat tersebut, selanjutnya Kamu akan menerima konfirmasi lewat username beserta password.
  • Inputkan username berikut password-nya, jika berhasil Kamu akan melihat sandi wifi.

5. Metode Kedua

  • Pertama-tama, silahkan buka Terminal melalui Finder.
  • Lalu ketikkan pada perangkat : security find-generic-password-ga NAMA_Wifi | grep-i password.
  • Selanjutnya inputkan username beserta password.
  • Sesudah berhasil, maka password akan tampak di baris yang kedua.

Tutorial Melihat Password Wifi yang Terhubung di Hp

Jika Kamu menggunakna perangkat hp, adapun cara melihat password wifi yang terhubung di hp, ada 2 metode tergantung dari perangkat yang Kamu gunakan. Berikut ulasannya :

6. Melihat Password Wifi yang Terhubung di Android

Tak hanya melalui berbagai macam perangkat PC atau komputer, Kamu juga bisa melihat password wifi lewat ponsel yang Kamu miliki. Namun untuk metode yang pertama ialah di hp android, sementara caranya sendiri sangat mudah dan tidak ribet. Kamu hanya perlu memanfaatkan kode QR atau Barcode yang telah terpasang pada wifi,  maka Kamu bisa mengetahui password dengan mudah.

Adapun caranya, Kamu tinggal mempersiapkan 2 perangkat hp. Satu perangkat hp digunakna untuk membuka aplikasi yang memindai barcode. Sedangkan perangkat kedua, digunakan untuk membuka pengaturan wifi, serta dapat membuka kode QR wifi itu sendiri.

Terkait:  Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga

Selanjutnya, pindai kode ini memakai aplikasi pemindai tadi. Setelah berhasil, Kamu pun dapat melihat kata sandi yang tersedia di wifi tersebut. Selain itu bagi perangkat hp pemindai dapat langsung terhubung tanpa harus memasukkan kata sandi.

7. Melihat Password Wifi yang Terhubung di iPhone

Bagi Kamu yang menggunakan iPhone, Kamu dapat melihat password wifi yang sudah terhubung dengan cara di bawah ini :

  • Silahkan buka pengaturan di perangkat iphonemu, lalu masuk ke dalam iCloud.
  • Jika sudah, nyalakan keychain lalu nyalakan lagi keychain access pada perangkat MacOS atau MacBook.
  • Selanjutnya Kamu dapat mengikuti metode yang sama seperti melihat password wifi di Mac.

Dengan cara melihat password wifi yang sudah terhubung melalui perangkat Windows, Mac, iPhone dan androd. Selanjutnya tinggal pilih mana tutorial yang sesuai dengan perangkat yang Kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts