Cara Cek Rekening Listrik

Saat memakai layanan listrik PLN, maka pengguna berkewajiban membayar taghan listrik guna kelancaran operasional jaringan listrik PLN. Oleh karena itu, kita harus rutin melakukan cara cek rekening listrik.

Jika berbicara mengenai pembayaran listrik per bulan, tentu saja Kamu memerlukan yang namanya IDPEL (ID Pelanggan) yang diperlukan untuk pembayaran listrik ataupun pembelian pulsa token listrik.

Hanya saja, tidak sedikit pengguna yang lupa dengan nomor rekening atau ID pelanggan mereka sendiri, sehingga kesulitan melakukan pembayaran tagihan. Selain mengecek rekening listrik, tentu saja Kamu juga harus mengecek besarnya tagihan listrik berdasarkan namanya.

Tentang ID Pelanggan PLN

ID Pelanggan listrik PLN adalah nomor rekening listrik yang nantinya dipakai untuk pembayaran tagihan listrik atau pembelian token listrik PLN bagi pengguna pulsa listrik.

Ketika Kamu membeli pulsa listrik, biasanya akan ditanyakan nomor rekening atau IDPEL punyamu. Inilah persyaratan utama yang harus Kamu ketahui apabila ingin membayar atau membeli token listrik.

Selain itu, untuk memperlancar pembayaran tagihan listrik per bulannya, maka Kamu harus menyimpan atau mencatat dengan baik nomor rekening listrik.

IDPEL juga biasa disebut dengan istilah nomor meteran yang terdiri atas 11-12 digit angka. Setiap pelanggan listrik PLN, tentu saja memiliki nomor IDPEL berbeda. Berikut ulasan cara cek rekening listrik sendiri!

Cara Cek Rekening Listrik

Cara Cek Rekening Listrik
Mengecek Nomor Rekening Listrik

Cek Rekening Listrik

Cara cek rekening listrik atau IDPEL biasanya dapat dilihat lewat struk pembayaran tagihan listrik, mengingat dalam struk tersebut akan tertera nama pemilik beserta nomor rekening itu sendiri.

Kamu juga dapat mengecek nomor rekening listrik lewat meteran listrik. Dalam meteran listrik, Kamu dapat melihat kode nomor rekneing listrik, tapi biasanya hanya tertera nomornya saja dan tidak tertera nama pemiliknya.

Umumnya pengguna yang sering melihat atau mengamati nomor IDPEL listrik ialah mereka yang sering membeli pulsa listrik. Hal ini dikarenakan sistemnya bersifat prabayar, jadi memerlukan rekening listrik terlebih dahulu di awal dan tidak berbentuk tagihan listrik.

Mengecek Nomor Rekening Listrik PLN Lewat Nama Pemilik Rekening

Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang lupa atau tidak menyimpan bukti tagihan pembayaran listrik, sehingga kita pun tidak tahu nomor rekening yang ada di rumahmu. Namun sebagai solusinya, ada beberapa pilihan cara cek nomor rekening listrik PLN yang bisa Kamu ikuti dengan memakai nama pemilik, berikut ini!

1. Cek Nomor Rekening Listrik PLN Lewat Kantor PLN

Cara cek nomor rekening listrik PLN paling mudah menggunakan nama pemilik ialah dengan mengunjungi kantor cabang PLN. Metode ini tidak perlu harus mengunduh aplikasi ataupun mengunjungi website resmi PLN. Oleh karena itu, Kamu bisa memakai metode yang satu ini.

Adapun langkah cara cek rekening listrik dengan nama di kantor PLN, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan datangi kantor cabang PLN terdekat.
  • Konfirmasikan kepada staf yang bertugas, tujuanmu datang ke kantor PLN untuk mengecek nomor rekening listrik sendiri. Pastikan menyebutkan nama pemilik rekening lengkap untuk mengetahui nomor rekening listriknya. Umumnya nama pemilik memakai nama dari kepala keluarga.
  • Selanjutnya, Kamu juga bisa menyebutkan alamat rumah lengkap pemilik rekening apabila namanya sama seperti nama pemilik lain.
  • Kamu biasanya akan diminta menunjukkan identitas diri seperti KTP guna keperluan verifikasi data.
  • Setelah itu, staf yang bertugas akan langsung menyebutkan nomor rekening listrik beserta tagihannya.

Alangkah baiknya jika Kamu berkunjung ke kantor PLN sekalian untuk keperluan pembayaran tagihan. Cara ini juga praktis dan mudah apabila lokasi rumahmu berdekatan dengan lokasi kantor PLN.

2. Cek Nomor Rekening Listrik Lewat Website PLN

Selain berkunjung ke kantor PLN terdekat, cara cek rekening listrik paling mudah, praktis dan hemat waktu ialah dengan mengunjungi website resmi PLN. Pengecekan rekening listrik melalui web ini dapat digunakan apabila Kamu malas pergi karena jarak rumahmu ke kantor PLN cukup jauh.

Sebenarnya caranya sangat simpel, Kamu dapat langsung membuka website resmi PLN lalu inputkan nama pemilik yang akan Kamu cek IDPEL-nya. Kemudian Kamu hanya perlu menyesuaikan beberapa nama yang tertera dan informasi lengkapnya.

Apabila data-datanya sudah cocok, cukup klik nama tersebut lalu catat nomor rekening listriknya.

3. Cek Nomor Rekening Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile

Mengecek nomor rekening listrik lainnya ialah dengan menggunakan aplikasi PLN. Kita tahu bahwa seiring kemajuan teknologi sekarang ini, membuat segalanya semakin gampang dilakukan.

Bahkan para pengembang pun berlomba menciptakan aplikasi-aplikasi atau platform guna memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali lewat pembuatan aplikasi PLN.

Kamu dapat memanfaatkan aplikasi PLN guna pengecekan rekening lsitrik. Adapun caranya cukup mengunduh dan memasang aplikasi lewat Google Play Store. Jika sudah Kamu tinggal menjalankan aplikas tersebut lewat HP andorid.

Banyak orang merasa lebih nyaman memakai aplikasi PLN guna pengecekan rekening listrik. Sebab jika dibandingkan memakai website yang cukup rumit, aplikasi resmi PLN mempunyai user interface lebih ramah.

Aplikasi ini juga menampilkan berbagai macam data pelanggan PLN, seperti mengecek nomor rekening listrik, identitas dari pemilik rekening dan tagihan listrik.

Mengingat tampilan website cenderung membingungkan, jadi kurang pas jika dipakai oleh pengguna awam. Maka dari itu, sebaiknya pakai aplikasinya saja.

Beberapa fitur lainnya yang dapat Kamu lihat lewat aplikasi PLN, diantaranya informasi tarif dasar listrik, cek rekening listrik, informasi biaya penambahan daya listrik, informasi tagihan listirk lengkap dan dapat dipakai di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

4. Cek Nomor Rekening Listrik Lewat Panggilan Telepon

Cara cek nomor rekening listirk lainnya yang dapat Kamu pergunakan ialah dengan melakukan panggilan telepon ke call center PLN, tepatnya di nomor 123. Melalui layanan call center inilah, Kamu dapat langsung bertanya mengenai data pelanggan PLN, seperti pengecekan rekening listrik memakai nama.

Berikut panduan pengecekan nomor rekening listrik melalui telepon, diantaranya :

  • Silahkan nyalakan HPmu, lalu hubungi layanan call center ke 123.
  • Ikuti perintah yang diberikan agar Kamu bisa berbicara dengan customer service.
  • Jika sudah terhubung, Kamu bisa tanyakan ke staf CS tentang pengecekan nomor rekening listrikmu memakai nama pelanggan.
  • Silahkan tunggu sampai petugas berhasil menemukan informasi sesuai yang Kamu tanyakan.

Mengecek Rekening Listrik PLN Metode Lainnya

Selain menggunakan nama, Kamu juga bisa mengecek nomor rekening listrik dengan metode lainnya, berikut ini :

1. Cek Nomor Rekening Listrik Melalui Meteran

Untuk mengecek rekening listrik sebenarnya tak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor PLN. Jika Kamu lupa dengan nomor IDPEL atau rekening listrikmu, maka Kamu bisa melihat meteran listrik secara langsung.

Biasanya di dalam meteran listrik ada nomor IDPEL listrik. Selain itu, nomor yang terdiri atas 11/12 digit angka tersebut terletak di bagian bawah layar meteran.

2. Cek Nomor Rekening Listrik Melalui Struk Pembayaran

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecek rekening listrik sendiri ialah lewat struk pembayaran. Kamu bisa cek bukti pembayaran tagihan listrik yang sebelumnya. Biasanya truk tersebut mencantumkan kolom IDPEL dengan jelas yang terdiri dari 11-12 digit angka.

Demikianlah beberapa cara cek rekening listrik yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan nama pemilik rekening listrik maupun cara lainnya, menggunakan meteran dan struk pembayaran tagihan listrik sebelumnya.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019