Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Bagaimana cara melihat history Youtube yang sudah dihapus? Sebagian besar dari kita tentu saja sering menghabiskan banyak waktu untuk menonton video setiap harinya di Youtube. Namun suatu waktu, mungkin Kamu ingin menghapus list video yang sudah Kamu tonton beserta riwayat penelusuran.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghapus riwayat tontonan sekaligus penelusuran Youtube Kamu, di android, iOS, Mac dan PC. Jika ingin menghapus riwayat penelusuran lewat desktop, Kamu tinggal membuka Youtube. Selanjutnya bisa beralih pada akunmu, kemudian pilih opsi yang ada di samping kiri atas lalu pilih history tontonan.

Read More

Mengenal History Youtube

Youtube ternyata membedakan jenis riwayat pencarian sekaligus aktivitas menonton video ke dalam 2 jenis.

Jenis yang pertama ialah Youtube Search History, dari sini Kamu dapat melihat maupun menghapus apapun yang Kamu cari sebelumnya di Youtube. Caranya dengan mengecek histori penelusuran.

Sedangkan yang kedua ialah Youtube Watch History mempunyai fungsi mempermudah penemuan konten video yang Kamu tonton. Selain itu, history youtube ini juga digunakan dalam merekomendasikan konten video yang akan Kamu tonton sesuai riwayat penelusuranmu.

Umumnya ada dua pilihan yang ada, diantaranya Clear Watch history, yakni fitur yang digunakan untuk mengosongkan history tontonan sebelumnya. Kemudian ada Pause Watch History, artinya setiap konten video yang ditonton tidak akan ditampilkan pada riwayat. Selain itu, tidak akan dipakai untuk menambah rekomendasi video.

Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus
Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus

Jika Kamu sudah mengenal History Youtube, kini bisa melanjutkan pembahasan cara melihat history Youtube yang sudah dihapus. Dari sini, Kamu bisa melihat daftar konten video yang sudah pernah ditonton sebelumnya walaupun telah dihapus. Berikut ulasannya :

1. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Lewat Opsi Pengaturan di Android

Langkah yang pertama ialah melihat riwayat Youtube di menu setelan atau pengaturan yang terdapat di aplikasi Youtube. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Kamu bisa membuka opsi Pengaturan pada hp androidmu. Jika ingin melakukan tutorial ini, pastikan perangkat android yang Kamu miliki sudah masuk ke akun Google sama seperti akun yang dipakai untuk masuk ke Youtube.
  • Setelah itu, Kamu bisa melanjutkan untuk mengakses opsi “Google”.
  • Lalu ketuk pada pilihan “Kelola Akun Google” di Google yang terkoneksi pada akun Youtube sebelumnya.
  • Di halaman selanjutnya, Kamu bisa memasuki pilihan “Data & personalisasi” di atas tampilan.
  • Gulir ke bawah, lalu ketuk “Aktivitas Saya”.
  • Selanjutnya Kamu akan langsung dibawa menuju halaman baru untuk menunjukkan aktivitas apa saja yang dilakukan lewat akun Google. Tak terkecuali dalam menampilkan history penelusuran dan tontonan videomu di Youtube yang terkoneksi pada akun tersebut.

2. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Google Chrome

Cara melihat history Youtube yang sudah dihapus selanjutnya ialah bisa dilakukan melalui Google Chrome di laptop atau PC. Jika Kamu memakai browser atau peramban Chrome, maka Kamu bisa mengecek history yang dihapus pada Youtube lewat akun Google milikmu. Adapun panduannya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser atau peramban Google Chrome.
  • Pastikan Kamu sudah masuk ke akun Google di Google Chrome.
  • Selanjutnya Kamu bisa membuka Google Account, terletak di samping kanan layar yang terdapat foto profil Google Account milikmu.
  • Setelah itu tekan “Manage your Google Account”.
  • Lalu pastikan Google Account Kamu yang terbuka ialah akun yang sudah terhubung pada akun Youtube-mu.
  • Kamu bisa memilih opsi “Data & Personalization” di samping kiri. Kemudian pilih “My Activity” tepat di layarsamping kiri pada bagian bawah opsi “Activity and Timeline”.
  • Sesudah terbuka, Kamu bisa mengecek riwayat aktivitas terakhirmu pada Youtube. Umumnya dibagi menurut waktu, mulai dari waktu kemarin, bulan lalu, minggu lalu sampai 3 bulan yang lalu.

3. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Gmail

Langkah cara melihat history Youtube yang sudah dihapus selanjutnya ialah jika Kamu tidak memakai peramban Google Chrome, maka bisa melihat riwayat Youtube di akun Gmail. Adapun caranya sangat mudah, Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka browser atau peramban, Kamu bisa menggunakan Chrome maupun browser lainnya.
  • Selanjutnya buka gmail.com.
  • Kamu bisa membuka opsi Google Account yang ada di Gmail pada samping kanan layar yang terdapat gamba profil Gmailmu.
  • Setelah itu, tekan “Manage Your Google Account”.
  • Jika sudah, pastikan Google Account yang terbuka ialah akun yang terkoneksi pada akun Youtube-mu.
  • Kemudian pilih opsi “Data & Personalization” di samping kiri.
  • Kamu bisa memilih “My Activity” di samping kiri bagian bawah pada opsi “Activity and Timeline”.
  • Jika sudah, Kamu bisa melihat riwayat aktivitas terakhir pada platform Youtube. Umumnya terbagi ke dalam pilihan waktu, mulai dari kemarin, kemudian minggu lalu, sampai 3 bulan lalu.
  • Apabila hostory-mu terhapus secara tiba-tiba dan bukan disebabkan oleh sistem perangkat gadgetmu, maka bisa saja channel Youtube-mu yang bermasalah.

4. Tutorial History Youtube yang Sudah Dihapus Melalui Wayback Machine

Mesin Wayback atau arsip web merupakan salah satu website yang bisa membuatmu melihat tampilan pada website lainnya, tak terkecuali melihat konten video di Youtube di masa lalu sebelum dihapus. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan copy alamat konten video platform Youtube yang telah dihapus.
  • Silahkan buka website Wayback Machine, dan paste atau tempelkan alamat video Youtube tersebut. Nmaun jangan lupa, Kamu sebaiknya menghapusnya lebih dulu.
  • Tekan di snapshot yang ada dan cek hasilnya.

Dari sini Kamu bisa mengecek tampilan penuh pada snapshot atau situs web namun tidak bisa memutar video. Adapun informasi yang tersedia di Wayback Machine sendiri hanya berbentuk gambar dan teks. Wayback Machine juga dapat diaplikasikan bagi semua website. Kamu pun bisa mengarsipkan halaman situs web penting lewat Wayback Machine ini.

5. Menghubungi Pengunggah Video

Cara melihat history Youtube yang sudah dihapus ini sebenarnya tidak praktis jika dibandingkan cara di atas. Namun jika Kamu ingat persis orang atau akun yang menugnggah konten video yang kamu maksud, tak ada salahnya mencoba menghubungi pengunggah dan meminta copy atua salinan konten video apabila sangat mendesak. Biasanya pembuat Youtube yang aktif akan meninggalkan informasi kontak yang dapat dihubungi di halaman channel Youtube mereka.

Di samping itu, terkadang akun sosial media mereka juga gampang ditemukan serta dihubungi. Apabila Kamu menjumpai konten video yang penting sekali, maka disarankan mengunduh video sekaligus menyimpannya. Tapi Kamu harus ingat bahwa ada beberapa video tertentu yang tidak bisa di download secara bebas dengan alasan terkait hak cipta.

Nah, itulah 5 cara melihat history Youtube yang sudah dihapus yang bisa Kamu coba jika Kamu ingin melihat konten video menarik yang ternyata sudah dihapus. Semoga cara di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Baru Diulas:

Related posts