Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang dengan Gmail

  • Whatsapp

Bagaimana cara melacak hp Samsung yang hilang dengan gmail? Memakai hp android maupun tablet pastinya sangat menyenangkan. Apalagi dengan ratusan aplikasi yang bisa kita nikmati sesukanya, sesuai kebutuhan menjadi hal yang paling menarik. Inilah yang membuat OS android menjadi sistem operasi paling banyak diminati dan dipakai oleh masyarakat Indonesia di samping iOS.

Google pun bahkan telah memberikan banyak dukungan pada sistem operasi perangkat android. Tak terkecuali smartphone android Samsung yang telah diberikan dukungan terkait cara melacak hp samsung yang hilang dengan Gmail salah satunya. Melalui dukungan inilah, saat Kamu kehilangan hp Samsung kesayanganmu, kini tak perlu lagi cemas.

Read More

Akun gmail itu sendiri adalah akun yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses berbagai aplikasi berbasis android. Karena biasanya akun Gmail digunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi menarik di Google Play Store.

Sebenarnya cara melacak hp Samsung yang hilang dengan gmail sendiri bukan hal yang baru. Hanya saja banyak yang memang belum pernah melakukannya atau belum mengetahuinya.

Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Gmail

Cara Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Gmail
Tutorial Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Gmail

Melacak Handphone Samsung yang Hilang Dengan Gmail

Sebenarnya cara melacak hp samsung yang hilang dengan gmail tidak hanya berlaku bagi pengguna Samsung saja, karena metode ini juga berlaku bagi hp android lainnya. Adapun yang terpenting ialah Kmau harus mengingat alamat email beserta password yang dipakai di hp android Samsung yang hilang.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

1. Apa Saja Ketentuan Melacak Hp Samsung yang Hilang Dengan Gmail?

Sebelum membahas cara melacak hp Samsung yang hilang dengan gmail, Kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku agar pelacakan hp menggunakan akun gmail dapat bekerja. Di bawah ini ada beberapa ketentuan melacak hp Samsung memakai gmail.

  • Kondisi hp Samsung yang Kamu cari harus dalam kondisi menyala.
  • Perlu menginputkan akun email sama seperti akun email yang terdapat di ponsel androidmu.
  • Posisi hp Samsung yang hilang wajib terkoneksi ke internet.
  • GPS di hp tujuan wajib diaktifkan.
  • Sudah mengaktifkan opsi find my phone atau temukan perangkat saya di hp Samsung.

2. Tutorial Melacak Hp Samsung Menggunakan Email Gmail

Jika Kamu sudah memastikan seluruh ketentuan di atas telah dilakukan sebelumnya. Kini kamu bisa memulai cara melacak hp Samsung dengan gmail. Jika penasaran, ini dia langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, pastikan Kamu telah mempersiapkan perangkat lain seperti hp android lain maupun laptop yang telah terinstal perangkat untuk melacak hp.
  • Jika sudah, hubungkan pada jaringan internet, entah itu memakai paket data maupun wifi.
  • Setelah itu, Kamu tinggal mengunjungi link device manager atau link ini di web browser PC Kamu.
  • Selanjutnya Kamu bisa login memakai alamat email yang sama seperti pada hp Samsung yang hilang.
  • Selanjutnya tunggu sampai halaman menampilkan lokasi keberadaan hp Samsung yang hilang terbaru.
  • Jika sudah mengetahui lokasi keberadaan hp Samsung, Kamu bisa langsung mengunjungi tempat yang telah ditampilkan untuk melakukan pencarian lebih lanjut.

Melacak Handphone Samsung yang Hilang Tanpa GPS

Dengan tutorial melacak hp Samsung di atas, ini artinya Kamu tentu harus mengaktifkan layanan GPS di hp Kamu yang hilang. Akan tetapi jika hp yang hilang GPS-nya tidak aktif, Kamu bisa memakai cara melacak hp Samsung dengan Gmail tanpa menggunakan GPS :

  • Langkah pertama, Kamu bisa membuka Google Maps pada hp Samsung/android lain maupun lewat PC.
  • Jika sudah terbuka, Kamu tinggal memilih opsi Pengaturan, lalu pilih opsi “Bagi Lokasi”. Silahkan Mulai di pojok kiri bagian atas.
  • Berikutnya Kamu bisa memilih waktu untuk pelacakan hp Samsungmu, Kamu bisa memilih waktu 1 jam atau sampai dinonaktifkan.
  • Jika sudah, pilih opsi “Pilih Orang” lalu isikan semua data yang telah diminta, seperti nomor hp dan email dari hp Samsung yang hilang.
  • Setelah itu, ketuk bagikan dan tekan “Aktifkan”.
  • Kamu pun bisa melihat lokasi hp Samsung dan secara otomatis hp Samsungmu akan terlacak dalam waktu 24 jam.
Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Pola

Melacak Handphone Samsung yang Hilang Lainnya

Selain cara melacak hp Samsung yang hilang dengan Gmail, Kamu juga bisa mencoba metode pelacakan hp Samsung lainnya dengan metode berikut :

1. Tutorial Melacak hp Samsung yang Hilang Dengan Find My Mobile Samsung

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan ialah dengan memakai fitur bernama Find My Mobile dan biasanya bersifat default. Opsi ini memang telah disediakan oleh pabrikan Samsung untuk membantu pengguna melacak hp Samsung yang hilang.

  • Pertama-tama, buka web browser lalu jalankan di laptop atau PC.
  • Jika sudah, buka web Find My Mobile.
  • Lalu tekan login memakai akun Samsung, dimana akun ini telah terpasang di hp Samsung yang hilang.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai Find My Mobile dapat menemukan keberadaan hp Samsungmu.
  • Apabila proses pencarian sudah selesai, secara otomatis akan muncul lokasi GPS pada hp yang hilang.
  • Kemudian cari hp Kamu yang hilang berdasarkan posisi di peta.

2. Tutorial Melacak hp Samsung yang Hilang via Device Manager

cara selanjutnya Kamu bisa memakai Android Device Manager, dimana cara yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah. Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut :

  • Persiapkan perangkat hp lain yang sudah terkoneksi ke dalam akses internet, memakai PC, smartphone lain atau tablet.
  • Buka web browser dan ketikkan Google Device Manager lalu kunjungi halaman web tersebut.
  • Setelah itu, masuk memakai akun Gmail yang sama seperti di hp samsung yang hilang.
  • Selanutnya Kamu bisa mulai melacak keberadaan lokasi hp Kamu, silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika pencarian sudah selesai biasanya akan terlihat peta posisi hp Samsung yang hilang.
  • Kamu tinggal mencari hp samsung tersebut lebih lanjut.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi YouTube

Apa yang Harus Dilakukan Sesudah Menemukan Lokasi Hp?

Sesudah Kamu menemukan keberadaan hp Samsung yang hilang di atas, ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum Kamu mengunjungi lokasi hp Samsungmu :

1. Menghapus Data-Data di Hp

Kamu bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di hp secara remote jika posisi hp Kamu memang sudah tak bisa lagi untuk ditemukan. Dengan terhapusnya seluruh data pada hp tersebut, bisa membuat Kamu lebih aman. Terutama terkait data-data penting yang ada di ponsel yang hilang.

2. Mengamankan Perangkat

Poin kedua juga penting, jika Kamu sudah menemukan lokasi hp samsung yang hilang, Kamu pun bisa mengamankan hp Samsungmu segera. Hal tersebut bisa dilakukan melalui fitur yang ada di halaman tersebut. Melalui fitur ini, hp Samsung yang dicari secara otomatis langsung terkunci.

Selain itu, akun Google di hp samsung yang hilang akan logout sementara. Menariknya lagi, jika kamu memakai fitur ini, Kamu pun bisa menuliskan pesan di layar yang terkunci.

3. Memutar Audio

Poin terakhir sesudah Kamu menemukan lokasi hp Kamu ialah dengan memutar audio hingga 5 menit lamanya. Langkah yang satu ini bisa dilakukan dengan memakai layanan resmi Google yang sudah dijelaskan di atas. Sehingga ketika kamu sudah ada di titik lokasi keberadaan hp Samsung yang hilang, Kamu pun bisa menemukannya segera dengan memutar audio.

Demikianlah ulasan tentang cara melacak hp Samsung yang hilang dengan Gmail tanpa GPS dan lainnya yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Related posts