Cara Cek Spek PC

Sebenarnya cara cek spek PC sangat mudah dilakukan. Dengan mengetahui spesifikasi pada perangkat PC yang digunakan, di samping mengurangi kepenasaraann juga penting saat Kamu ingin memainkan game atau memakai software terbaru. Sehingga kita tahu apakah PC yang digunakan mampu menjalankan game atau software yang ingin dipasang ataukah tidak.

Selain itu, mengecek spesifikasi PC juga berguna ketika hendak melakukan upgrade. Sehingga Kamu bisa mengecek apakah komponen kompatible dengan perangkat PC yang digunakan ataukah tidak sebelum meng-upgrade-nya.

Cara Cek Spek PC

Cara Cek Spek PC
Mengecek Spesifikasi PC

Mengecek Spesifikasi PC Lengkap

Bagi pengguna yang hanya memakai PC-nya untuk mengetik atau bermain game yang ringan-ringan saja mungkin tak jadi soal. Namun bagi yang sudah terbiasa memakai software atau game berat tentu harus paham cara mengecek spesifikasi PC dengan baik.

Apalagi jika Kamu mengetahui spek PC atau laptop, maka Kamu akan mendapatkan manfaat, diantaranya bisa memprediksi kompatibilitas game atau software yang akan dipasang, dan memahami program upgrade hardware kompatibel.

Oke, langsung saja simak ulasan panduan cara cek spek PC yang bisa Kamu lakukan di bawah ini :

1. Cek Spesifikasi PC Melalui Dus Komponen

Cara cek spek PC melalui dus komponen adalah cara termudah yang bisa dilakukan, asalkan Kamu baru saja membelinya dan dus komponen masih tersimpan dengan rapi.

Umumnya dalam dus PC/laptop baru, tertera beberapa informasi spesifikasi RAM, processor, lebar layar, kapasitas harddisk, dan tipe VGA. Oleh karenanya, untuk mengecek spek dasarnya memang cukup langsung dilihat lewat dusnya saja.

Sementara pada PC, Kamu dapat melakukan pengecekan spek lewat dus komponennya, berupa :

  • Motherboard, Kamu bisa mengecek spek dan tipe motherboard dalam dusnya. Umumnya di sana sudah ada informasinya.
  • Processor, Kamu bisa mengecek jenis processor yang dipakai pada dus tersebut.
  • Power Supply, Umumnya sudah ada kabel, dan output power PSU di dalamnya.
  • VGA, Kamu bisa melihat spek dasar dari VGA-nya, misal 2GB GDDR5 256bit.
  • Casing, beberapa casing menginformasikan spek lewat dusnya. Informasi tersebut biasanya berupa kapasitas HDD, support radiator, fan, dan lain sebagainya.

Nah, jadi Kamu harus mengumpulkan semua dus tersebut dan silahkan cek dusnya. Akan tetapi jika Kamu sudah lama membeli laptop atau PC dan dusnya sudah hilang, maka cara ini tidak bekerja. Silahkah cek spesifikasi PC dengan metode lainnya.

2. Cek Spesifikasi PC Melalui Komponennya

Apabila dus komponennya sudah tidak ada alias hilang, sebenarnya pada komponen-komponen yang dimiliki PC itu sendiri sudah terdapat tipe dan spesifikasinya masing-masing.

Nah, cara cek spek PC ini dapat dijadikan altenratif bagi Kamu yang ingin sekalian mempelajari tiap-tiap komponen pada PC. Hanya saja, metode ini kurang direkomendasikan bagi pengguna laptop, sebab kamu harus membongkar komponen laptop terlebih dahulu. Tentu saja hal ini sangat beresiko,  apabila tidak dilakukan oleh ahlinya.

3. Cek Spesifikasi PC Melalui Properties di My Computer

Mengecek spesifikasi PC juga bisa dilakukan lewat menu Properties yang terdapat pada tab “This PC” atau “My Computer”.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak panduannya di bawah ini :

  • Silahkan buka terlebih dahulu “File Explorer” di PC-mu.
  • Kemudian klik kanan di “This PC” atau “My Computer”.
  • Selanjutnya pilih “Properties”.
  • Setelah itu, akan terlihat inormasi spek RAM dan Processor dari perangkat PC-mu.

4. Cek Spesifikasi PC Dengan Menanyakan Langsung ke Penjual

Cara cek spek PC yang satu ini juga bisa diandalkan, terutama bagi Kamu yang sudah kenal dekat dengan penjual PC yang Kamu beli produknya. Jadi, silahkan tanyakan langsung mengenai spesifikasi PC pada penjual. Metode ini juga berlaku bagi Kamu yang hendak membeli PC tersebut, dengan mempertimbangkan spek PC yang akan dibeli.

5. Cek Spesifikasi PC Lewat DxDiag Lebih Lengkap

DXDiag kerap diandalkan untuk mengetahui spesifikasi laptop atau komputer. Selain itu, cara cek spesifikasi PC lewat DxDiag juga sangat mudah.

  • Pertama-tama, silahkan tekan “Windows+R” pada keyboard PC-mu.
  • Jika sudah, silahkan ketikkan “DXDIAG” di kolom pencarian.
  • Apabila ada peringatan, silahkan abaikan dengan menekan “Yes”.

Selanjutnya Kamu akan ditampilkan jendela baru berisi informasi tentang jumlah RAM, jenis processor dan lainnya.

Lalu jika Kamu membuka menu “Display” di perangkat, maka akan menjumpai jenis VGA dan jumlah memorinya. Namun kapasitas VGA ini biasanya ada juga yang ter-shared lewat memori RAM. Ini artinya, kapasitas memori yang terera bisa saja tidak asli sepenuhnya.

6. Cek Spesifikasi Laptop Khusus VGA Dengan GPU-Z

Jika Kamu ingin mengecek spek lengkap VGA yang digunakan pada PC atau laptopmu, maka Kamu bisa mengunduh software GPU-Z. Aplikasi atau software pihak ketiga ini menampilkan informasi spek VGA, seperti kapasitas memori yang digunakan pada PC, bus width, maupun yang lainnya.

7. Cek Spesifikasi Laptop Khusus CPU Dengan CPU-Z

Aplikasi pihak ketiga bernama CPU-Z ini bisa diandalkan untuk mengetahui spek CPU atau prosessor yang digunakan dengan lengkap. Jadi memang sangat direkomendasikan penggunaannya.

Untuk menampilkan jenis prosessor secara detail, Kamu bisa memakai software CPU-Z dengan mengunduhnya.

Dengan memakai software yang satu ini, Kamu dapat mengecek jenis prosesor, cache processorsocket, dan codename prosesornya itu sendiri.

8. Cek Spesifikasi PC Khusus Kapasitas Harddisk Menggunakan HDTune

Cara cek spek PC lainnya khusus untuk pengecekan harddisk lebih lengkap, ialah dengan memakai software HDTune. Dalam aplikasi HDTune, Kamu dapat mengecek kapasitas harddisk, kondisi harddisk, dan tes performa.

Selain itu, software yang satu ini juga bermanfaat untuk mengecek kesehatan harddisk. Sehingga, software HDTune dapat digunakan untuk mengetahui kondisi harddisk terutama jika Kamu hendak membeli produk harddisk bekas.

9. Cek Spesifikasi PC Melalui Disk Management Untuk Mengetahui Kapasitas Harddisk

Sama seperti lewat HDTune, Disk Management juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kapasita harddisk. Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah :

  • Di kolom pencarian Windows, silahkan ketik “disk”.
  • Kemudian, Kamu akan dibawa ke menu “Create and format harddisk partition” langsung saja klik di menu tersebut.

Silahkan lihat di kotak bawah yang terdapat tulisan disk. Nah, di sana Kamu akan melihat jumlah GB sebagai ukuran dari kapasitas harddisk PC-mu.

10. Cek Spesififikasi PC Menggunakan Speccy

Cara cek spek PC terakir ialah dengan memakai software Speccy. Nah, software inilah yang menampilkan informasi spek laptop atau PC lengkap. Selain itu, ada beberapa fituryang bisa Kamu cek memakai software ini, diantaranya VGA, motherboard, RAM, dan lainnya. Selain itu, ukuran software ini juga hanya 6MB saja jadi sangat ringan untuk perangkat PC yang Kamu gunakan.

Mengingat pentingnya mengetahui spesifikasi PC, tentu Kamu harus mencoba salah satu diantara cara cek spek PC yang Kami bagikan di atas. Dengan demikian, Kamu bisa memperkirakan software yang akan Kamu pasang di PC-mu apakah kompatibel dengan perangkatmu ataukah tidak. Selain itu, panduan di atas juga berlaku untuk cek spek laptop Lenovo, Asus, dan lain sebagainya.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019