Cara Menghapus Akun Shopee

Cara Menghapus Akun Shopee
Cara Menghapus Akun Shopee

Apakah kamu sedang kebingungan bagaimana cara menghapus akun Shopee? Apakah boleh menghapus akun Shopee milikmu? Tak perlu risau lagi, artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Shopee dengan sangat mudah.

Apa Itu Shopee?

Shopee adalah salah satu situs belanja elektronik paling digemari saat ini. Kemudahan dalam bertransaksi membuat situs ini menjadi salah satu yang paling favorit termasuk di Indonesia. Kawasan yang dijangkau oleh situs yang berpusat di Singapura ini pun mencapai Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam dan Filipina.

Read More

Pertama kali diluncurkan di tahun 2015, situs yang berwarna dasar jingga ini sekarang sudah memiliki 93 juta pengguna aktif tiap bulannya. Catatan ini tentu menjadi buah dari usaha Shopee memberikan pelayanan yang menarik konsumen, terutama di Indonesia. Situs belanja ini tak takut memberikan diskon besar-besaran dan promo berupa gratis ongkos kirim hampir setiap bulannya. Tersedianya fitur live chat bersama penjual pun menjadi nilai tambah situs ini di mata pelanggan. Belum lagi, Shopee menyediakan fitur bagi para pelanggan yang ingin memberikan keluhan yang direspon dengan cepat.

Mengapa Seseorang Ingin Menghapus Akun Shopee?

Namun, layanan semenarik itu pun masih belum cukup untuk menahan semua penggunanya. Faktanya, masih banyak permasalahan yang belum teratasi di Startup e-commerce yang satu ini. Seiring dengan bertambahnya pengguna, bertambah pula risiko terjadinya kejahatan yang dilakukan melalui situs Shopee. Hal semacam ini mampu menjadi penyebab seseorang ingin menghapus akun Shopee miliknya. Adapun beberapa masalah yang bisa menyebabkan orang menghapus akun Shopee antara lain:

  • Banyak spam seller di Shopee. Mudahnya melakukan transaksin jual beli di Shopee ternyata menjadi pedang bermata dua. Di sisi lain, ada saja orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup untung sebesar-besarnya dengan usaha yang minimal. Salah satu yang mengganggu adalah spam seller. Penjual yang sebenarnya adalah dropshipper membuat produknya tidak relevan dengan yang dipesan. Hal ini tentu sangat tidak nyaman bagi konsumen dan membuat mereka ingin menghapus akun Shopee miliknya.
  • Banyaknya syarat dalam promo. Meskipun terkenal dengan kode promo nya, nyatanya Shopee tetaplah sebuah lembaga bisnis. Dalam setiap kode promonya, tak semua dapat digunakan tanpa syarat. Terkadang, ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi sehingga kode promo dapat digunakan. Apabila tidak teliti dalam menggunakan kode promo, bisa jadi justru kamu mengalami kerugian dalam bertransaksi dan berniat untuk menghapus akun Shopee milikmu.
  • Banyaknya penjual yang menipu. Hal ini merupakan akibat buruk dari kemudahan bertransaksi di Shopee. Seperti kasus sebelumnya, kemudahan bertransaksi ini dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Tidak jujur dalam menjual barang, membuat konsumen mengalami kerugian dan bisa menurunkan kepercayaan konsumen. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab seseorang menghapus akun Shopee miliknya.
  • Aplikasi yang mulai berat. Akhir-akhir ini, aplikasi Shopee semakin membawa beban berat terhadap perangkat penggunanya. Hal ini tentu merupakan dampak tak langsung dari bertambahnya fitur di dalam aplikasi. Namun, bagi beberapa konsumen yang tak terlalu mementingkan fitur tersebut, hal ini justru menjadi faktor yang membuat mereka mencari cara menghapus akun Shopee miliknya.

Syarat-Syarat Sebelum Menghapus Akun Shopee

Sebelum dapat menghapus akun Shopee milikmu, ada beberapa syarat dan kondisi yang harus kamu penuhi. Syarat dan kondisi ini tentu menjadi pertimbangan pihak Shopee untuk menyetujui atau tidak pengajuan penghapusan akun Shopee milikmu. Hal ini dikarenakan menghapus akun Shopee tidak bisa dilakukan sepihak oleh pengguna, namun harus mendapat persetujuan dari pihak Shopee. Adapun syarat dan ketentuan menghapus akun Shopee adalah sebagai berikut :

  • Tidak boleh ada transaksi yang belum selesai. Apabila kamu ingin menghapus akun Shopee milikmu, pastikan semua transaksi sudah kamu selesaikan. Transaksi yang tidak selesai dapat membuatmu dipandang sebagai pihak yang tidak bertanggung jawab dan kemungkinan besar pengajuan penghapusan akunmu akan ditolak.
  • Tidak bisa memulihkan akun yang sudah dihapus. Akun Shopee milikmu yang sudah dihapus tidak akan bisa dipulihkan kembali. Itu berarti, data-data terkait dengan akun Shopee milikmu sudah tidak bisa kamu akses lagi.
  • Koin Shopee akan hangus. Hal ini tentu wajar, mengingat koin Shopee adalah data yang terikat dengan akun. Ketika akun dihapus, secara otomatis koin Shopee akan hangus dan tidak dapat digunakan kembali.

Cara Menghapus Akun Shopee

Cara Menghapus Akun Shopee
Cara Menghapus Akun Shopee

Sebenarnya, cara menghapus akun Shopee sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyiapkan koneksi internet, aplikasi Shopee yang terpasang di perangkat, dan mengikuti langkah-langkah menghapus akun Shopee sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee, klik Saya > Pengaturan Akun > Ajukan Penghapusan Akun
  • Klik OK pada notifikasi yang muncul lalu klik lanjut
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS, lalu klik lanjut
  • Pilih Alasan Penghapusan Akun dan masukkan alamat email yang masih aktif, kemudian klik centang untuk menyetujui Syarat & Ketentuan, lalu klik Kirimkan

Mudah bukan? Metode pengajuan untuk menghapus akun Shopee memang terbilang sangat mudah. Mengingat hal ini hanyalah pengajuan, yang belum tentu langsung diterima oleh pihak Shopee.

Alasan Pengajuan Penghapusan Akun Shopee Ditolak

  • Akun dibatasi. Bila terbukti pernah melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan di Shopee akan berakibat pada pembatasan akun. Akun yang dibatasi memerlukan pemulihan akun sebelum akhirnya dapat dilakukan penghapusan akun Shopee.
  • Nomor handphone digunakan oleh akun lain. Meskipun 1 nomor handphone hanya bisa didaftarkan pada 1 akun Shopee saja, namun dalam beberapa kondisi tidak menutup kemungkinan ada nomor handphone yang sama digunakan oleh 2 akun berbeda. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menghubungi Customer Service dari Shopee.
  • Akun memiliki pesanan yang belum diselesaikan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akun Shopee tidak dapat dihapus apabila masih ada pesanan yang belum diselesaikan. Hal ini mencakup pesanan yang masih dalam proses atau sedang dalam masalah. Transaksi dianggap selesai apabila seluruh dana telah dilepaskan.
  • Masih memiliki saldo ShopeePay. Tak usah takut karena lupa mengosongkan saldo ShopeePay sebelum mengajukan penghapusan akun. Hal ini dikarenakan Shopee tidak akan menyetujui penghapusan sebelum saldo ShopeePay terbilang Rp. 0,00. Untuk mengosongkan saldo ShopeePay, kamu dapat melakukan transfer ke ShopeePay lain atau melakukan penarikan ke rekening bank milikmu.
  • Telah melewati batas penghapusan akun. Batas penghapusan akun untuk 1 nomor adalah 2 kali. Lebih dari itu, kamu tidak diijinkan untuk menghapus akun Shopee milikmu.
  • Masih memiliki tagihan SPayLater/SPinjam. Layanan SPayLater/SPinjam merupakan terobosan yang dibuat Shopee untuk memudahkan penggunanya melakukan transaksi dengan sistem kredit. Apabila kamu masih memiliki tagihan SPayLater/SPinjam di akun Shopee milikmu, sudah dapat dipastikan Shopee akan menunggumu melunasi cicilan, sebelum akhirnya kamu diijinkan untuk menghapus akun Shopee milikmu.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Shopee milikmu dengan mudah hanya dalam 4 langkah. Perlu dipertimbangkan persyaratan dan ketentuan yang diberikan Shopee, sehingga tujuanmu untuk menghapus akun Shopee dapat berhasil. Sekian, terima kasih.

Related posts