Cara Memprogram TV LG

Cara Memprogram TV LG

Saat ini tidak ada seseorang yang tidak menginginkan hiburan digital, terlepas dari berapa banyaknya platform yang tersebar di mana-mana. Rasanya untuk perangkat TV sendiri bisa dikatakan sebagai syarat wajib dimiliki oleh setiap orang atau keluarga. Meskipun sebenarnya, kini hiburan dapat diakses melalui perangkat smartphone. Simak cara memprogram TV LG disini!

Berbicara mengenai TV, saat ini TV layar datar yang sudah terintegrasi dengan smartphone sangat diminati oleh semua orang. Pasalnya kita bisa menikmati berbagai layanan streaming yang bisa di tonton melalui TV. Dengan begitu, ada unsur kepuasan tersendiri karena layar TV tidak seperti layar hp dengan ukuran setidaknnya 14 inch ke atas.

Banyak sekali merek TV yang beredar di pasaran dengan menawarkan berbagai macam keunggulannya. Namun di sini akan di bahas mengenai TV LG, yang disinyalir memiliki gambar yang sangat jernih dengan kualitas suara yang baik. Apalagi jika volume TV LG di maksimalkan hingga 100% pun tidak akan menyebabkan suara menjadi pecah.

Pemrograman Setiap Merek TV Berbeda-Beda

Karena saat ini banyak sekali merek TV yang beredar di pasaran, bagi kalian pemilik TV LG tentu saja metode pemrogramannya akan berbeda dengan merek lainnya. Karena setiap perangkat TV mempunyai cara pemrograman berbeda.

Remote bawaan TV LG juga berbeda dari merk lainnya. Jadi, bagi pemilik TV LG kalian bisa mengikuti cara memprogram TV LG agar dapat menemukan saluran TV favorit, dapat mengatur layar TV maupun melakukan pengaturan lainnya.

Mengingat pentingnya fungsi remote bawaan, sebaiknya jaga agar remote TV kalian tidak sampai rusak apalagi hilang sebelum digunakan. Karena jika remote TV kalian rusak atau mengalami kendala, maka tidak akan bisa memprogram secara maksimal.

Cara Memprogram TV LG

Cara Memprogram TV LG
Tutorial Memprogram TV LG

Syarat utama sebelum memprogram TV LG yang paling penting adalah perangkat TV LG dalam keadaan normal, dan tidak mengalami kerusakan. Ketika kalian membeli TV LG, walaupun barang baru, tidak menutup kemungkinan ada kecacatan. Maka dari itu, sebelumnya cek terlebih dahulu apakah TV LG kalian berfungsi dengan baik ataukah tidak.

Selain itu, pastikan juga agar remote TV LG masuk pada paket TV. Jangan sampai ketika TV LG dibawa pulang tapi remote nya tertinggal di toko.

Perangkat penting lainnya adalah antena. Untuk antena bisa menggunakan antena analog atau parabola tergantung dari kebutuhan, tujuannya agar dapat menangkap channel-channel favorit. Namun, jika ingin mendapatkan channel yang cukup banyak, lebih baik menggunakan parabola. Sebab  selain channel yang sudah tersedia secara gratis, kalian juga bisa menonton channel-channel luar negeri, baik yang gratisan maupun berbayar memakai receiver.

Simak cara memprogram TV LG berikut ini :

Metode 1 : Mencari Saluran TV

Proses pencarian saluran TV akan dibagi ke dalam 2 jenis TV yang beredar di pasaran, di antaranya TV tabung dan TV LG led. Berikut ulasan cara memprogram TV LG, baik pada TV tabung maupun pada TV LED :

1. TV Tabung

Langkah pertama adalah mencari saluran TV yang akan di tonton. Untuk mencari saluran TV sebenarnya tidak tidak masalah jika tidak memakai remote TV. Karena biasanya ada tombol menu yang berada di pinggir TV, namun untuk lebih mengefisiensikan waktu dan kenyamanan dalam mencari channel, lebih baik menggunakan remote TV. Begini caranya :

  • Nyalakan TV yang sudah tersambung dengan antena atau parabola.
  • Setelah itu, pada remote TV LG, tekan tombol Menu.
  • Akan muncul pada layar TV beberapa opsi yang bisa digunakan untuk pemrograman, namun kalian cukup pilih opsi CH/Stasiun. Karena tujuannya untuk mencari saluran TV.
  • Berikutnya pilihlah progam Auto pada layar TV LG. Dengan memilih ini memungkinkan TV LG akan mencari saluran TV secara otomatis.
  • Agar pencarian lebih maksimal, silakan pilih juga opsi Turbo.
  • Tunggu beberapa saat hingga TV LG selesai melakukan proses pencarian saluran TV yang sudah di atur secara otomatis.

Jika proses pencarian saluran TV selesai, maka saluran TV yang terdeteksi tersebut akan langsung masuk pada TV LG.

2. TV LED

Cara memprogram TV LG untuk tipe LED sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa langkah yang perlu ditambah pada remote TV-nya sehingga proses pencarian saluran TV LG bisa berhasil. Lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Nyalakan TV LG yang sudah tersambung dengan antena atau parabola.
  • Setelah itu, pada remote TV pilih tombol Menu.
  • Pada layar TV led, kalian akan mendapatkan beberapa pilihan opsi. Tapi carilah opsi khusus untuk memilih CH/Stasiun.
  • Lakukan langkah selanjutnya dengan mencari saluran TV secara manual. Kalian bisa memilih tombol search atau acak untuk mulai proses pencarian saluran TV.
  • Aturlah sistem TV LG menjadi BG.
  • Jika sudah selesai, maka saluran TV yang terdeteksi pada TV LG akan langsung masuk sesuai urutan pencarian.

Cukup mudah bukan? Jika kalian ingin mengubah urutan nomor saluran TV, silakan atur sendiri pada remote TV LG sesuai dengan keinginan.

Metode 2 : Mengatur Lebar Gambar Pada Layar TV LG

Setelah melakukan pencarian saluran TV, selanjutnya untuk lebih memaksimalkan gambar yang muncul pada TV lebih baik atur kebar gambar agar saat menonton lebih enak di lihat. Berikut cara memprogram TV LG untuk mengatur lebar gambar di layar TV LG :

  • Pada remote TV LG, silakan untuk tekan tombol menu dan pilihlah settings.
  • Setelah itu carilah menu khusus untuk mengubah gambar pada TV. Menu tersebut yaitu Aspek Rasio.
  • Pilihlah aspek rasio yang sesuai dengan keinginan kalian. Adapun aspek rasio yang tesedia adalah Cinema, Just Scan, Zoom, Rasio 16:9, dan Rasio 4:3.
  • Apabila sudah memilih salah satunya, silakan klik ok, selanjutnya gambar pada layar TV akan menyesuaikan rasionya berdasarkan yang kalian pilih.

Metode 3 : Mengatur Kecerahan Layar

Cara memprogram TV LG berikutny adalah mengatur kecerahan layar TV LG yang disesuaikan dengan kondisi ruangan. Perlu diketahui bahwa pengaturan kecerahan layar sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, untuk pemrograman kecerahan layar harus benar-benar di setting. Untuk cara-caranya, simak urutanny di bawah ini :

  • TV LG dalam keadaan nyala di saluran TV tertentu. Lalu pada remote TV pilihlah opsi gambar. Untuk opsi ini biasanya sudah tersedia pada remote sehingga tidak perlu lagi masuk pada menu settings.
  • Selanjutnya, akan terbuka pilihan lanjutan. Pilihlah mode gambar dan atur kecerahan layar sesuai dengan kondisi ruangan.
  • Jika sudah selesai, klik OK.

Cukup mudah dalam pengaturan kecerahan gambar, jika seandainya ingin dilakukan secara manual, maka akan ada opsi lanjutan yang bisa kalian lihat pada menu settings.

Itulah cara memprogram TV LG pertama kali, bagi kalian yang baru membeli TV LG. Sebenarnya ada lagi cara mengatur timer dan suara, namun untuk hal tersebut sepertinya kurang begitu penting. Hal ini dikarenakan yang paling utama yaitu memunculkan saluran TV terlebih dahulu.

 

Related posts