Cara Mengganti PIN ATM

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengganti PIN ATM? Tentu saja ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk menangani masalah kamu. Dan telah kami rangkumkan untuk kamu mencoba melakukan penggantian PIN ATM kamu yang lupa atau terblokir.

Apakah kamu sudah tau? Jika melakukan penggantian PIN ATM secaran berkala itu penting. Sebagai nasabah bank tentu saja kamu perlu memahami pentingnya mengganti PIN ATM kamu untuk alasan keamanan dana yang kamu simpan di bank tersebut. Namun kamu tidak tau cara mengganti PIN ATM itu seperti apa?

Memang mengganti PIN itu awalnya tidak akan terasa nyaman karena kamu harus mengingat PIN  baru. Namun hal ini lebih baik ketimbang kamu menggunakan PIN dalam kurun waktu yang cukup lama mengingat ada sejumlah risiko yang harus kamu sadari ketika kamu tidak pernah ganti PIN ATM. Risiko utamanya pembobolan dana kamu via mesin ATM maupun pembobolan via internet banking.

Pentingnya Ganti PIN ATM

Mengganti PIN kartu ATM secara berkala merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan meski terasa sedikit merepotkan. Tujuannya, untuk keamanan, dan menghindari berbagai risiko pembobolan dana di rekening tabungan Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Alasannya, kini ada banyak motif kejahatan perbankan yang bisa mengintai keamanan dana di rekening kamu. Misalnya, kejahatan dengan modus skimming pada mesin ATM dan modus phishing melalui internet banking.

  • Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.
  • Phishing adalah kejahatan yang dilakukan secara online dengan tujuan mengambil data-data pribadi seseorang. Contoh data pribadi yang penting yakni username, password, PIN, nomor rekening dan CVV kartu kredit, hingga kode OTP.
Terkait:  Cara Mengganti Password Email

Cara Mengganti PIN ATM

Cara Mengganti PIN ATM
Cara Mengganti PIN ATM

Pernahkah kamu mengalami masalah dengan kartu ATM kamu dan mengharuskan kamu untuk ganti PIN ATM? Tapi kamu tidak tau cara mengganti PIN ATM? Tenang saja disini akan kami rangkum untuk kamu bisa mengganti PIN ATM kamu.

Ganti PIN ATM di Mesin ATM

Cara mengganti PIN ATM yang pertama yang bisa kamu adalah dengan mendatangi mesin ATM secara langsung. Jadi kamu tidak perlu antri di bank supaya bisa mengganti PIN ATM kamu. Dan dengan mesin ATM kamu akan dengan mudah melakukan penggantian PIN.

Sebelum melakukkan penggantian PIN ATM, sebaiknya persiapkan PIN ATM BRI yang baru berupa enam digit angka. Untuk mengganti PIN ATM, usahakan untuk menggunakan angka yang susah di tebak oleh orang dan janganlah menggunakan angka tanggal lahir kamu. Ikuti langkah berikut ini:

  • Yang pertama kamu bisa mendatangi mesin ATM terdekat
  • Silahkan masukkan kartu ATM kamu pada slot kartu yang telah tersedia di bawah layar monitor
  • Kemudian pilih bahasa menu ATM. Silahkan memilih Bahasa Indonesia untuk memudahkan proses ganti PIN ATM
  • Silahkan masukkan enam digit PIN ATM yang lama atau bagi nasabah baru, maka masukkan PIN ATM yang diberikan oleh pihak bank. Pastikan kamu tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berurutan, karena secara otomatis kartu ATM sistem akan memblokir kartu ATM kamu
  • Kamu akan ditampilkan beberapa menu pilihan. Untuk ganti PIN ATM, maka pilihlah “Menu Lainnya”
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Ubah PIN”
  • Berikutnya, silahkan masukkan PIN lama anda yang terdiri dari enam digit angka. Jika sudah, maka dapat dilanjut dengan memilih menu “Benar”
  • Selanjutnya akan muncul instruksi untuk membuat PIN ATM baru. Silahkan buat 6 digit PIN baru sesuai keinginan
  • Kemudian, masukkan lagi 6 Digit PIN ATM baru untuk konfirmasi pembautan PIN ATM BRI yang baru
  • Silahkan tunggu mesin ATM memproses permintaan transaksi kamu
  • Jika proses permintaan ubah PIN berhasil, maka layar ATM akan menampilkan informasi bahwa Transaksi Berhasil. Kamu bisa melanjutkan transaksi dengan memilih Ya atau Tidak untuk mengakhiri transaksi
  • Selain itu slot print akan mengeluarkan struk berupa konfrimasi pergantian PIN ATM
  • Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM dan mengecek barang bawaan kamu sebelum meninggalkan mesin ATM
Terkait:  Cara Ganti Font Xiaomi

Mengganti PIN ATM di Bank

Bagi nasabah yang Bank yang lupa atau PIN ATM terblokir tentu saja bisa melakukan penggantian PIN di kantor cabang bank terdekat. Kamu bisa langsung mendatangi bank terdekat. Namun yang perlu kamu ingat jika menggunakan cara ini bahwa kamu harus rela mengantri dan menunggu giliran kamu. Berbeda dengan di mesin ATM yang kamu tidak perlu terlama lama menunggu.

Sebelum melakukan penggantian PIN di bank terdekat, kamu harus memahami persayaratan yang dibutuhkan. Yaitu dengan membawa kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM. Jangan sampai tertinggal dan jika kamu sudah mempersiapkannya, kamu bisa langsung ke bank dan ikuti langkah berikut:

  • Yang pertama silahkan kamu bisa mendatangi bank terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah kamu persiapkan
  • Sesampainya di kantor cabang, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service. Kamu bisa meminta bantuan kepada satpam bank jika merasa kebingungan dalam mengambil nomor antrian
  • Silahkan tunggu hingga nomor antrian kamu terpanggil
  • Ketika nomor antrian anda telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan kamu yaitu mengganti PIN ATM karena lupa atau terblokir
  • Silahkan berikan beberapa persyaratan berupa KTP, buku tabungan serta kartu ATM kepada petugas customer service
  • Customer service akan memproses permintaan anda dengan cara meriset ulang nomer PIN ATM kamu. Jika proses selesai, maka petugas customer service akan meminta kamu untuk PIN ATM yang baru
  • Pastikan selalu mengingat PIN ATM yang dibuat agar tidak terbolokir karena kesalahan memasukan PIN saat bertransaksi di mesin ATM

Demikian tadi beberapa cara mengganti PIN ATM yang bisa kami rangkum untuk membantu kamu dalam menangani masalah lupa PIN atau PIN kamu yang terblokir. Dan kamu harus melakukan penggantian PIN secara segera agar bisa kembali bertransaksi.

Terkait:  Cara Mengganti VPN

Related posts