Cara Live di Facebook Gaming

Cara Live di Facebook Gaming

Bagi para penggiat Game, Kamu kini bisa mencoba cara live di Facebook Gaming. Hal ini dikarenakan Facebook kini telah meluncurkan live streaming game untuk para pengguna yang gemar bermain game hingga meraup penghasilan dari hasil bermain game. Cara kerjanya ialah para streamer nantinya akan menghasilkan uang dari hasil kerja kontrak yang berlangsung selama 1 tahun atau 12 bulan.

Dimana para steamer nantinya akan menerima penghasilan untuk tiap satu bintang yang berhasil dikirimkan penonton. Jika Kamu tertarik melakukan streaming Facebook gaming, bisa mencoba langkah-langkah cara live di Facebook gaming berikut ini!

Read More

Cara Live di Facebook Gaming

Cara Live di Facebook Gaming
Live Streaming di Facebook Gaming

Tutorial Live Streaming di Facebook Gaming

Ada beberapa tahapan cara live di Facebook gaming yang bisa Kamu ikuti berikut ini :

1. Mempersiapkan Alat-Alat Streaming Game di Facebook

Kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan gaming yang akan dibutuhkan saat streaming game di Facebook. Adapun peralatan tersebut diantaranya :

  • Webcam, alat ini biasanya sudah terpasang langsung di layar laptop. Sementara jika Kamu menggunakan PC, wajib membeli webcam eksternal terlebih dahulu. Alat ini digunakan jika Kamu ingin melakukan facecam saat live streaming berlangsung.
  • Pastikan koneksi internet di lokasi tempatmu melakukan streaming stabil.
  • Elgato jika ada.
  • Fanspage Facebook
  • Software broadcasting, seperti OBS dan Kamu bisa mengunduhnya di sini!

2. Pembuatan Fanspage Gaming

Jika Kamu sudah mempersiapkan peralatan atau perangkat yang dibutuhan, cara live di Facebook gaming selanjutnya ialah harus memiliki fanspage Facebook dengan membuatnya terlebih dahulu. Walaupun Kamu sebenarnya sudah dapat melakukan live melalui akun personal, namun sebaiknya buat fanspage khusus untuk kebutuhan live streaming game di Facebook saja.

Lagipula cara membuat fanspage Facebook Gaming Creator sangat mudah, berikut panduannya :

  • Silahkan buka kemudian login/masuk ke akun Facebook milikmu.
  • Di ujung sebelah kanan atas, silahkan ketuk tanda panah arah ke bawah.
  • Dari situ, Kamu akan menemukan opsi create page. Sebagai catatan, jika Kamu sebelumnya sudah memiliki fanspage Facebook sebelumnya, ketuk manage pages atau see more.
  • Di samping kanan atas terdapat tombol bertuliskan create page. Silahkan klik tombolnya dan Kamu akan diarahkan ke pemilihan opsi fanspage.
  • Dari kedua pilihan ini (CommunityBusiness) Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan. Untuk fanspage Facebook gaming bisa pilih communitas.
  • Sementara untuk kategorinya pilih opsi “Gaming Video Creator”.
  • Jika pembuatan fanspage sudah selesai, Kamu akan diarahkan langsung menuju halaman utama pada fanspage. Tinggal atur cover foto dan foto profilnya saja.

3. Memulai Live Streaming di Facebook Gaming

Adapun cara live di Facebook gaming dimulai dari beberapa langkah di bawah ini :

  • Silahkan buka fanspage Facebook gaming yang kamu buat.
  • Ketuk create live untuk video gaming.
  • Selanjutnya Kamu akan diarahkan langsung menuju preview atau tampilan yang dilihat orang lain saat live.
  • Bagi fanspage yang didalamnya berisi bisnis online, Kamu cukup menekan pilihan “Go Live” saja, namun bagi yang ingin bermain game, harus memilih opsi connect pada tab di bagian atas.
  • Selanjutnya pada halaman berikutnya, Kamu akan menemukan stream key.
  • Silahkan buka perangkat lunak OBS yang telah diinstal sebelumnya.
  • Setting supaya layar Hp/PC dan webcam Kamu dapat terlihat di OBS.
  • Silahkan masuk ke dalam file lalu settings. Kemudian pada menu di samping kiri, ketuk “stream”.
  • Pada bagian service, pilih layanan Facebook Live, dan paste-kan stream key tadi.
  • Ketuk tombol apply dan pilih ok.
  • Pada layar utama, Kamu bisa melihat tombol-tombol berupa studio mode, start streaming, exit, start recording dan settings. Pilih “start streaming” jikaingin memulai siaran game di Facebook.
  • Dari sini, software OBS akan mengkoneksikan Facebook untuk konfirmasi pengiriman atau validasi data display. Jika berhasil, tampilan pada fanspage Facebook-mu seharusnya terlihat tampilan game.
  • Biasanya layar yang terlihat tidak secara real time karena ada delay selama beberapa detik.
  • Dari sana ada informasi-informasi seperti video bitrate, resolusi video, frame rate dan lainnya.
  • Di samping kanan, terdapat beberapa kolom tertentu yang bisa diisi. Misalnya saja judul dari siaran game, nama game yang sedang dimainkan, thumbnail dan tags yang dapat dilihat orang lain di beranda Facebook mereka.
  • Tampilan pada fanspage Facebook tersebut masih belum bisa disaksikan orang lain, terkecuali jika Kamu mengklik “Go Live” tepat di samping kanan bagian bawah.

Tips Meraup Ratusan Juta Dengan Facebook Gaming

Untuk menjadu seorang creator sukses di Facebook gaming, tentu saja Kamu harus memiliki viewer banyak saat melakukan streaming. Selain itu, agar Kamu disukai pennton, maka Kamu harus sering melakukan streaming dan lebih interaktif lagi bersama viewer. Jika Kamu belum memiliki banyak viewer, ada beberapa trik menjadi creator sukses di Facebook gaming, berikut ini :

1. Mempunyai Karakter yang Berbeda

Para creator profesional dan handal biasanya mempunyai karakteristik dan ciri khas tersendiri yang menjadikannya berbeda dari creator lain. Baik itu dilihat dari caramu bermain maupun dari cara mengomentari permainan. Selain itu, creator yang biasanya disukai viewer biasanya harus menarik sekaligus membuat orang semakin penasaran menonton tayangan game streaming Kamu di Facebook.

2. Streaming Terjadwal

Kamu harus melakukan penjadwalan streaming game, dimana para profesional biasanya selalu menjadwal waktu streaming mereka sebagai bentuk konsistensi seorang creator dan saat bermain. Jika Kamu menjadwalkan waktu untuk streaming, biasanya para audiens yang gemar menyaksikan tayangan streaming-mu akan lebih mudah mengetahui waktu untuk streaming.

3. Mengajak Audiens Untuk Share dan Like

Ketika melakukan siaran langsung di Facebook gaming, sebaiknya pastikan untuk mengajak para penonton memberikan share dan like. Dimana semakin banyak share dan like yang diberikan viewer, tentu saja akan semakin baik channel dan streaming yang Kamu lakukan.

Melalui share dan like tersebut jugalah, Kamu bisa menjadi banyak dikenal orang. Tentu saja hal tersebut penting dilakukan sebagai bentuk langkah awal untuk terkenal.

4. Pakai Face Cam Berkualitas

Setelah itu, Kamu bisa memakai face cam berkualitas supaya bisa menangkap ekspresi saat Kamu bermain. Paling tidak, Kamu mempunyai kamera dengan minimal berkualitas HD. Selain itu, face cam biasanya berfungsi agar audiens bisa mengenal creator lewat tampilan dan cara bermainnya. Selain itu, biasanya creator yang memakai face cam bisa dibilang lebih menarik daripada tidak memakainya sama sekali.

Dengan face cam ini, Kamu bisa menampilkan komentar dan gaya bermainmu. Melalui hal tersebut pula membuatmu terlihat lebih interaktif bersama penonton.

5. Mempromosikan Fanspage

Di samping share dan like video streaming, tentu saja Kamu juga mesti mempromosikan fanspage milikmu. Dimana semakin banyak pengikut atau followers di fanspage-mu akan semakin besar pula ketertarikan audiens terhadapmu.

Nah, itulah beberapa tips dan trik agar Kamu bisa meraup penghasilan yang besar melalui live streaming video game di Facebook.

Demikian ulasan cara live di Facebook gaming yang dapat Kamu coba untuk menjadikanmu sebagai seorang creator profesional dan handal. Bagaimana, tertarik melakukannya? Jika ya, Kamu harus benar-benar konsisten melakukan streaming serta terus berinovasi agar memiliki ciri khas tersediri.

Related posts