Cara Mirroring iPhone Ke TV

Cara Mirroring iPhone Ke TV
Cara Mirroring iPhone Ke TV

Cara mirroring ke TV memang kerap dicari oleh para pengguna iPhone. Pasalnya, dengan melakukan kegiatan ini maka bisa menonton video atau streaming video ada layar TV dengan kualitas tinggi dan sensasi yang beda. Jika kamu adalah pengguna yang masih belum tahu bagaimana cara melakukannya, maka bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini

Cara Kerja Mirroring Pada iPhone

Sebelum kita membahas topik utama tentang bagaimana cara mirroring iPhone ke TV, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem kerja sistem mirroring ini. Jadi, kegiatan mirroring ini merupakan kegiatan menyambungkan layar iPhone ke layar TV sehingga ada bisa menonton video ataupun layar iPhone milikmu pada layar yang lebih besar dengan sensasi yang berbeda tentungnya.

Terdapat dua cara populer yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal ini, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan fitur Airplay atau mengunduh aplikasi tambahan. Tergantung padamu lebih coxok menggunakan cara yang mana. Apple TV mempunyai banyak fitur sehingga memungkinkanmu untuk mengaitkan iPhone atau iPad ke TV. Kamu bisa menggunakannya untuk streaming video dari Hulu, Netflix, ataupun sumber lainnya. Jadi, kegiatan mirroring ini adalah menyambungkan tampilan pada iPhone pada layar TV. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

Cara Mirroring iPhone Ke TV

Cara Mirroring iPhone Ke TV
Cara Mirroring iPhone Ke TV

Meskipun banyak kemudahan ditawarkan ketika ingin menyambungkan iPhone ke TV, sayangnya tidak semua pengguna iPhone mengetahui bagaimana cara melakukannya. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk memberikan pedoman lengkap kepadamu terkait bagaimana cara melakukannya. Berikut adalah panduan yang bisa kamu ikuti.

Cara Mirroring iPhone Ke TV Pakai Airplay

Metode pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus menggunakan fitur yang bernama Airplay. Ketika kamu menggunakan fitur ini, maka berarti kamu tidak perlu mengunduh atau menggunakan perangkat lain. Berikut penjelasan langkah-langkahnya.

Langkah 1: Sambungkan Ke Jaringan WiFi Yang Sama

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan kamu memastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah berada di jaringan WiFi yang sama, baik untim iPhone ataupun TV yang ingin disambungkan. Hal ini bertujuan untuk gateway atau penghubung antara iPhone dan smart TV ketika kamu ingin menyambungkan kedua perangkat ini.

Langkah 2: Atur AirPlay Pada Smart TV

Setela kamu melakukan pengecekan hal di atas, maka silahkan kamu melakukan konfigurasi pada smart TV melakukan pengaturan fitur Airplay pada smart TV. Perlu kamu ketahui, bahwa cara mengatur Airplay di masing-masing merk TV berbeda-beda, berikut adalah penjelasannya.

Setting Pada TV LG

  • Pertama, silahkan kamu masuk ke bagian home atau beranda di smart TV LG
  • Lalu, tekan tombol dashboard
  • Pada halaman ini silahkan kamu pilih menu Airplay
  • Terakhir, pilih pada Airplay and homekit setting

Setting Pada Smart TV Samsung

  • Pertama, tekan home pada remote amat TV milikmu
  • Bukalah menu settings dan pilih menu general
  • Pilihlah menu aplle Airplay settings

Setting Pada Smart TV Sony

  • Masuklah ke bagian menu pengaturan yang ada pada bagian home
  • Pada bagian settings, pilihlah devices preference
  • Terakhir, pilih pada Apple Airplay and homekit

Setelah kamu melakukan pengaturan Airplay sesuai dengan merk smart TV yang kamu gunakan di atas, maka kamu harus menghidupkan toogle On pada Airplay. Lalu pada pada bagian requirement code, silahkan kamu memastikan sudah mengganti statismya ke first time only agar lebih mudah untukmu mengkoneksikan ulang perangkat iPhone yang ingin disambungkan ke TV

Langkah 3: Nyalakan Mirroring pada iPhone

Setelah proses pengaturan sudah berhasil.kau lakukan maka kamu harus mengaktifkan fitur Airplay. Namun untuk Airplay ini, hanya bisa digunakan pada perangkat atau seri iPhone 5 ke atas. Hal ini dikarenakan versi lama belum.mendapatkan fitur Airplay untuk proses mirroring. Berikut adalah cara untuk mengaktifkannya.

  • Silahkan kamu menarik bilah status bar iphone dari atas untuk membuka control center atau pengaturan iPhone
  • kamu membukanya maka akan menemukan ikon Airplay dan tekan ikon tersebut untuk menghidupkannya

Ketika kamu mengaktifkan fitur Airplay ini, makansecara otomatis iphonemu akan mendeteksi perangkat yang juga sudah mengaktifkan fitur Airplay untuk bisa terhubung dengan perangkat dari iPhone ke smart TV. Biasanya proses ini hanya membutuhkan waktu satu sampai dua menit saja. Jadi, bersabarlah untuk menunggunya.

Langkah 4: Sambungkan iPhone Ke TV

Terakhir,nsetelahnkamu melakukan pengaturan dan menyalakan fitur Airplay, makansilahkan kamu menghubungkan kedua perangkat yang sebelumnya sudah kamu aktifkan fitur Airplaynya. Untuk proses pengkondisian kedua perangkat ini, silahkan kamu memastikan fitur Airplay agar bisa menampilakan requirement code yang harus dasukkan dari perangkat iphonemu.

Sedangkan pada perangkat iPhone, silahkan kamu cek perangkat yang terdeteksi di Airplay yang ada di iPhone. Jika perangkat smart TV kamu terdeteksi, langsung kamu klik pada nama perangkat smart TVmu dan masukkan requirement code yang muncul pada smart TVmu.

Lalu tunggulah beberapa saat sampai proses pengkoneksian antara perangkat iPhone dan TV telah berhasil dilakukan dan mulai saat itu, kami bisa melihat layar iphonemu pada layar smart TV dan selamat menikmati menonton video dengan sensasi yang beda.

Cara Mirroring iPhone Ke TV Pakai Aplikasi Tambahan Reflector

Metode lain yang bisa kamu gunakan selain fitur Airplay, adalah kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan, contohnya adalah aplikasi Reflector. Aplikasi ini sudah terbukti sangat berfungsi dengan baik untuk menyambungkan iPhone ke TV seperti Airplay ataupun Google cast. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan metode ini, maka silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan kamu unduh terlebih dahulu aplikasi Reflector melalui layanan google play store
  • Jika aplikasi ini sudah berhasil kamu unduh dan terpasang pada iphone, langsung saja kamu hubungkan ke Reflector untuk menjalankan screen mirroring
  • Hubungkan perangkat iphonemu dengan perangkat smart TV yang ingin kamu gunakan. Namun sebelum itu,noaaatikan kamu sudah menyambung pada jaringan WiFi yang sama

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka kamu sudah berhasil.melakukan proses mirroring iPhone dengan menggunakan aplikasi tambahan Reflector. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa melakukan rekam layar dengan kualitas yang bisa mencapai 60 fps. Dengan begitu, kualitas tayangan yang kamu tonton akan tetap bagus. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai opsi keamanan yang cukup baik sehingga mencegah terjadinya lag ataupun lemot.

Kesimpulan

Penjelasan di atas merupakan panduan paling lengkap dan mudah yang bisa kamu jadikan sebagai solusi ketika bingung ingin menyambungkan iPhone ke smart TVmu. Kamu bisa melakukan langkah-langkah ataupin metode di atas hanya perlu waktu yang singkat, sekitar 1-5 menit saja sehingga tidak terlalu membuang-buang waktumu.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara mirroring iPhone ke TV yang bisa kamu coba dan lakukan secara mandiri di rumah. Selamat mencoba panduan di atas dan semoga kamu berhasil melakukannya, ya!

 

Related posts

1 comment

Comments are closed.