Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Bagaimana cara mengembalikan kontak HP yang terhapus? Jika kamu pernah mengalami kehilangan kontak di HP kamu karena tidak sengaja menghapusnya. Tenang saja, karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kontak yang hilang di gadget kamu.

Kontak atau nomor HP yang biasa kita sebut merupakan salah satu data penting yang ada di smartphone kita. Oleh karena itu kita sangat membutuhkan nomor kontak ini untuk menghubungi teman, keluarga, maupun orang penting lainnya.

Lalu bagaimana jika kita tidak sengaja menghapus nomor tersebut? Apalagi jika itu adalah nomor orang yang begitu penting. Tentunya kamu akan sangat merasa khawatir bukan? Namun kamu bisa sedikit lega karena disini sudah kami rangkumkan untuk kamu beberapa cara mengembalikan kontak yang terhapus.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Jika kamu pernah secara tidak sengaja menghapus kontak di HP kamu dan kamu bingung bagaimana solusinya? Kamu tepat sekali jika datang kesini. Karena disini kami akan rangkumkan untuk kamu beberapa cara mengembalikan kontak HP yang terhapus. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamu menemukan kontak HP kamu yang hilang.

Periksa Log Panggilan

Cara mengembalikan kontak HP yang terhapus yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa kembali Log Panggilan kamu. Karena dengan kamu memeriksa history panggilan, maka kamu akan mengetahui nomor tersebut milik siapa. Namun, kamu juga harus bisa menghafalkan bahwa siapa saja yang pernah berkomunikasi dengan kamu via telepon. Jika kamu lupa, maka kamu tidak akan bisa menyimpannya kembali karena sudah pasti akan banyak nomor tanpa nama disitu.

Mengembalikan Kontak dengan Minta Teman

Nah, untuk mengembalikan kontak yang terhapus juga pastinya ada cara yang sederhana. Bahkan bisa dibilang trik ini sudah sangat klasik. Ya, kamu bisa meminta kembali ke teman kamu. Dengan demikian maka kamu bisa langsung menyimpan dan mendapatkan kembali kontak teman kamu yang terhapus. Tanpa ribet, tanpa bantuan aplikasi dan tentunya sangat mudah sekali.

Periksa Chat WA untuk Memulihkan Kontak

Cara mengembalikan kontak yang sudah dihapus termudah selanjutnya adalah dengan memeriksa chat di Whatsapp. Kamu pasti tidak tahu kan bagaimana cara mencari nomor kontak di Whatsapp. Fitur pencarian pada aplikasi Whatsapp ternyata bukan hanya untuk mencari nomor whatsapp lho. Fitur ini juga berfungsi untuk mencari chat yang pernah kita kirimkan. Sebelum melakukan hal tersebut, pertama sekali silakan kamu scroll nomor yang pernah kamu chat sebelumnya.

Jika kamu baru-baru ini pernah melakukan chat dengan nomor yang kamu hapus pasti akan ketemu. Chat tersebut tidak akan terhapus walaupun kamu telah menghapus nomornya. Yang berbeda adalah pada nomor tersebut akan muncul nama jika kamu membuka profil Whatsappnya. Dengan demikian kamu akan mudah untuk menyimpannya kembali.

Memeriksa Pengaturan Kontak

Jika kamu ingin mengembalikan kontak yang terhapus di gadget kamu, selain beberapa trik tadi. Kamu juga bisa memulihkan kontak yang terhapus dengan mudah lho. Perlu kamu ketahui bahwa nomor kontak dapat tersimpan pada beberapa penyimpanan seperti penyimpanan SIM, memori internal, dan akun Google.

Hal ini sering di alami oleh sebagian orang, karena sering kali gabut mereka mengutak-atik beberapa pengaturan dan lupa cara mengembalikannya. Pada masalah ini kamu mengira kamu menghapus nomor kontak di Hp kamu padahal hal tersebut tidak benar. Nomor bisa saja hilang karena pengaturan yang diterapkan sudah berubah sehingga hp kamu menyembunyikan nomor tersebut. Biasanya hal ini bersifat masal atau banyak. Kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Yang pertama silahkan kamu buka aplikasi Kontak terlebih dahulu
  • Jika sudah kamu bisa pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Kemudian kamu pilih menu “Setelan”
  • Pada tahap ini kamu bisa melihat beberapa pengaturan Kontak, silakan kamu atur seperti Tampilkan Kontak SIM untuk ditampilkan atau menyembunyikan nomor yang tidak lengkap

Mengembalikan Kontak dengan Google Contact

Cara mengembalikan kontak yang sudah dihapus selanjutnya adalah menggunakan Google Contact. Akun google kamu mempunyai halaman yang bernama Google Contact, kamu bisa mencoba mengembalikan kontak yang terhapus menggunakan salah satu produk google ini. Paling menarik adalah Google Contact mempunyai fitur yang bisa mengembalikan kontak yang sudah terhapus atau mengembalikan perubahan kontak ke beberapa hari yang lalu. Kamu bisa ikuti beberapa langkah ini:

  • Silahkan kamu buka Google Contact di PC atau laptop kamu
  • Jika sudah, kamu bisa login dengan menggunakan akun email yang tertaut dengan gadget kamu
  • Setelah masuk kamu bisa pilih “Pengaturan” dan kemudian kamu bisa pilih “Urungkan Perubahan”
  • Setelah itu silakan kamu atur waktu recover nomor Kontak kamu, tepatnya sebelum kamu menghapus nomor tersebut
  • Jika sudah, kamu bisa langsung ke menu “Pengaturan” di Gadget kamu
  • Kemudian cari dan pilih Akun, kemudian pilih “Akun Google”
  • Pilih email yang sudah kamu recovery sebelumnya
  • Lalu klik “Menyiapkan & Memulihkan”
  • Kemudian pilih “Pulihkan Kontak”

Pulihkan Kontak dengan Aplikasi

Untuk memulihkan kontak yang terhapus di gadget kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga. Namun yang perlu kamu tau bahwa kamu perlu menyiapkan ruang penyimpanan tambahan untuk menginstallnya. Banyak aplikasi yang dapat membantu kamu mengembalikan kontak yang terhapus. Salah satunya adalah aplikasi Restore Contact, aplikasi ini bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kamu.

Aplikasi ini cukup ringan dengan android kamu, hanya membutuhkan 1,7MB kamu bisa download langsung di Play Store. Dan kamu bisa langsung mengikuti beberapa tahap dibawah ini:

  • Silahkan kamu Download dan Install terlebih dahulu aplikasinya di Play Store kamu
  • Jika sudah kamu bisa langsung membuka aplikasinya
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai melakukan scanning
  • Jika sudah selesai kamu bisa melihat beberapa nomor kontak kamu yang terhapus dan kamu bisa memilihnya untuk kamu restore dengan cara memilih pilihan “Restore”

Demikian tadi beberapa cara mengembalikan kontak HP yang terhapus. Bagaimana? Ternyata untuk memulihkan kontak HP yang terhapus sangat mudah bukan? Kamu bisa tenang dan tidur nyenyak setelah mengetahui beberapa trik mengembalikan kontak yang hilang.