Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang
Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Bagaimana cara mengembalikan kontak WA yang hilang? Kamu tentunya akan sedikit kebingungan karena secara tiba-tiba kontak WA kamu tidak ada dan menghilang. Namun kamu jangan khawatir karena masalah tersebut masih bisa diatasi dengan trik-trik jitu.

Setiap orang pasti akan menyimpan nomor telepon dan kontak teman, saudara, keluarga, bahkan pacar sekalipun di ponsel. Hal ini bertujuan agar kamu memudahkan dalam berkomunikasi baik dalam pesan chat maupun dengan telpon.

Whatsapp yang merupakan aplikasi chatting yang paling digemari saat ini bisa dengan mudah menyinkronkan kontak kamu agar tersimpan di aplikasi WA dengan mudah tanpa kamu menyimpannya kembali. Namun sebagai aplikasi, tidak menutup kemungkinan akan mengalami error karena bug atau masalah yang lain. Dan kamu pasti pernah mengalami kontak WA kamu yang tiba-tiba menghilang. Kami rangkumkan untuk kamu beberapa metode sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi kontak WA yang hilang.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang
Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang

Pernahkah kamu merasa kehilangan kontak di WA? Padahal kamu sudah menyimpannya dengan benar di telepon. Tentu saja hal ini akan membuat kamu sedikit kebingungan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara mengembalikan kontak WA yang hilang dari gadget kamu.

Pastikan Nomor Whatsapp Sudah Benar

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan adalah saat kamu menyimpan nomor kontak temanmu. Apakaha nomor yang kamu simpan sudah benar atau kamu salah mengetik saat menyimpannya. Hal ini bisa saja menyebabkan nomor temanmu tidak tersimpan dengan benar dan tidak terbaca di aplikasi Whatsapp karena nomor yang salah dan tidak sesuai. Jadi untuk kamu lebih teliti lagi dalam menyimpan nomor dan jangan sampai kamu salah mengetiknya.

Refresh Kontak WA

Cara mengembalikan kontak WA yang hilang yang bisa kamu coba adalah dengan merefresh kontak Whatsapp kamu. Siapa tau WA sedang mengalami trouble sinyal ataupun lainnya yang membuat kontak kamu tiba-tiba menghilang begitu saja. Kamu bisa melakukan refresh kontak dengan langkah berikut ini:

  • Yang pertama silahkan kamu buka aplikasi WA kamu
  • Jika sudah klik ikon chat yang berada di kanan bawah beranda Whatsapp
  • Jika sudah klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih “Perbarui”
  • Dan tunggu beberapa saat sampai kontak WA kamu diperbarui

Hapus Cache Whatsapp

Jika kontak Whatsapp kamu tiba-tiba hilang, kemungkinan penyebab pertamanya adalah data cache. Cache berfungsi untuk menyimpan data secara sementara, namun jika kamu jarang membersihkannya, itu akan membuat memori ponsel kamu penuh dan kinerjanya menjadi lemot. Dengan begitu, ada kemungkinan kontak-kontak di aplikasi Whatsapp kamu tiba-tiba hilang karena proses loading yang lama. Dan kamu bisa menghapus cache WA kamu dengan langkah berikut:

  • Yang pertama kamu bisa masuk ke bagian menu “Setting”
  • Jika sudah kamu bisa pergi ke “Manajer Aplikasi”
  • Silahkan kamu pilih aplikasi Whatsapp
  • Jika sudah kamu bisa langsung memilih “Clear Cache” untuk menghapus cache aplikasi Whatsapp kamu

Aktifkan Menu Permission

Untuk mengatasi mengambalikan kontak WA yang hilang, kamu juga bisa mengaktifkan menu permission pada gadget kamu. Jika kontak di Whatsapp kamu tiba-tiba hilang, ada kemungkinan menu permission di ponsel kamu belum diaktifkan. Biasanya, kontak akan hilang setelah Whatsapp tidak terkoneksi atau saat kamu tidak sengaja melakukan restart pada ponsel. Maka dari itu kamu perlu mengaktifkan menu permission dengan beberapa langkah:

  • Masuk ke menu “Setting” terlebih dahulu
  • Kemudian kamu bisa pergi ke menu “Manajer Aplikasi”
  • Jika sudah, pilih aplikasi Whatsapp
  • Cari dan pilih menu “Permission” di aplikasi Whatsapp
  • Aktifkan menu permission di bagian kontak agar Whatsapp bisa membaca seluruh kontak kamu yang terhubung dengan aplikasi WA

Tampilkan Seluruh Kontak di WA

Penyebab yang bisa saja mungkin terjadi tanpa kamu sadari adalah keliru memilih pengaturan tampilan kontak. Untuk mengatasinya, cobalah masuk ke menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display all contacts.

Gunakan Kontak Cadangan

Untuk mengatasi kontak kamu yang tiba-tiba menghilang kamu juga bisa mengatasinya dengan menggunakan kontak cadangan di akun Google kamu lho. Sebagian besar kontak kamu akan terintergerasi dengan akun Google. Jadi kamu bisa dengan mudah mengembalikan kontak yang hilang. Kamu bisa ikuti cara berikut:

  • Yang pertama masuk ke menu “Setting” terlebih dahulu
  • Jika sudah kamu bisa mencari dan memilih menu “Contact to display”
  • Jika sudah kamu bisa cek list ke akun Google dimana kamu menyimpan dan mencadangkan kontak kamu
  • Kemudian langkah terakhir adalah dengan Refresh Kontak WA kamu

History Chat WA

Kamu juga bisa membaca history chat Whatsapp kamu untuk mengembalikan kontak WA yang hilang. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menyimpan kembali kontak kamu yang hilang dari WA. Namun cara ini bisa dibilang cukup memakan waktu karena kamu harus mencari dari chat satu-satu yang masuk ke Whatsapp kamu.

Install Ulang Whatsapp

Cara mengembalikan kontak WA yang hilang yang terakhir adalah dengan menginstall ulang aplikasi WA kamu. Mungkin saja kontak kamu hilang dari WA karena disebabkan sebagian bug yang terjadi. Dan kamu bisa mengatasinya dengan menginstall ulang WA kamu. Dengan menginstall ulang, ada harapan untuk kontak WA kamu yang hilang bisa kembali lagi.

Demikian tadi cara mengembalikan kontak WA yang hilang dari gadget kamu. Bagaimana dengan trik tersebut? Mudah sekali bukan? Kamu bisa menggunakan beberapa trik tersebut untuk mengatasi jika kamu dalam masalah yang sama yaitu tiba-tiba kontak WA yang menghilang.

Related posts