Cara Broadcast Whatsapp Tanpa Menyimpan Nomor

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Fitur broadcast WhatsApp adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh WhatsApp. Melalui fitur broadcast ini, Kamu bisa mengirimkan pesan siaran secara massal ke beberapa kontak dalam satu waktu dengan mudah. Cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan nomor adalah salah satu terobosan dari WhatsApp untuk para penggunanya. Proses ini membuat aktivitas promosi bisnismu menjadi lebih cepat dan mudah.

Namun, untuk melakukan cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan nomor kontak ini hanya dapat dilakukan memakai WhatsApp Business API. Walaupun orang yang menerima broadcast tidak memiliki nomormu atau tidak menyimpan kontakmu, tapi mereka akan melihat nama bisnis pada layar chat WhatsApp.

Read More

Sekilas Tentang WA Broadcast

Kamu harus tahu bahwa WhatsApp Broadcast merupakan salah satu fitur WA Business API, ini biasanya dipakai untuk mengirimkan chat hingga ke ratusan bahkan ribuan kontak dalam waktu bersamaan. Melalui fitur broadcast, Kamu sebagai pengguna tak perlu repot-repot lagi menyalin seluruh teks yang isinya sama untuk Kamu kirimkan secara manual satu persatu.

Mengirimkan pesan siaran WhatsApp tanpa menyimpan kontak ini sangat mudah. Kamu harus mempunyai WhatsApp API atau WhatsApp Business API. Dengan metode ini, tim marketing akan mendapatkan kemudahan melakukan kampanye kepada pelanggan lama. Tujuannya agar pelanggan melakukan pembelian berikutnya.

Kelebihan WhatsApp Broadcast Tanpa Harus Menyimpan Kontak

Broadcast WhatsApp sebenarnya sudah tersedia dalam kategori WhatsApp Business dan WhatsApp personal. Sementara pada layanan WhatsApp API sendiri biasanya fitur ini dinamai sebagai WhatsApp Blast. Dimana fungsi diantara kedua fitur ini hampir sama, hanya saja Kamu bisa menemukan beberapa perbedaan antara keduanya. Berikut perbedaan antara WhatsApp blast danWhatsApp Broadcast.

1. WhatsApp Blast

Pada WhatsApp Blast, Kamu akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan WA Blast berikut :

  • Tanpa batasan jumlah nomor telepon yang dapat dikirimi broadcast
  • Kamu tidak perlu menyimpan kontak yang dituju untuk dikirimi pesan broadcast.
  • Nomor yang Kamu tuju juga tak perlu menyimpan nomormu.
  • Menawarkan fitur personalisasi dinamis.
  • Untuk waktu delay broadcast bisa diatur tergantung kebutuhan. Bahkan pesan bisa langsung terkirim.
  • Menawarkan fitur pelengkap untuk strategi marketing WhatsApp lainnya, diantaranya seperti melakukan generate nomor WA, melakukan ekspor dan impor kontak, scrape nomor Whatsapp dari Maps, atau yang lainnya.

2. WhatsApp Broadcast

Sementara itu, Kamu bisa membandingkannya dengan fitur WhatsApp Broadcast berikut :

  • Kamu hanya dapat mengirimkan broadcast maksimal ke 256 nomor kontak.
  • Harus menyimpan kontak tujuan yang ingin dikirimi psan.
  • Nomor yang dituju wajib menyimpan kontakmu di daftar teleponnya.
  • Tidak dapat mengirimkan pesan broadcast dengan cara personal, seperti menyebutkan nama.
  • Memiliki jeda pesan yang tidak terkirim dengan pesan terkirim di waktu bersamaan.

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor
Broadcast WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Tutorial Broadcast WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Kontak

Silahkan ikuti panduan cara broadcast Whatsapp tanpa menyimpan nomor kontak di bawah ini untuk memudahkan tim marketingmu untuk melakukan tugasnya. Berikut ini :

1. Mengajukan Verifikasi FB Business Manager

WhatsApp memberikan ketentuan kepada para pelaku bisnis yang menggunakan platformnya, baha setiap bisnis wajib mempunyai surat resmi tergantung ketentuan yang telah ditetapkan. Di samping itu, jasa atau produk yag ditawarkannya pun bukan ilegal. Sayangnya proses verifikasi memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan tak semuanya langsung disetujui Facebook.

Sebagai solusinya, Kamu bisa meminta bantuan dari layanan Business Solution Provider, yang membantu bisnismu sampai memperoleh verifikasi FB. Kamu bisa memilih salah satunya. Kamu hanya perlu mempersiapkan website URL, nama perusahaan, nama domain, dan NPWP/NIB/SIUP.

2. Bekerja Sama dengan BSP Resmi WA

Kamu bisa bekerjasama dengan mitra resmi dari WA Business API, kita ambil contoh seperti Qontak.com. Melalui BSP ini, akan membantumu mendaftarkan kontak bisnis yang nantinya ingin dijadikan WhatsApp API. Salah satunya untuk membantumu memperoleh banyak fitur canggih dari WA.

3. Melengkapi Profil Bisnis

Cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan nomor berikutnya ialah Kamu harus memperbarui profil akun usahamu dengan cara mengisi informasi terkait bisnismu. Informasi tersebut diantaranya katalog, jam operasional, alamat dan lainnya. Hal tersebut dapat membantu pelanggan mengenal usaha yang Kamu jalankan sebelum mereka mengajukan pertanyaan. Proses ini juga dnamakan sebagai teknik branding.

Jika WhatsApp sudah terverifikasi, Biasanya pelanggan akan melihat tanda centang hijau ketika WA sudah diaktifkan. Selain itu, pelangganmu juga akan melihat nama bisnismu di layar dengan otomatis tanpa mereka menyimpan nomormu. Baru kemudian, Kamu bisa mengintegrasikan akun WhatsApp memakai CRM dari Qontak.com.

4. Masuk ke Chat Panel Qontak.com

Sesudah itu, Kamu tinggal login ke dalam chat panel dari Qontak.com. Silahkan login memakai password dan username dari Qontak.com.

5. Menyusun Daftar Kontak

Silahkan buat list kontak untuk pesan siaran terlebih dahulu. Kamu tinggal memasukkan nomor kontak yang ingin Kamu kirimi broadcast satu persatu. Selain itu bisa juga mengunggahnya langsung lewat sistem berbentuk CSV atau Excel. Sesudah itu, Kamu bisa membuat list lain dengan cara mengulangi langkah ini.

6. Membuat Templates Pesan Broadcast

Untuk pembuatan template pesan, Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Pilih template dan tekan ‘add new template’
  • Silahkan tulis pesan broadcast yang akan Kamu sampaikan.
  • Kamu juga bisa menyisipkan dokumen, video, dan gambar jika ingin lebih menarik.

7. Mengirimkan Pesan Broadcast

Cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan nomor kontak berikutnya ialah dengan mengirimkan pesan broadcast ke nomor kontak yang sudah dilist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan ‘New Broadcast Message’ lalu pilih kampanye.
  • Silahkan membangun template untuk kampanye. Kemudian tunggu beberapa lama sebab sistem akan langsung mengirimnya otomatis.
  • Kamu bisa mengulangi semua tahapan di atas.

Mengirimkan Pesan Broadcast Otomatis

Kita tahu bahwa untuk melakukan cara broadcast WhatsApp tanpa menyimpan nomor tidak bisa dilakukan lewat fitur WhatsApp begitu saja, karena memang fiturnya belum tersedia. Oleh sebab itu, Kamu baru bisa melakukannya dengan penyedia layanan WhatsApp Business API. Selain melalui Qontak.com, Kamu juga bisa mencoba software WhatsApp Massal.

Melalui tools yang terdapat dalam WhatsApp Massal, Kamu bisa semakin leluasa mengirimkan broadcast WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor tujuan. Adapun langkah-langkahnya, Kamu hanya perlu melakukan cara berikut  :

  • Silahkan impor nomor WA yang akan Kamu kirimi pesan broadcast.
  • Setelah itu, buat pesan.
  • Lalu kirim pesan secara massal dengan sekali klik.

Meskipun mudah, sayangnya aplikasi pengiriman pesan WA broadcast ke banyak pengguna ini berbayar.

Tapi keunggulannya ialah Kamu akan mendapatkan beberapa fitur menarik dari tools ini, diantaranya anti banned, multi pesan, impor kontak, WhatsApp filter, WhatsApp generator, dan grabber group.

Kesimpulan

Dengan memilih tools atau software untuk mengirimkan pesan broadcast, Kamu akan mendapatkan kemudahan dalam berbisnis. Meskipun sayangnya, cara broadcast Whatsapp tanpa menyimpan nomor kontak tidak dapat dilakukan, tapi setidaknya Kamu bisa mencoba cara broadcast WhatsApp seperti biasa. Semuanya tergantung dari pilihanmu sendiri, apakah ingin memakai software ataupun tidak ingin memakai software.

 

 

Related posts