Cara Konsumsi Kurma Muda

Cara Konsumsi Kurma Muda
Mengonsumsi Kurma Muda dan Khasiatnya

Bagaimana cara konsumsi kurma muda? Kurma sebenarnya termasuk sejenis tumbuhan yang tumbuh dan berasal di Teluk Persia. Dari zaman dulu sampai sekarang, pohon kurma sudah banyak dibudidayakan, jadi kita sangat mudah menemukannya. Namun paling banyak produksi kurma yang kita jumpai ialah di kawasan timur tengah. Adapun yang biasa dikonsumsi dari pohon ini ialah buahnya. Kurma terdiri dari berbagai macam jenis, namun pada umumnya bisa digolongkan ke dalam kurma muda yang belum matang dan kurma matang yang siap makan.

Kita semua mungkin pernah atau sering mendengar kurma muda, terlebih jika Kamu sudah menikah atau sedang melakukan program hamil atau promil. Kurma muda sendiri dikenal dengan nama ruhtobRuhtob ini biasanya berwarna kuning, namun ada pula yang berwarna hijau, merah dan terdiri dari campuran dua warna. Baik itu warna hijau kemerahan dan hijau kekuningan. Lain halnya dengan kurma yang sudah matang biasanya memiliki tekstur yang lembek. Sedangkan pada kurma muda, teksturnya masih padat dan keras.

Kurma muda biasanya memiliki rasa yang cenderung sepat. Namun meskipun masih belum matang serta terasa tidak manis, justru kurma muda menjadi banyak incaran orang, khususnya bagi pasangan yang belum mendapatkan momongan.

Khasiat Kurma Muda Bagi Kesehatan dan Kesuburan

Kurma muda paling utama berkhasiat untuk program hamil atau meningkatkan kesuburan reproduksi bagi wanita maupun pria. Tapi sebenarnya khasiat kurma muda selain untuk kesuburan, juga dapat berguna bagi kesehatan, bisa melancarkan proses persalinan, menyehatkan mata dan dapat melancarkan produksi ASI bagi ibu hamil.

Singkatnya, khasiat memakan buah kurma muda itu sendiri, diantaranya :

  • Dapat mencegah penyakit kanker
  • Melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui
  • Menyehatkan mata
  • Mencegah pendarahan pada rahim sekaligus dapat melancarkan persalinan
  • Dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pada wanita maupun pria.

Cara Konsumsi Kurma Muda

Cara Konsumsi Kurma Muda
Mengonsumsi Kurma Muda dan Khasiatnya

Bagaimana Mengonsumsi Kurma Muda Dengan Baik?

Jika di atas kita sudah berbicara khasiat kurma muda bagi kesehatan dan program hamil, kini ada beberapa cara konsumsi kurma muda yang benar. Hal ini tentu saja penting bagi Kamu yang ingin mendapatkan khasiatnya. Berikut beberapa metode mengonsumsi kurma muda :

1. Dikonsumsi Secara Langsung

Langsung memakan kurma muda adalah salah satu cara konsumsi kurma muda paling mudah dan praktis. Meskipun kurma muda belum matang, tapi buah ini dapat dimakan langsung dan tentu saja Kamu tidak akan mendapatkan efek samping yang berbahaya. Asalkan Kamu tahan dengan rasanya yang agak sepat.

Buah kurba yang masih muda memiliki kandungan hormon botosin untuk meningkatkan proses gerak peristaltik pembuluh darah serta pada dinding rahim. Selain itu, kandungan kurma kuda juga bisa membantu meningkatkan kesuburan rahim wanita.  Banyak orang berpendapat, jika pria yang ingin mengonsumsi buah kurma muda sebaiknya yang warnanya merah. Sedangkan bagi wanita sebaiknya pilih buah kurma berwarna hijau atau kuning.

Cara konsumsi kurma muda secara sunnahnya, sebaiknya makan kurma dengan hitungan ganjil. Adapun waktu terbaik mengonsumsi buah kurma muda ialah 1-2 jam sebelum Kamu berhubungan bersama pasangan. Sementara bagi wanita, waktu mengonsumsi buah kurma muda terbaik ialah sesudah beres masa menstruasi dan ketika masa subur.

2. Kurma Muda Bubuk

Produk kurma muda bubuk biasanya dibuat dari buah kurma muda yang berwarna hijau dan digiling dan dijadikan serbuk atau bubuk dengan tekstur sangat lembut. Mengingat bentuknya sudah serbuk atau bubuk, Kamu tentu saja dapat mengonsumsinya lebih mudah. Kamu dapat menambahkan bubuk buah kurma muda tersebut pada minuman seperti jus atau susu. Bubuk kurma ini juga dapat langsung diseduh menggunakan air matang.

Jika Kamu kesulitan memperoleh bubuk kurma yang masih muda, Kamu dapat membuatnya di rumah sendiri. Adapun cara konsumsi kurma muda bubuk dan cara membuatnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan belah buah kurma terlebih dahulu, dan keluarkan bijinya. Silahkan potong kasar bagian daging buahnya, lalu jemur tepat di bawah paparan sinar matahari. Apabila Kamu kesulitan memotong atau membelah kurma, Kamu bisa menumbuknya memakai coet dan mutu.
  • Jemur buah kurma muda dalam waktu 5-10 hari biasanya tergantung cuaca. Jika kurma muda yang Kamu jemur sudah kering dan gampang hancur saat ditekan, kurma pun sudah siap untuk diolah.
  • Selanjutnya persiapkan mixer, lalu masukkan kurma muda kering tadi. Silahkan atur kecepatan pada mixer dengan kecepatan rendah agar bubuk yang diperoleh tidak menghasilkan minyak.
  • Ayak bubuk buah kurma sampai Kamu mendapatkan hasil bubuk terhalus. Jika bubuk kurma kasar masih banyak tersisa, tinggal blender dan ayak kembali. Kamu bisa melakukan proses ini hinga berulang kali sampai seluruh bubuk pada buah kurma habis.
  • Kamu dapat memanfaatkan kurma buatanmu kapan saja sesuai kebutuhan.

3. Menyeduh Buah Kurma Muda

Cara konsumsi kurma muda berikutnya ialah bisa dengan cara menyeduhnya. Apabila Kamu sudah memiliki buah kurma bubuk, tinggal menyeduhnya saja. Agar rasanya lebih nikmat dan enak, Kamu bisa menambahkan susu, perasan air jeruk lemon atau madu urni. Kamu dapat mencampurkan bubuk ini juga dengan aneka makanan dan minuman lain. Namun pastikan sedikit saja agar rasa alaminya tetap dijaga.

4. Seduhan Kurma Muda

Kamu juga bisa mengonsumsi buah kurma muda dengan cara menyeduh atau merebusnya. Kurma muda sebenarnya sama saja dengan obat herbal pada umumnya, dimana Kamu dapat mengonsumsinya dengan direbus. Adapun takarannya ialah, silakan merebus 7 butir buah kurma muda ke dalam 1,5 gelas air. Silahkan rebus sampai tekstur buah kurma lembek. Kamu dapat langsung meminum air rebusan kurma atau ditambahkan dengan madu terlebih dulu.

5. Jus Buah Kurma Muda

Selain direbus, Kamu juga bisa membuat jus buah kurma. Campurkan kurma muda ke dalam air dengan madu/gula agar rasanya manis. Kamu juga dapat mencampurkan sayur dan buah yang sekiranya pas jika dipadukan dengan kurma muda. Cara konsumsi kurma muda yang satu ini juga sangat mudah dilakukan.

6. Mencampurkan Kurma Muda Dengan Sayuran

Agar lebih kaya vitamin dan lebih sehat, Kamu dapat membuat jus buah kurma dengan aneka macam sayuran dan buah-buahan. Misalnya saja, Kamu bisa mencampurkan wortel, apel, tomat dan kurma muda. Semua sayuran dan buah-buahan yang dicampurkan ini menghadirkan cita rasa lebih kuat, karena rasa kurma mudanya tidak akan terlalu sepat.

7. Semangka dan Kurma

Cara konsumsi kurma muda lainnya juga bisa dijus dengan campuran buah semangka. Selain baik untuk program kehamilan, campuran semangka dan kurma muda juga sangat baik untuk mengatasi sembelit, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan saluran cerna. Oleh karena itu, jus semangka dan kurma ini dapat diminum oleh banyak kalangan, dari usia anak-anak sampai lansia.

Itulah beberapa cara konsumsi kurma muda dan manfaatnya yang dapat Kamu rasakan dengan jika dimakan secara rutin dan teratur.

Related posts