Cara Klaim Token Listrik Gratis

Cara Klaim Token Listrik Gratis
Mengklaim Token Listrik Gratis

Bagaimana cara klaim token listrik gratis? Ya, saat ini Pemerintah Indonesia memang sedang gencar-gencarnya memberikan subsidi token listrik. Subsidi listrik gratis diberikan kepada pelanggan atau pemilik rumah yang menggunaka listrik 450 VA. Sementara bagi pengguna listrik sebesar 900 VA mendapatkan subsidi gratis 50%-nya saja.

Hal ini tentu saja memberikan angin segar, hususnya untuk warga yang kurang mampu. Jadi tidak akan direpotkan oleh biaya tagihan listrik hingga 3 bulan penuh. Maka dari itu, bagi  pengguna listrik yang dimaksudkan di atas wajib mengetahui cara klaim token listrik gratis untuk mendapatkan keuntungannya.

Read More

Cara Mengetahui Pelanggan Non Subsidi atau Subsidi

Sebenarnya ada 2 pilihan cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui status pelangganmu, apakah Kamu termasuk ke dalam pelanggan non subsidi atau subsidi. Salah satunya ialah dengan melihat struk pembelian atau pembayaran pulsa listrik terakhir. Selanjutnya Kamu bisa mengecek melalui web www.pln.co.id.

Adapun pada cara kedua, Kamu bisa mengunjungi link PLN terlebih dahulu. Jika sudah terbuka, langkah selanjutnya tinggal menginputkan ID pelanggan atau nomor meteran di tab “Identita Pelanggan” lalu tekan “Cari”. Silahkan tunggu beberapa lama sampai Kamu muncuk kotak dialog. Pada kotak dialog ini biasanya akan terdapat informasi apakah Kamu termasuk pelanggan subsidi atau non subsidi.

Cara Klaim Token Listrik Gratis

Cara Klaim Token Listrik Gratis
Mengklaim Token Listrik Gratis

Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

Seperti kita ketahui, ada 2 tipe pelanggan PLN sekarang ini adalah pelanggan pascabayar dan prabayar. Pelanggan pascabayar biasa disebut sebagai pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan. Ini artinya, pelanggan ini harus memakai listrik di rumahnya terlebih dahulu, baru kemudian melakukan pembayaran tagihan berdasarkan besarnya jumlah penggunaan.

Dimana kebijakan subsidi token listrik yang diberikan pemerintah tersebut tentunya berlaku bagi kedua tipe pelanggan tersebut. Para pelanggan pascabayar pastinya akan menerima subsidi dengan cara tidak akan mendapatkan tagihan hingga 3 bulan lamanya bagi pengguna daya 450 VA. Sementara bagi pengguna 900 VA sendiri tetap mendapat tagihan hanya 50%-nya saja.

Lalu, bagaimana dengan pengguna listrik prabayar, apakah harus melakukan pembelian token listrik lebih dulu? Bagi pengguna token listrik, Pemerintah memberikan token listrik gratis sesuai pemakaian maksimal hingga 3 bulan terakhir. Namun untuk mendapatkannya Kami wajib mengikuti prosedur yang telah ditetapkan PLN.

Sebenarnya untuk cara klaim token listrik gratis sendiri sangat mudah, Kamu dapat melakukannya langsung lewat web PLN atau WhatsApp. Akan tetapi, sebelumnya Kamu harus perhatikan beberapa hal berikut :

  • Bagi pelanggan dengan daya listrik sebesar 450 VA mendapatkan subsidi listrik penuh dari pemerintah
  • Subsidi bagi pengguna listrik 900 VA biasanya hanya berlaku 50%-nya saja. Tapi, pengguna listrik ini mempunyai 2 kategori, diantaranya subsidi (R1) atau mampu (R1M) yang dapat diketahui melalui struk tagihan pembayaran listrik PLN.
  • Pengguna listrik 900 VA dengan subsidi 50% hanya berhak bagi pengguna yang berkategori R1.

Mengklaim Token Gratis PLN

Jika Kamu ingin mendapatkan token gratis PLN untuk pelanggan subsidi, maka ada 2 cara klaim token gratis PLN yang bisa Kamu coba. Berikut ini ulasannya :

1. Mengakses Web Resmi

Cara klaim token gratis PLN yang dapat dilakukan pertama kali ialah dengan masuk ke situs web resmi PLN. Di pencarian Google, Kamu tinggal ketikkan saja link PLN berikut untuk memasuki laman web resmi PLN. Jika sudah masuk, Kamu tinggal memilih web layanan.

Selanjutnya ketuk menu pelanggan. Jika sudah masukkan nomor meteran atau ID di kolom yang tersedia. Sesudah itu, Kamu tinggal pastikan nomor yang sudah dimasukkan sudah benar. Selanjutnya akan muncul subsidi token gratis di layar. Jika ingin menginputkan kode token, pakai ID pelanggan seperti ketika Kamu mendaftar pertama kali.

2. Memakai WhatsApp

WhatsApp bisa dikatakan sangat membantu proses chatting atau perpesanan. Jadi wajar bila banyak orang memilih aplikasi WhatsApp sebagai solusi dan alternatif untuk chatting. Salah satunya berguna bagi cara klaim token gratis. Jika Kamu ingin mendapatkan token via WhatsApp, caranya tinggal menghubungi 08122123123.

Dengan otomatis, pesanmu akan langsung dibalas. Silahkan baca pesan dan ikuti instruksi yang diminta. Umumnya mereka meminta mengetikkan angka 1 untuk melanjutkan proses. Lalu, Kamu diminta melakukan pengisian nomor ID pelanggan atau nomor KWh. Jika tokenmu sesuai syarat yang sudah ditetapkan, Kamu pun sudah bisa menggunakan token gratis tersebut.

Jika Kamu memakai daya 450 VA, tentu saja Kamu tak perlu lagi khawatir soal pembayaran listrik. Sementara bagi pengguna daya 900, dapat menggunakan diskon 50%. Akan tetapi, bagi pemilik daya listrik lebih dari 900 VA, Kamu tidak dapat memperoleh diskon atau gratis token.

Cara Klaim Tagihan Listrik Bukan Token (Pascabayar)

Bagaimana untuk meteran yang bukan memakai sistem token, melainkan dengan sistem tagihan (pascabayar)? Untuk pelanggan yang menggunaka sistem pelanggan, maka pihak PLN dengan otomatis tidak akan menagih pembayaran listrik.

Keuntungan Menggunakan Token Listrik

Selain cara klaim token listrik gratis, penggunaan token listrik bagi para pengguna listrik PLN juga memiliki keungulan tersebut. Dimana sebelum memakai listrik pada layanan ini, biasanya pelanggan harus melakukan pembelian pulsa atau voucher dengan jumlah tertentu.

Adapun jumlah nominal yang bisa dibeli sangat bervariasi tergantung dari kebutuhan masyarakat, dengan nominal mulai Rp. 20 ribuan. Sesudah itu, para pelanggan akan memperoleh 20 digit nomor token yang nantinya harus dimasukkan pada Kwh Meter dan bernama Meter Prabayar.

Berikut beberapa keuntungan memakai token listrik jika dibandingkan pelanggan pascabayar, diantaranya :

1. Sesuai Dengan Anggaran Belanja

Nominal pulsa listrik yang bervariasi memberikan keleluasaan untuk melakukan pembelian listrik sesuai kemampuan. Hanya dari Rp. 20 ribuan saja, para pelangan pun sudah dapat menikmati layanan listrik. Jadi sangat cocok bagi yang memiliki budget terbatas.

2. Penggunaan Listrik Menjadi Terkendali

Sesuai dengan jargonnya “Listrik Pintar”, yaitu pengguna listrik diajak lebih pintar sekaligus bijak untuk mengatur pemakaian listrik itu sendiri. Dimana sistem prabayar biasanya memungkinkan para pelanggan untuk memantau dan mengatur pemakaian listrik setiap waktu sesuai dengan kebutuhan.

Di laya MPB, biasanya akan tertera informasi berupa informasi Kwh yan akan imasukkan dan yang telah terpakai, yang sedang digunakan dan sisa Kwh yang ada. Melalui hal tersebut, pelanggan pun lebih sadar banyaknya neergi listrik yang dipakai selama jangka waktu tertentu.

3. Lebih Disiplin Membayar Listrik

MPB menawarkan salah satu fitur berupa pengingat alarm Kwh otomatis yang akan langsung menyala saat pulsa listrik sebentar lagi habis. Sehingga, Kamu tidak akan pernah lupa melakukan pembelian voucher listrik. Dengan menggunakan token listrik ini, Kamu menjadi lebih disiplin melakukan pembayaran listrik.

4. Terbebas dari Biaya Denda

Seperti kita ketahui, bahwa dengan menggunakan layanan listrik token, Kamu bisa melakukan pembayaran listrik dengan tepat waktu. Alhasil sistem yang satu ini bisa membuatmu lebih disiplin seklaigus mendukung upaya penghematan. Menariknya lagi, Kamu tidak akan dikenakan denda tambahan yang disebabkan oleh keerlambatan pembayaran listrik.

Nah, itulah beberapa tahapan cara klaim token listrik gratis yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Related posts