Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Car Klaim Asuransi Mobil
Cara Mengklaim Asuransi Mobil

Bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet? Ya, ramainya lalu lintas yang ada di jalanan tak jarang menimbulkan beberapa resiko yang terjadi tanpa disengaja. Seperti tanpa sengaja membuat mobil menjadi lecet atau tergores oleh pihak lain, maka dari itu klaim asuransi mobil yang mudah dapat membantumu untuk melakukan cover mobil yang lecet.

Seperti kita ketahui, biaya perawatan dan kerusakan mobil yang tidak sedikit memungkinkan banyak orang untuk membeli asuransi kendaraan. Karena asuransi kendaraan inilah yang nantinya dapat membantumu mengatasi persoalan mobil yang lecet.

Read More

Oleh karenanya bisa meringankan anggaran yang perlu dikeluarkan untuk memperbaiki atau memoles bagian bodi mobil agar mulus kembali. Sebab kita terkadang tidak dapat memprediksi hal-hal yang terjadi saat berkendara. Bahkan parahnya lagi, saat mobil tengah diparkir sekalipun, bisa saja tanpa sengaja mobil lecet karena tersenggol oleh kendaraan yang melintas.

Karena alasan itulah, penting sekali bagi Kamu untuk mendaftarkan mobilmu ke pihak asuransi mobil yang dapat menanggung beberapa resiko yang bisa terjadi pada kendaraanmu. Selain itu, saat Kamu memilih asuransi pastikan untuk mengetahui cara klaim asuransi mobil lecet. Jadi jangan sampai seharusnya Kamu menerima manfaat asuransi justru asurans tidak terpakai akibat salah prosedur.

Macam-Macam Asuransi Mobil

Jenis asuransi kendaraan yang ditanggung sendiri dibedakan sesuai premi asuransi yang dibayarkan nasabah. Pada umumnya, asuransi mobil itu sendiri terdiri dari 2 jenis, diantaranya asuransi TLO (Total Lost Only) dan All Risk. Ketika Kamu hendak memilih mana jenis asuransi yang diambil, maka Kamu selaku nasabah harus menentukan pilihan asuransi sesuai tingkat resiko dan kebutuhan. Ini dia penjelasan kedua macam asuransi mobil tersebut :

1. Asuransi All Risk

Adalah jenis asuransi yang tidak hanya melindungi pemilik mobil dari kerugian yang disebabkan oleh kehilangan total saja, tetapi juga bisa menanggung resiko terkait segala bentuk kerusakan. Seperti kerusakan ringan sampai berat, tak terkecuali kerusakan lecet di bagian badan mobil.

Apabila resiko kendaraanmulebih tinggi mengalami lecet atau rusak akibat tersenggol oleh motor atau menabrak tembok, sebaiknya Kamu memilih jenis all risk untuk menaggung seluruh jenis kerusakan.

2. Asuransi Total Lost Only

Sesuai namanya, jenis asuransi TLO (Total Lost Only) hanya memproteksi tertanggung selaku pemilik mobil terhadap resiko kerugian yang disebabkan oleh kehilangan total. Adapun kehilangan total yang dimaksud ialah ketika kondisi kendaraan mengalami kerusakan setidaknya 75% atau mengalami kehilangan akibat aksi pencurian. Jenis premi asuransi ini umumnya lebih terjangkau bila dibandingkan asuransi all risk.

Dengan kata lain, apabila mobilmu mengalami benturan sehingga mengakibatkan lecet atau tergores di badan mobil, Kamu tidak akan mendapatkan klam asuransi jenis ini.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Car Klaim Asuransi Mobil
Cara Mengklaim Asuransi Mobil

Mengklaim Asuransi Mobil Lecet dan Prosedurnya

Jika Kamu mempunyai asuransi mobil, sebaiknya jangan lupa pahami bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet. Hal tersebut penting, agar ketika mobilmu menglami lecet, maka Kamu pun akan mendapatkan manfaat maksimal. Berikut prosedur yang harus dilakukan saat ini terjadi, dan tentu saja Kamu sudah memiliki asuransi All Risk sebelumnya :

1. Menghubungi Perusahaan Asuransi

Langkah cara klaim asuransi mobil lecet yang pertama ialah, Kamu harus menghubungi pihak asuransi terlebih dahulu jika Kamu hendak mengklaim asuransi kendaraanmu. Kamu bisa menghubungi baik lewat email atau telepon. Hanya saja untuk email sendiri biasanya tidak akan langsung dibalas, melainkan sehari sesudah Kamu mengajukan klaim.

Akan tetapi selain menghubungi pihak asuransi, Kamu juga bisa menghubungi pihak kepolisian jika kendaraanmu mengalami kecelakaan atau tidak hanya sekedar lecet. Namun yang jelas, asuransi adalah pihak yang harus mengetahui kejadian yang menimpa kendaraanmu tersebut.

2. Menyertakan Foto Sebagai Bukti

Jika Kamu menghubungi layanan asuransi dan langsung dibalas, pihak asuransi biasanya tak akan langsung menyetujui pengajuan klaim asuransi. Sebab mereka memerlukan berbagai macam bukti untuk menunjukkan adanya kerusakan pada mobilmu. Dimana foto tersebut ialah foto kondisi kendaraan atau mobilmu yang lecet akibat dari kejadian yang tak terduga, misalnya seperti disenggol oleh pengendara lain atau kecelakaan.

Menyertakan bukti foto kerusakan tersebut snagat penting untuk merekam kondisi mobil secara riil sesdah kecelakaan. Terlebih jika benturan atau kecelakaan mengakibatkan kerusakan parah pada mobil. Jika dibutuhkan, Kamu juga bisa menyertakan foto bukti tersebut ke pihak kepolisian.

3. Pengisian Formulir Pengajuan Klaim

Meskipun kita terkadang tak begitu menyukai masalah administrasi, namun pengisian formulir untuk pengajuan klaim ialah hal paling penting. Sebab cara klaim asuransi mobil lecet ini biasanya berdasarkan pada kelengkapan administrasi. Kareanya formulir adalah bagian yang paling mendasar.

Biasanya formulir tersebut ikut memuat pertanyaan tentang apa yang tertanggung alami. Sehingga pastikan Kamu melakukan pengisian formulir secara teliti, dan wajib sesuai fakta. Selain itu, Kamu juga harus melengkapi pengisian dan pastikan jangan ada yang Kamu lewatkan. Jika Kamu semakin lengkap mengisinya, maka akan semakin detail dan jelas pula informas yang Kamu berikan ke pihak asuransi. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkanmu mempermudah proses pengajuan klaim.

4. Lengkapi Semua Dokumen Persyaratan Klaim

Ketika Kamu mengajukan klaim, maka pihak asuransi meminta para nasabahnya untuk mempersiapkan beberapa dokumen penting ke dalam persyaratan. Kamu harus benar-benar memperhatikan cara klaim asuransi mobil lecet ini sebab jika terjadi saja kesalahan, bisa saja klaim yang Kamu ajukan akan sulit disetujui pihak asuransi.

Adapun kelengkapan dokumen yang dimaksud, diantaranya seperti fotokopi polis asuransi, formulir klaim, STNK, Surat Keterangan Polisi, fotokopi SIM, dan sertakan pula dokumen pertanggungjawaban dari pihak ketiga jika ada.

5. Gambarkan Kronologi Kejadian Dengan Jelas

Kamu bisa memberikan informasi dengan selengkap rutin berdasarkan krnologi kejadian yang memicu lecet di badan kendaraan. Karena bisa saja selain dengan formulir serta kelengkapan dokumen, untuk mendukung pengajuan klaim asuransi mobil disetujui, harus menggambarkan kronologi kejadian secara runut. Karena biasanya Kamu akan diwawancarai dan pastikan pula Kamu mendeskripsikan kronologi kejadian kecelakaan mobilmu dengan sebenarnya.

6. Pilih Bengkel Rekanan Asuransi

Banyak para nasabah asuransi yang mengabaikan cara klaim asuransi mobil lecet yang satu ini. Padahal supaya Kamu tidak merugi, sebaiknya pilih bengkel mitra/rekanan dari perusahaan asuransi mobil yang Kamu pilih untuk perbaikan. Biasanya sesudah pelaporan selesai, nasabah ingin langsung membawa kendaraan mereka ke bengkel mobil langganan atau terdekat saja.

Apabila Kamu telah melakukan prosedur dengan jelas seperti ditas, Kamu harus menunggu dengan sabar hasil pengajuan klaim asuransimu. Karena biasanya pihak asuransi akan menyurvei kondisi mobilmu terlebih dahulu untuk memproses pengajuan. Selain itu, hal tersebut juga bertujuan sebagai bukti kebenaran klaim, karena mereka akan langsung mengecek kondisi mobil sendiri.

Sesudah itu, perusahaan asuransi pun akan langsung mengeluarkan SPK (Surat Perintah Kerja) yang dijadikan surat pengantar melakukan perbaikan kendaraan di bengkel.

Ya, meskipun prosedurnya tidak gampang tapi cara klaim asuransi mobil lecet ini sebenarnya penting sekali bagi Kamu yang masih belum mampu menyisihkan modal untuk perbaikan dan perawatan mobil.

Related posts