Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic
Cara Mengendarai Mobil Matic

Bagi orang yang baru pertama kali mengendari mobil matic akan kebingungan tentang cara mengendarai mobil matic tersebut. Namun kamu jangan khawatir karena ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan saat berkendara.

Mobil keluaran tahun-tahun terakhir ini, banyak yang menggunakan teknologi matic yang merupakan kependekan dari automatic. Dengan teknologi yang canggih, sederhana dalam pengoperasiannya dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Berbeda dengan mobil manual yang mungkin sedikit perlu waktu untuk memahami tuasnya, di mobil matic kamu bisa dengan cepat memperlajarinya.

Read More

Banyaknya mobil dengan transmisi matik, membuat beberapa orang yang ingin belajar mengemudi memilih mobil matic untuk jadi kendaraan pribadinya. Sebagian orang menganggap cara mengemudi mobil matic tergolong mudah, karena mobil jenis tersebut hanya ada dua pedal yaitu gas dan rem. Dikarenakan hanya ada dua pedal, mobil matic dianggap tidak membuat cepat letih, khususnya bagian kaki kiri karena tak perlu menginjak pedal kopling secara terus menerus.

Tips Berkendara yang Baik

Untuk menjadi pengendara yang baik, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut :

Fokus

Sebelum kamu mulai mengendarai mobil matic, pastikan bahwa kamu sudah fokus dengan situasi yang ada di jalan raya. Hindarkan diri kamu dari kelelahan ataupun rasa ngantuk. Karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Memahami Transmisi

Hal yang harus dipahami bagi pemula saat menggunakan mobil matik adalah posisi dan urutan pada tuas transmisi. Hal ini harus kamu pahami hingga di luar pikiran, sehingga tidak ada salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya.

Kenali Fitur Mobil

Yang perlu kamu pelajari juga adalah fitur-fitur yang ada di mobil kamu. Tidak hanya tuas transmisi, namun kamu juga harus memahami letak dan fungsi tombol lampu sign, klakson, dan beberapa tombol lainnya.

Pahami Rambu Lalu Lintas

Nah sebelum terjun ke jalan juga kamu harus memastikan diri kamu siap. Siap dalam artian kamu sudah memahami arti dan makna tiap rambu lalu lintas yang ada. Untuk meminimalisir kecelakaan yang ada dan juga pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Semangat Berlatih

Hal yang selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus semangat dan giat dalam berlatih mengemudi mobil matic. Agar kamu bisa dengan cepat menguasai mobil dan situasi di jalan raya.

Jangan Panik!

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula saat belajar mengemudi mobil matic ialah panik. Bertemu dengan truk atau bis besar, panik dan timbul perasaan cemas ataupun khawatir.

Begitu juga saat salah injak rem atau memindahkan transmisi, jangan panik! Tetap tenang, rasa cemas justru bisa membuat konsentrasimu buyar. Ambil napas dalam-dalam dan konsentrasi dengan langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic
Cara Mengendarai Mobil Matic

Bagi kamu yang ingin mencoba mengendarai mobil matic namun tidak mengetahui cara mengendarai mobil matic. Kami punya solusi yang bisa kamu coba untuk mulai belajar mengendarai mobil matic.

1. Pastikan Tuas di Posisi P atau Parkir

Sebelum kamu memulai mengemudi di mobil matic, pastikan dahulu bahwa tuas berada diposisi yang benar sebelum mulai starter dan mengemudi. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. Jika posisi tuas berada di posisi selain P dan N bisa dipastikan bahwa mobil tidak akan bisa dinyalakan.

2. Jangan Langsung Starter

Jika kamu sudah menaruh kunci pada tempatnya, pastikan jangan menyalakan mesin terlebih dahulu. Namun, pastikan dahulu untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic biasanya untuk memberi indicator telah menyala dan kelistrikan sudah hidup maka mobil akan memberikan suara. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka kamu sudah bisa menyalakan mesin mobil tersebut.

3. Injak Rem Sebelum Starter

Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika kamu tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika sedang menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan dahulu kamu mengetahui jenis kendaraan yang kamu gunakan.

4. Injak Rem Saat Pindahkan Tuas

Jika mesin sudah menyala dan kamu sudah memastikan langkah-langkah sebelumnya sudah aman. Kamu sudah bisa memulai untuk memindahkan tuas ke posisi R atau ke posisi D. Tergantung darimana kamu akan keluar.

Pada mobil matic memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, dan juga M. Namun ketika kamumemindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menginjak pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

5. Pahami Fungsi Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pastikan kamu sudah memahami secara betul setiap fungsi dari transmisi sebelum mengendarai mobil matic. Selain memberikan rasa aman saat berkendara jika kamu sudah memahaminya, kamu juga akan terhindar dari kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi.

6. Gunakan Mode Berkendara

Kini berbagai mobil matic bahkan sudah dilengkapi dengan riding mode. Kamu bisa memilih mode yang sesuai salah satunya adalah mode ekonomis. Mode yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matic. Jika kamu ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, bisa menggunakan mode sport. Mode yang satu ini akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal.

7. Gunakan Transmisi Manual

Biasanya mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, kamu tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling. Kamu hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi M atau manual. Jika sudah dan kamu ingin berpindah gigi, kamu cukup menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan juga tuas (-) untuk mengurangi gigi.

Untuk menambah ataupun mengurangi gigi pada sistem manual mobil matic ini kamu hanya perlu menginjak rem. Jadi cukup mudah untuk kamu gunakan dan berkendara dengan nyaman.

Itulah beberapa cara mengendarai mobil matic yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Namun sebelum kamu mulai berkendara di jalan raya, pastikan bahwa kamu sudah memahami betul rambu-rambu lalu lintas dan juga tetap selalu waspada.

Related posts