Cara Kerja Kartu Kredit

Cara Kerja Kartu Kredit
Bagaimana Kartu Kredit Bekerja?

Penggunaan kartu kredit di tengah-tengah masyarakat memang sudah cukup luas. Setiap pemegang kartu kredit memiliki alasan tersendiri, kenapa mereka harus menggunakan kartu kredit. Selain karena kemudahan, kartu rkedit menawarkan berbagai macam fitur menarik. Inilah salah satu daya tarik kartu kredit. Selain itu, sebelum Kamu memutuskan membuat kartu kredit, tentu saja harus tahu dulu bagaimana cara kerja kartu kredit itu sendiri.

Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dalam kartu kredit, pastinya sangat dipengaruhi kemajuan teknologi. Hal inilah yang membuat semuanya menjadi tidak merepotkan dan serba cepat, inilah yang diharapkan sebagian besar masyarakat. Namun sebelumnya mari kita bahas secara detail tentang kartu kredit itu sendiri.

Read More

Ketahui Definisi Kartu Kredit

Kartu kredit termasuk salah satu alat pembayaran alternatif untuk menggantikan fungsi uang tunai. Dimana alat yang satu ini biasanya dapat dipakai di tempat-tempat atau merchant yang menerima pembayaran memakai kartu kredit.

Definisi kartu kredit sendiri ialah salah satu produk finansial dari pihak perbankan yang dapat membantu para pengguna/pemiliknya untuk melakukan transaksi, hanya saja berbentuk peminjaman sejumlah uang dari bank dalam waktu singkat seperti halnya kredit.

Kamu bisa mendapatkan kartu kredit dengan cara mengisi formulir pengajuan pembuatan kartu kredit. Apabila pengajuanmu diterima, Kamu akan mendapatkan kartu kredit yang sudah memiliki limit pinjaman tertentu.

Cara Kerja Kartu Kredit

Cara Kerja Kartu Kredit
Bagaimana Cara Kartu Kredit Bekerja?

Bagaimana Cara Kartu Kredit Bekerja?

Jika Kamu memutuskan untuk membuat kartu kredit, cara pertama yang bisa Kamu lakukan ialah dengan mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit ke pihak bank yang menerbitkannya. Hal terdapat dapat dilakukan dengan mendatangi perbankan lalu membawa semua persyaratan sesuai permintaan pihak bank. Untuk pengajuan kartu kredit, pihak bank biasanya melakukan tahapan proses pengajuan aplikasi.

Biasanya tahapan proses aplikasi tersebut meliputi, vereifikasi data beserta persyaratan dan terakhirsurvei. Untuk pengajuan kartu kredit sendiri, pihak bank memerlukan waktu selama 14 hari sampai akhirnya pihak bank menerbitkan kartu kreditmu setelah disetujui. Selain itu, tentu saja Kamu juga sebelumnya harus mengetahui cara kerja kartu kredit.

Mekanisme Kerja Kartu Kredit : Transaksi yang Dilakukan

Transaksi yang dilakukan memakai kartu kredit pada dasarnya ialah proses yang bisa dikatakan cukup kompleks dan rumit, hal tersebut biasanya melibatkan berbagai pihak di setiap transaksi yang dilakukan. Dalam cara kerja kartu kredit itu sendiri, paling tdak, Kamu harus mengetahui siapa saja pihak yang terlibat, diantaranya :

  • Kamu sebagai pemegang dan pemilik kartu kredt.
  • Toko atau merchant tempatmu bertransaksi.
  • Bank yang dipakai pemilik toko.
  • Perusahaan yang menerbitkan kartu kredit.
  • Bank yang Kamu pilih.

Jika Kamu sebagai pemegang produk kartu kredit yang melakukan pembelanjaan atau transaksi di sebuah toko, berikut cara kerja kartu kredit yang dapat dijalankan prosesnya :

1. Memberikan Kartu Kredit ke Kasir Selesai Berbelanja

Jika ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, Kamu tinggal berikan credit card milikmu ke penjaga kasir. Kemudian penjaga tersebut pun langsung menggesek credit card-mu di mesin Electronic Data Capture atau EDC untuk membaca data pada kartu kredit itu sendiri.

2. Mesin EDC Membaca Kartu Kreditmu

Cara kerja kartu kredit selanjutnya, mesin EDC selanjutnya akan membaca  tanda garis magnetik di balik kartumu kemudian mengirimkan data kunci yang ada  di sana, seperti nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, plafon dan lainnya ke pihak bank yang dipakai pemilik toko.

3. Bank Pemilik Toko Menerima Informasi Kartu Kreditmu

Di waktu yang bersamaan, pihak bank bersangkutan menerima berbagai macam informasi pada kartu kreditmu. Hal ini dilakukan untuk memeriksa validasi transaksi yang Kamu lakukan apda saat itu.

4. Pengiriman Informasi ke Penerbit Kartu Kredit

Cara kerja kartu kredit selanjutnya, pihak bank dari pemilik toko akan mentransfer informasi tentang transaksi yang berlangsung dan Kamu lakukan ke pihak penerbit credit card. Baik itu American Express, Visa, atau Mastercard.

5. Pengecekan Validasi Kartu Kredit oleh Penerbit Kartu

Pihak perusahaan yang menerbitkan kartu kredit selnajutnya melakukan penegcekan tentang validasi pada kartu kredit milikmu ke bank penerbit  credit card yang Kamu gunakan. Misalnya Mandiri, BCA, BRI atau BNI.

6. Informasi Dilanjutkan Kembali ke Bank Pemilik Toko

Jika sudah ada konfirmasi pihak bank penerbit kartu kredit yang Kamu pakai, pihak perusahaan yang menerbitkan kartu kredit pun akan langsung melanjutkan informasi ke bank yang dipakai pemilik toko. Setelah itu, transaksi yang Kamu lakukan akan disetujui bank pemilik toko.

Metode Pembayaran yang Ditetapkan Bank

Ketika Kamu sudah melakukan transaksi dengan berbelanja memakai kartu kredit, prosesnya tentu saja masih belum selesai. Karena transaksi tersebut akan tetap berlanjut ke pembayaran yang dilakukan pihak bank sekaligus penagihan kepada pemilik kartu. Ini dia tahapan cara kerja kartu kredit untuk tahap pembayaran :

1. Menandatangani Sliip Pembayaran dari Mesin EDC

Saat bertransaksi belanja di toko yang menyediakan pembayaran kartu kredit, Kamu selanjutnya akan diminta menandatangani slip bukti pembayaran dari mesin EDC. Baru kemudian, slip ini ditagihkan pihak toko ke bank yang dipakai olehnya, selanjutnya bank akan langsung membayarkannya sejumlah nominal yang tersedia di sana.

2. Bank Mengirimkan Tagihan Pembayaran ke Penerbit Kartu Kredit

Di waktu yang bersamaan, bank selanjutnya mengirimkan tagihan atas pembayaran ke perusahaan yang menerbitkan kartu kredit, seperti Visa, American Express atau Mastercard. Kemudian perusahaan yang menerbitkan kartu kreditmu melakukan pembayaran untuk selanjutnya melakukna penagihan ke bank yang Kamu pilih/pakai.

3. Bank yang Kamu Pilih Akan Membayar Tagihan

Bank yang Kamu gunakan selanjutnya membayar sejumlah nominal tagihan ke perusahaan penerbit credit card dan kemudian akan menagihkannya melalui pengiriman tagihan kepada Kamu.

Mengenal Keuntungan Kartu Kredit

Setelah mengetahui cara kerja kartu kredit di atas, Kamu harus tahu keuntungan apa saja yang didapat dengan memakai kartu kredit. Seperti kita ketahui, kartu kredit bisa berguna untukmu, tapi hal ini juga bisa mengancam kestabilan keuanganmu. Untuk memaksimalkan keuntungannya, sebaiknya Kamu harus benar-benar bijak memakainya.

Keunggulan kartu kredit yang utama ialah kemudahan dalam bertransaksi memngingat dengan kartu kredit inilah, Kamu tak perlu harus membawa sejumlah uang cash yang bisa memenuhi dompet. Akan tetapi, selain menawarkan kemudahan, berikut keuntungan kartu kredit :

  • Gampang digunakan dan lebih fleksibel dibawa kemana saja.
  • Penggunaan kartu kredit lebih aman.
  • Pemakaiannya terlindungi.
  • Memungkinkan dapat bertransaksi sekarang, dan baru membayar di kemudian hari.
  • Membantumu untuk membangun history kredit.
  • Terdapat potongan harga hingga bonu tambahan.

Mengenal Kerugian Kartu Kredit

Selain menguntungkan, pemakaian kartu kredit pun bisa membahayakan finansialmu. Terutama jika Kamu tidak memakainya dengan bijak. Ini dia kekurangannya :

  • Jika Kamu tidak bisa membayar tagihan pada kartu kredit dengan tepat waktu, Kamu pun akan langsung dikenakan denda yang bunganya lumayan banyak.
  • Apabila Kamu melewatkan pemmbayaran tagihan secara berulang kali, maka kemungkinan besar Kamu terus terlilit hutang tanpa ada habisnya dengan tambahan denda yang menumpuk.
  • Pemakaian kartu kredit biasanya akan dikenakan tambahan biaya, berupa biaya materai atau biaya tahunan untuk kartu kredit.
  • Jika Kamu memakai kartu kredit untuk transaksi hotel, kemungkinan ada sejumlah dana yang ditahan untuk dijadikan deposit.

Nah, itulah pembahasan cara kerja kartu kredit, keunggulan dan kerugian memakai kartu kredit yang harus Kamu pahami dengan bijak. Sehingga Kamu tidak mengalami kesulitan finansial di masa mendatang.

 

Related posts