Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI? Disaat kondisi mendesak dan di dompet kita sedang kosong tidak ada uang tunai. Kita akan sesegera mungkin untuk mencari ATM dan mencairkan sejumlah uang dari tabungan.

Menabung di Bank memang salah satu cara terbaik dalam menyimpan uang. Karena uang yang dititipkan di Bank lebih terjaga keamanannya dibanding kita menyimpan sendiri di rumah, celengan, ataupun di bawah kasur. Selain itu, dana nasabah yang tersimpan di bank dijamin pula oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, andai kata bank tersebut bangkrut, uang kita akan digantikan oleh LPS.

Read More

Bila kamu adalah nasabah BRI, maka kamu tidak perlu khawatir jika berada dalam kondisi terpepet dan butuh segera mencairkan uang yang ada di tabungan. Sebagai bank BUMN terbesar di Idnonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Alias BRI memiliki jumlah ATM yang sangat banyak dan tersebar di mana-mana.

Hingga hari ini, BRI masih menduduki peringkat pertama sebagai bank dengan jumlah ATM terbanyak. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai angka 15.000. Tak hanya di kota-kota besar, menemukan ATM BRI di desa-desa kecil pun bukan hal yang terlalu susah.

Tips Aman Bertransaksi di ATM BRI

Setelah kamu mengetahi cara mengambil uang di ATM BRI, kamu juga harus tetap selalu menjaga keamanan saat transaksi. Banyak hal atau kasus yang sering terjadi tentang kejahatan cybercrime. Jadi semakin berkembang teknologi, kita juga harus tetap waspada dan selalu menjaga diri. Biar kegiatan penarikan tunai di ATM menjadi aman dan nyaman, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Ganti PIN secara berkala dengan kombinasi yang mudah diingat. Hindari angka-angka yang terlalu umum seperti tanggal lahir.
  2. Masukkan kartu ATM sesuai dengan arah semestinya. Biasanya posisi kartu ATM yang dimasukkan adalah bagian chip berada di sebelah kanan.
  3. Jangan terburu-buru dalam meninggalkan mesin ATM. Periksa semua barang kamu jika menaruh barang di sekitar mesin ATM dan juga periksa kartu ATM kamu jangan sampai tertinggal.
  4. Hafalkan call center ATM BRI. Jika suatu saat kamu ada kendala mendesak seperti kartu tertelan ataupun hal lainnya.
Terkait:  Cara Deposito BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Jika kamu terpepet dalam kondisi tertentu dan butuh segera mencairkan beberapa uang yang ada di tabungan. Jangan khawatir karena BRI mempunyai sejumlah mesin ATM yang tersebar dimana-mana. Lalu bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI?

1. Cari ATM BRI terdekat

Kamu bisa mencari mesin ATM yang terdekat dengan lokasi kamu, bisa dalam bentuk kubikel maupun drive thru.

2. Keluarkan kartu ATM

Setelah kamu mengeluarkan kartu ATM dari dompet kemudian kamu bisa memasukkannya ke mesin. Sebagai rincian, tempat untuk memasukkan kartu ATM ini berupa celah mendatar dengan lear seukuran kartu di sebelah kanan.

3. Pilih Bahasa

Setelah kartu masuk, kamu akan diminta untuk memilih bahasa pengantar, bahasa Indonesia dan Inggris. Silahkan kamu pilih sesuai kemampuan kamu dalam berbahasa.

Ketika sudah selesai dengan pilihan bahasa, kamu akan secara otomatis melihat tampilan mesin dengan menampilkan tips bertransaksi aman di ATM. Tidak ada pilihan pada saat tampilan ini, kamu bisa menekan tombol untuk “Lanjutkan”

4. Masukkan PIN

Kemudian, mesin ATM akan mengarahkan kamu untuk memasukkan PIN kartu ATM kamu. PIN akan kamu dapatkan bersama dengan saat menerima kartu ATM disaat kamu membuka rekening di Bank. Pastikan kamu sudah memasukkan nomor PIN kamu dan jangan sampai salah.

5. Pilih Jumlah Uang

Langkah berikutnya adalah dengan memilih jumlah uang tunai yang diambil. Layar akan menawarkan pilihan paket pengambilan uang tunai. Jumlah minimalnya bisa sebesar Rp. 50.000,00 atau Rp. 100.000,00, tergantung dari pecahan yang diisi pada mesin ATM tersebut. Angka-angka lainnya berupa kelipatan dari pecahan tersebut. Tekan tombol di sampingnya.

Jika kamu akan menarik uang yang nominalnya tidak sama seperti pilihan yang ditawarkan. Kamu bisa memilih menu yang berada di paling bawah, ‘Transaksi Lain’. Pilih submenu Penarikan Tunai, lalu secara otomatis akan diminta untuk memasukkan jumlah nilai uang yang akan diambil. Masukkan secara manual dengan memencet tombol yang tersedia (ingat, pengambilan tunai hanya berlaku untuk pecahan yang tersedia. Misal untuk pecahan Rp. 100.000,00 Anda hanya bisa mengambil Rp. 100.000,00, Rp200.000,00, Rp. 500.000,00, Rp. 1.000.000,00 dan angka bulat seterusnya). Jika selesai, pilih ‘Lanjutkan’.

Terkait:  Cara Buat Kartu Kredit BRI

6. Tunggu Uang diproses

Sistem akan memproses permintaanmu. Kamu akan mendengar suara mesin yang bersiap-siap mengeluarkan uang. Beberapa detik kemudian, lembaran uang lima puluhan ribu atau seratusan ribu akan keluar. Biasanya kamu juga akan menerima resi transaksi pada saat ini, tetapi sebagian mesin hanya akan menampilkan sisa saldo pada layar.

7. Ambil Uang Kamu

Selesai, ambil uang kamu dan struk jika ada. Periksa uang, struk, kartu ATM dan barang-barangmu jangan sampai ada yang tertinggal di mesin ATM.

Itulah beberapa langkah cara mengambil uang di ATM BRI yang bisa kamu praktekkan. Jangan lupa untuk tetap selalu ingat dan menjaga keamaan saat bertransaksi dimanapun kamu berada.

Related posts