Cara Kerja Google Form

Google Form terask salah satu layanan yang diberikan oleh Google untuk membantu para mahasiswa, siswa, guru hingga perusahaan untuk membuat survei hingga soal-soal ujian dengan mudah. Lalu, bagaimana cara kerja Google Form? Ya, cara kerja aplikasi ini sebenarnya sangat mudah, namun sebelumnya mari kita kenali Google Form lebih dekat lagi.

Google Form Untuk Menjangkau Responden Lebih Banyak

Google Form sebagai fitur atau layanan yang ditawarkan oleh Google, dapat Kamu gunakan untuk membuat pertanyaan seperti kuis, ujian, ingga suvey yan bisa diatur sesuai kebutuha dan keinginanmu. Tak hanya digunakan untuk melakukan survey online saja, tetapi juga dapat menjangkau lebih banyak responden. Selain itu, Google Form bisa menampilkan hasil dari survey dengan akurat, singkat dan ringkas. Layanan ini telah disediakan gratis oleh pihak Google dan bisa diakses secara bebas tapa batasan apapun.

Read More

Apa Saja Kegunaan Google Form?

Sebelum membahas cara kerja Google Form, tahukah Kamu apa saja kegunaan Google Form? Ya, Google Form menawarkan banyak manfaat yaitu untuk memudahkan pekerjaan. Pekerjaan tersebut diantaranya ialah Kamu bisa membuat, kemudian mengumpulkan hingga mengoreksi data-data dengan tepat dan cepat.

Melalui Google Form, Kamu tak perlu berkeliling lagi untuk membagikan angket, memberikan pertanyaan dan bertemu narasumber, mencetak kertas untuk kuisioner dan angket yang membutuhkan biaya cukup mahal dan lainnya. Ini adalah salah satu manfaat teknologi digital dalam mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia.

Kamu cukup menyalin link servey atau pertanyaan yangs udah dibuat di Google Form, kemudian menyebarkannya dan tinggal tunggu hingga angket tersebut telah diisi responden. Sehingga Kamu bisa lebih menghemat uang, waktu dan juga tenaga. Namun yang terpenting ialah data kuesioner yang telah dikumpulkan dijamin keamananya, sebab tidak dapat diakses dan dilihat orang lain.

Cara Kerja Google Form

Cara Kerja Google Form
Bagaimana Cara Google Form Bekerja?

Bagaimana Cara Google Form Bekerja?

Cara kerja Google Form sendiri memang sangat mudah dan cepat. Kamu cukup mempersiapkan satu akun alamat email yang dipakai sebagai identitas kuisioner sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan kuisioner yang sudah diisi. Simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Membuat Pertanyaan atau Kuisioner di Google Form

Jika Kamu ingin membuat Google Form, ada beberapa langkah yang harus diikuti!

  • Silahkan buka link forms.google.com, selanjutnya ketuk blank atau bisa pilih templace.
  • Kemudian dari link ini, Kamu tinggal klik “New” kemudian pilih “Lainya”. Di sebelah Google Forms, Kamu bisa arahkan ke dalam panah kanan lalu ketuk “Blank Form” atau “From a template”.
  • Beri nama pada formulirmu. Tepat di ujung kiri bagian atas, ketuk “Untitled form” alalu inputkan nama baru.
  • Tambahkan deskripsi (opsional), tepat di bawah form, Kamu tinggal menambahkan teks.
  • Kamu juga bisa mengubah tema atau warna background formulir (opsional) dengan klik palette dan pilih tema atau warna.

Kamu bisa menggunakan dan mempelajari fitur “editor” dengan sangat mudah. Formulir buatanmu akan memenuhi ruang di bagian tengah layar, melalui deskripsi dan judul serta kolom formulir. Ketuk bidang formulir jika ingin mengeditnya lalu tambahkan pertanyaan.

Kamu bisa memakai kotak dropdown di samping “field” jika ingin memilih jenis opsi yang diperlukan, seperti kotak centang, pilihan ganda, atau jawaban singkat. Selain itu, Forms juga menyediakan beberapa pilihan pengaturan. Toolbar di samping kanan, memungkinkanmu untuk menambahkan bidang lebih banyak di dalam formulir.

Pada menu bagian kanan ata,s Kamu bisa melihat pratinjau formulir, mengubah skema pada warna form, memakai tombol send jika ingin berbagi formulir, serta akses pilihan tambahan lainnya. Selain itu, Kamu juga bisa berpindah-pindah ke tab Responses dari tab question atau pertanyaan pada editor formulir agar dapat melihat tanggapan sekarang terhadap formulirmu.

Menambahkan Pertanyaan di Google Form

Cara kerja Google Form berikutnya, jika Kamu ingin menambahkan pertanyaan di Google Form, bisa ikuti langkah-langkah ini!

  • Ketuk “Untitled Question”, kemudian masukkan pertanyaan.
  • Jika ingin mengedit jenis pertanyaan, ketuk tanda panah ke bawah.
  • Silahkan tambahkan pilihan respons apabila sesuai pertanyaamu.
  • Ketuk required jika ingin menentukan apakah responden perlu menjawab pertanyaan. Untuk menambahkan pertanyaan lebih banyak, Kamu bisa memilih satu opsi.
  • Kemudian kamu bisa menambahkan pertanyaan yang baru dengan memilih “Add Question”
  • Tambahkan salinan pertanyaan, dengan ketuk “duplicate”.

Sebagai catatan, semua perubahan secara otomatis akan disimpan. Adapun untuk melihat preview perubahanmu kapan saja, silahkan klik “Pratinjau” di bagian kanan atas.

Dalam cara kerja Google Form, setiap fitur meliputi tombol salin digunakan untuk duplikasi form dengan cepat. Selain itu, ada pula tombol hapus serta menu opsi tambahan di bagian kanan.

Kamu bisa mengganti jenis pilihan pertanyaan setiap waktu. Walupun demikian, pengaturan forms biasanya akan diatur secara ulang apabila Kamu beralih pada pilihan ganda, kemudian kotak centang, hingga menu ke dalam jenis pertanyaan yang lainnya.

Mengirimkan Formulir yang Sudah Dibuat di Google Form

Cara kerja Google Form berikutnya, Kamu bisa mengirimkan formulir yang telah dibuat di Google Form. Kemudian kirimkan lewat email, dengan menyalin dan menempelkan link di pesan chat maupun pesan email, di media sosial atau situs web. Berikut panduannya :

  • Di samping kanan atas Google Form, ketuk “send” atau kirim.
  • Untuk mengumpulkan akun email, apabila formulir yang kamu buat terbatas hanya pada lingkungan organisasi/instansimu, Kamu bisa mengumpulkan email anggota di instansimu lalu kirimkan dengan bersamaan.
  • Silahkan pilih metode yang ingin Kamu gunakan untuk mengirimkan formulir.
  • Inputkan akun email di bagian kolom bertuliskan “to” atau “kepada”. Kamu bisa menyesuaikan isi pesan dan subjeknya.
  • Ketuk link bertuliskan “insert link” Kamu bisa mempersingkat link URL. Silahkan klik salin dan tempelkan link ke email atau chat.
  • Jika ingin mengirimkan forms lewat media sosial, cukup klik ikon platform medsos yang akan Kamu gunakan dan tersedia di Form.

Apa Saja Formulir yang Bisa Dibuat di Google Form?

Sekarang ada banyak orang yang memakai Google Form. Aplikasi besutan Google ini memang menawarkan banyak manfaat guna mempermudah pekerjaan banyak orang di berbagai bidang pekerjaan. Berikut beberapa formulir yang bisa dibuat dengan cara kerja Google Form :

1. Formulir Pemesanan

Formulir ini biasanya dibuat pengurus dalam suatu kantor atau organisasi yang akan mengadakan sebuah acara atau melakukan pemesanan barang perusahaa. Kamu bisa membuat formulir untuk pendaftaran pemesaan lewat Google Form. Dengan begitu, Kamu bisa mengetahui jumlah barang secara langsung yang wajib dipesan dan ukurannya. Tujuannya ialah supaya barang yag dipesan dapat menyesuaikan ukuran dan kebutuhan anggota.

2. Formulir Pendaftaran

Bagi yang hendak menyelenggarakan perlombaan online, cara termudah yang dapat dilakukan untuk mendata para pesertanya ialah lewat Google Form. Kamu bisa membuat formulir pendaftarannya terlebih dulu, baru kemudian bisa disebarkan link-nya lewat poster lomba atau media sosial.

3. Formulir Lamaran Pekerjaan

Jika Kamu bekerja di bagian personalia atau staf HRD di sebuah perusahaan, Kamu bisa membuat formulir lamaran pekerjaan online lewat Google Form secara cepat dan praktis. Adapun data yang kamu terima bisa disajikan langsung berbentuk statistik menyesuaikan kebutuhan.

Itulah ulasan tentang cara kerja Google Form mulai dari pembuatan kuisioner hingga membagikan link kepada responden agar secepatnya responden dapat mengisi formulir yang Kamu buat. Untuk edit Google Form, Kamu juga bisa mencoba cara edit Google Form dengan mudah!

Related posts