Cara Kerja DANA

  • Whatsapp

Cara kerja DANA sebenarnya sangat mudah dipahami. Aplikasi DANA adalah sejenis platform dompet digital yang digunakan sebagai alat transaksi untuk mempermudah kita berbelanja, baik dalam berbelanja onlin ataupun offline. Jadi sangat  berguna bagi Kamu yang sering lupa membawa dompet. Jika hal itu terjadi, tinggal pakai aplikasi DANA dan bayar transaksi belanjamu dengan mudah.

Tentu saja, Kamu baru bisa melakukan cara kerja DANA apabila sudah mengunduh aplikasi DANA di ponsel dan melakukan pendaftaran akun. Setelah itu, lakukan pengisian saldo lewat top up menggunakan kartu debit, kredit, transfer bank hingga pembayaran di merchant tertentu seperti minimarket.

Read More

Jadi dengan memakai aplikasi DANA, Kamu dapat membayar tiket cukup dengan menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu datang ke tempat atau lokasi, seperti Blackberry, Bukalapak, Tix.id, Messenger dan lain sebagainya.

Cara Kerja DANA

Cara Kerja DANA
Bagaimana DANA Bekerja?

Cara Menggunakan DANA

Sekarang aplikasi DANA telah menjadi kebercayaa orang banyak dalam melakukan berbagai transaksi elektronik. Adapun kegunaan tersebut diantaranya :

1. Dapat Mempermudah Transaksi

Kehadiran aplikasi DANA memang sangat mempermudah para penggunanya dalam bertransaksi, paling tidak kita tak perlu harus menenteng dompet kemanapun kita pergi. Cukup melakukan pengisian saldo di aplikasi DANA saja, Kamu sudah dapat bertransaksi tanpa perlu mengeluarkan uang dari dompetmu.

Lalu, apakah transaksi di  aplikasi DANA aman dilakukan? Tak perlu khawatir, karena aplikasi yang satu ini sudah aman 100%, jadi jangan takut saldo atau uangmu hilang.

Terkait:  Cara Kerja Kartu Kredit

2. Saldo Dana Untuk Berbagai Transaksi Offline dan Online

Selain dapat digunakan untuk transaksi online, aplikasi DANA juga dapat dipakai untuk melakukan transaksi offline. Ada berbagai macam fungsi aplikasi DANA yang harus diketahui, di bawah ini :

  • Membayar Tagihan Bulanan, Kini Kamu tak perlu repot membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, asuransi, internet, BPJS dan lainya dengan mendatangi outlet pembayaran. Sebab cukup melakukan transaksi pembayaran di DANA saja, Kamu sudah bisa melunasi tagihan bulanan dengan leluasa.
  • Pembelian pulsa, saat Kamu kehabisan pulsa di tengah malam atau di waktu-waktu urgent, kini tinggal melakukan pembelian pulsa saja menggunakan aplikasi DANA.
  • Berbelanja di merchant offline, Kamu juga bisa berbelanja di merchant offline maupun online dengan memakai aplikasi DANA. Mengingat DANA kini telah bekerjasama dengan berbagai merchant.

Adapun cara kerja DANA ketika menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja merchant offline ialah, biasanya penjual meminta nomor Hpmu untuk bertransaksi, dengan begitu akan muncul pemberitahuan jika transaksi sudah berhasil.

Sistem Kerja DANA

Adapun cara kerja DANA saat melakukan transaksi pembayaran, ialah sebagai berikut :

  • Ketika melakukan pembayaran transaksi dengan aplikasi DANA, Kamu hanya perlu meakukan “scan kode QR” yang akan terlihat pada mesin pemindai kode QR.
  • Mesin peminda kode QR yang tersedia di beberapa outlet inilah yang bisa menyelesaikan transaksi pembayaran hanya hitungan detik saja.
  • Cara kerja aplikasi DANA sangat simpel dan mudah, Kamu hanya perlu ketuk “Pay” yang berlogo kode QR terletak di bawah aplikasi.
  • Lalu tempelkan layar ponsel yang berisi kode QR tepat di bagian atas mesin tadi dan inputkan kode pin akun DANA-mu.
  • Aplikasi ini, sistemnya mirip seperti layanan absensi online.

Cara Transfer Uang bebas Biaya Admin Dengan Aplikasi DANA

Jika Kamu ingin mentransfer uang tanpa biaya admin, maka aplikasi DANA bisa menjadi solusinya. Seperti kita ketahui bahwa transfer uang adalah salah satu aktivitas perbankan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Apabila kebetulan orang yang dikirimi uang memiliki akun bank yang sama, tak jadi soal. Lain halnya jika Kamu harus mentransfer uang ke antar bank, maka Kamu akan dikenakan potongan biaya admin sekitar Rp. 6.500 setiap transaksinya.

Terkait:  Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Apabila melakukan transaksi hingga berkali-kali, tentu saja Kamu tinggal mengalikan berapa total biaya admin yang harus Kamu keluarkan dari saldo rekeningmu. Nah,  untuk mengatasi potongan biaya admin tersebut tentu saja Kamu bisa memakai layanan dompet digital seperti DANA. Karena DANA memberikan alternatif tanpa biaya admin atau potongan biaya admin yang sangat terjangkau jika melakukan transfer uang hingga berkali-kali.

DANA adalah layanan dompet digital dengan banyak fitur menarik di dalamnya. Selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan, platform ini juga memiliki layanan send money atau kirim uang dengan biaya transfer gratis ke antar bank. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut :

  • Setelah masuk ke halaman utama DANA, Kamu tinggal masuk ke dalam fitur “Kirim” lalu tap opsi “Kirim”.
  • Terdapat 3 opsi cara transfer uang, diantaranya kirim via chat, kirim cia rekening bank dan kirim via nomor Hp.
  • Seluruh fitur transfer uang di aplikasi DANA dapat dimanfaatkan untuk transfe ruang ke pengguna DANA lainnya, ke bank maupun bagi yang belum memiliki rekening bank sama sekali. Asalkan si penerima telah mengunduh aplikasi DANA sebelumnya.
  • Kamu bisa mentransfer uang secara gratis dengan 10 kali transfer setiap bulannya.
  • Selain bisa transfer lewat akun bank, bisa juga melakukan penarikan uang/saldo DANA melalui transfer ke bank milikmu secara langsung atau lewat agen/merchant seperti Alfamidi, Alfamart, Pegadaian dan DAN+DAN. Kamu tidak akan dikenakan biaya admin untuk penarikan uang atau cashout dalam 10 kali transaksi penarikan.

Keuntungan Aplikasi DANA

Di samping untuk mempermudah saat bertransaksi, DANA juga mempunyai banyak keuntungan bagi para penggunanya. Adapun keuntungannya ialah sebagai berikut :

1. Menawarkan Banyak Promo Menarik

Aplikasi DANA seringkali menawarkan promo menarik kepada para penggunanya. Seperti mendapatkan potongan harga hingga cashback tiap kali melakukan transaksi.

Terkait:  Cara Kerja Google Ads

2. Banyak Merchant yang Bekerjasama Dengan DANA

Tak hanya menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi saja. Tetapi aplikasi DANA juga telah bekerjasama dengan banyak merchant. Kamu juga dapat melakukan transaksi pembayaran di TIX ID, Bukalapak, BBM, Cinema XXI, BNI, Maybank, BCA, BPJS Kesehatan, Reservasi dan Alfamart.

3. Ada Banyak Keuntungan Dengan Upgrade Akun Premium

Jika Kamu dirasa fasilitas dan layanan pada aplikasi DANA masih kurang, Kamu bisa meng-upgrade akun aplikasi DANA ke akun premium supaya menawarkan banyak kelebihan. Kamu akan memperoleh banyak bonus, mulai dari voucher pulsa hingga Rp. 15 ribu, bonus pulsa sebesar Rp. 25 ribu dan voucher TIX ID.

4. Melakukan Barbagai Opsi Pembayaran Tagihan

Jika Kamu ingin melakukan pembayaran berbagai tagihan seperti pembayaran tagihan listrik, air, TV, BPJS, internet, asuransi, telepon pasca bayar, dan cicilan, maka tak perlu lagi repot-repot harus keluar rumah.

Selain itu, aplikasi DANA juga telah menyediakan voucher sebesar 50% jika Kamu memakai pembayaran tagihan dengan nilai maksimal sebesar Rp. 25 ribu.

Bagaimana, sangat mudah kan cara kerja DANA? untuk menggunakan aplikasi DANA, selain praktis juga bisa dibilang sangat aman. Sistem keamanan aplikasi DANA bahkan diketahui sama seperit sistem keamanan pada perbankan. Inilah yang membuat danamu menjadi sangat aman serta dapat melakukan banyak transaksi dengan aman dan nyaman.

Related posts