Cara Cek No Tri

Sering kelupaan nomor ponsel sendiri? Ya, mungkin sudah kodratnya sebagai manusia yang tidak pernah luput dari yang namanya lupa. Namun, tentu saja provider tri punya trik cara cek no Tri tersendiri yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Siapa sih yang nggak kenal provider 3 atau tri? Ya, Tri termasuk salah satu provider telekomunikasi terkenal yang sudah didirikan sejak 2007 silam di tanah air. Perusahaan operator seluler ini beroperasi di bawah PT. Hutchison 3 Indonesia, dengan Hongkong sebagai kantor pusatnya.

Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang menggunakan paket internet dari 3. Sama halnya dengan provider lain, operator seluler 3 juga menawarkan kartu prabayar dan pascabayar bagi untuk para pelanggannya.

Pada tahun 2016 hingga awal tahun 2017, provider 3 telah menyediakan sebanyak 10 jenis kartu 3 prabayar yang bisa dipilih para pelanggannya.

Adapun jenis-jenis kartu prabayar tersebut diantaranya, Ambisiku Always On, Perdana Cinta, Indie+, cengli, Get More, Jumbo, Always On, Sobat, dan Jagoan Internet.

Provider ini juga menghadirkan berbagai pilihan paket internet atau data bagi para pelanggannya yang sudah tersebar hingga di seluruh Indonesia.

Bagi pengguna tri, tentu saja artikel cara cek no tri yang akan Kami bagikan di sini sangat bermanfaat, terutama jika Kamu lupa nomor tri sendiri.

Cara Cek No Tri (3)

Cara Cek No 3
Mengecek No Tri

Berikut ulasan cara cek no tri yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan, diantaranya :

Cara Cek No 3 Via Dial Up

Cara pengecekan nomor 3 sendiri melalui dial up sendiri dapat dilakukan menggunakan tipe Hp apapun. Metode ini juga tidak sampai menyedot pulsa regulermu sama sekali.

Sehingga, jika Kamu kehabisan pulsa reguler/internet, tapi harus melakukan pengisian ulang pulsa dan lupa nomor 3 sendiri, kini tak perlu panik. Cukup membuka ponselmu, dan lakukan cara ini.

  • Untuk mengecek nomor tri sendiri yang terpasang di Hpmu via dial up, Kamu hanya perlu membuka layanan dial up di ponsel lalu tekan *889# dan pilih Call atau OK. Nah, selanjutnya Kamu pun akan mendapatkan nomor tri milikmu pada tampilan awal ponsel.
  • Selain kode dial up yang sudah disebutkan di atas, Kamu juga bisa mengetahui nomor tri milikmu dengan menekan kode dial up di *111*1#. Lalu tekan Panggil. Silahkan tunggu sebentar sampai muncul nomor 3 milikmu. Cara ini sebenarnya tidak hanya berguna untuk mengecek nomor tri sendiri tetapi juga dapat memberikan informasi tentang masa aktif kartu, pulsa, serta bonus yang Kamu miliki.
  • Kamu juga bisa menggunakan cara dial lainnya, dengan menekan *123*2*1# agar mendapatkan informasi tentang nomor Hp, pulsa, masa aktif beserta bonus tri. Selain pengecekan nomor tri, Kamu juga akan mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya dengan mudah.

Jika Kamu ingin mengetahui keterangana tau informasi lain, maka Kamu juga bisa memilih opsi di menu yang tersedia sesuai kebutuhan, baik untuk mengecek informasi masa aktif kartu, kuota data, dan informasi lainnya.

Cara Cek No Tri Via Aplikasi Bima+

Di samping memakai kode dial up yang sudah disebutkan di atas, Kamu juga bisa mengecek nomor tri sendiri dengan menggunakan aplikasi Bima+.

Aplikasi ini juga memungkinkan Kamu untuk mendapatkan informasi tentang kuota kartu, dan sisa pulsa kartu tri yng Kamu gunakan. Adapun langkah-langkah cara cek no tri via aplikasi Bima+ ialah sebagai berikut :

  • Sebelum Kamu menggunakan cara ini, pastikan untuk mendownload aplikasi Bima+ di ponselmu terlebih dahulu. Jika Kamu belum mengunduhnya, silahkan cari aplikasi Bima+ di Google Play Store untuk pengguna android.
  • Jika sudah diunduh, silahkan install aplikasi Bima+ di ponselmu.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan ikuti instruksi atau petunjuk untuk melakukan pendaftaran nomor tri.
  • Sesudah berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis Kamu akan langsung memasuki halaman utama aplikasi Bima+.

Nah dari sini Kamu akan mendapatkan sejumlah informasi mengenai kartu tri-mu, mulai dari nomor Tri, masa aktif kartu, sisa pulsa, sisa kuota, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga fitur-fitur menarik yang bisa Kamu dapatkan dari aplikasi Bima+, seperti promo menarik dair tri dan pembelian kuota/pulsa.

Cara Cek No Tri via Call Center atau Operator

Untuk melakukan pengecekan nomor tri via operator, sebenarnya cukup melakukan panggilan dan langsung saja bertanya ke staf call center. Selanjutnya operator akan menjawab langsung semua pertanyaanmu dengan baik. Sehingga, Kamu tak perlu lagi merasa canggung.

Berikut ada  3 pilihan cara cek no tri dengan menggunakan bantuan operator, diantaranya :

  • Silahkan hubungi nomor 123 menggunakan nomor tri yang Kamu gunakan, lalu ikuti petunjuk/instruksi selanjutnya untuk bisa berbicara dengan layanan customer service. Kamu akan dikenakan biaya Rp. 300 per panggilan bagi pengguna kartu prabayar tri.
  • Kamu juga bisa menghubungi nomor telepon di 089644000123. Setelah itu, silahkan ikuti petunjuk agar bisa berbicara langsung dengan operator. Cara ini dilakukan, jika Kamu ingin mengecek nomor tri sendiri menggunakan nomor operator lain. Adapun tarif yang dikenakan untuk tiap panggilan sesuai ketentuan dari tiap-tiap operator itu sendiri.
  • Selain menghubungi operator, Kamu juga bisa mengirimkan email langsung ke alamat tri yaitu di : [email protected] Kamu bisa mengisi badan email dengan menyertakan tujuanmu untuk mengecek nomor tri, menuliskan nama dan NIK yang sudah terdaftar di kartu 3 milikmu.

Hanya saja, cara yang satu ini membutuhkan kesabaran karena memang balasan atau respon dari operator cukup lambat, sebab email memiliki prioritas yang lebih rendah dibandingkan semua jaringan komunikasi customer service tri.

Adapun keunggulan mengecek nomor tri dengan bantuan operator ini ialah Kamu bisa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk dan pelayanna Tri Indonesia. Kamu juga dapat bertanya langsung mengenai informasi tarif, pengajuan keluhan, dan luas jangkauan jaringan. Ini berlaku jika Kamu langsung menghubungi call center tri.

Cara Cek No 3 Menggunakan Bantuan Teman atau Keluarga

Cara cek no 3 terakhir yang bisa Kamu gunakan ini termasuk cara paling ampuh saat dalam kondisi urgent. Hanya saja persyaratannya harus memiliki pulsa reguler terlebi dahulu. Kamu bisa langsung SMS atau menelpon teman atau keluarga untuk mengetahui berapa nomor tri-mu.

Selanjutnya, nomor tri yang Kamu gunakan akan langsung muncul di layar ponsel keluarga atau teman yang Kamu hubungi. Kamu juga harus pastikan kepada mereka untuk menyebutkan nomor tri yang Kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa mencatat nomor tri-mu.

Cara ini bisa dijadikan sebagai opsi pertama ataupun terakhir, asalkan Kamu memiliki pulsa reguler untuk menghubungi salah satu daftar teman yang tersimpan di phonebook.

Dengan memilih salah satu dari cara cek no tri di atas, tentu sangat membantumu saat dalam kondisi darurat. Kini tak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu Kamu memerlukan informasi tentang nomormu sendiri saat kehabisan pulsa misalnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019