Cara Jualan Gorengan Biar Laris

  • Whatsapp

Gorengan termasuk jajanan paling banyak digemari dan sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Karena hampir seluruh kalangan menyukai makanan yang satu ini. Selain enak juga harganya sangat terjangkau, inilah alasan kenapa gorengan banyak disukai. Maka dari itu, banyak orang tertarik untuk mencoba berjualan penganan yang satu ini. Bagi pemula, ada beberapa cara jualan gorengan biar laris. Tentu saja setiap usaha memiliki trik yang berbeda, termasuk dengan cara jualan es krim Aice.

Mengingat banyaknya penjual gorengan yang juga sebagai kompetitormu, inilah yang membuat Kamu harus memiliki trik cara jualan gorengan biar laris di pasaran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Kamu berjualan gorengan. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak panduannya di bawah ini!

Cara Jualan Gorengan Biar Laris

Cara Jualan Gorengan Biar Laris
Berjualan Gorengan Biar Laris

Trik Berjualan Gorengan Biar Laris di Pasaran

Sebenarnya untuk berjualan gorengan bagi para pemula, Kamu tak perlu khawatir kalah pesaing. Karena konsumen gorengan pun sangat banyak. Jadi tak ada salahnya menerapkan beberapa cara jualan gorengan biar laris berikut ini :

1. Ketahui Analisa Keuntungan Bisnis Gorengan

Kamu harus mencoba analisa keuntungan bisnis gorengan. Dengan kata lain, Kamu harus mengetahui prospek dan peluang bisnis yang satu ini. Jika bisnis ini layak dijalankan, selanjutya Kamu bisa memulai tahap pelaksanaan.

Adapun keuntungan bisnis jualan gorengan ialah sebagai berikut :

  • Semua orang menyuikai gorengan, jadi target pasarnya menjadi lebih luas.
  • Bisnis ini sangat mudah dijalankan hanya dengan sedikit modal.
  • Kamu dapat mengubah gorengan lebih kreatif supaya peminatnya kian meningkat.
  • Sangat cocok dijadikan usaha sampingan atau pekerjaan utama.
Terkait:  Cara Jualan Sayuran Online

2. Lakukan Analisa Modal

Selain analisa keuntungan, jangan lupa pula untuk menganalisa modal usaha yang Kamu butuhkan. Oleh karena itu, supaya usaha dapat berjalan lancar Kamu harus mengetahui modal yang diperlukan. Sebab modal adalah bagian tervital, karenanya jangan sampai usahamu gagal karena modal yang terbuang dengan sia-sia.

Berikut estimasi modal usaha yang harus Kamu pertimbangkan dalam bisnis berjualan gorengan, diantaranya :

  • Pembelian peralatan dan gerobak Rp. 2 juta.
  • Tabung gas dan kompor Rp. 800 ribu.
  • Kursi pembeli Rp. 400 ribu.
  • Modal cadangan Rp. 1 juta.

Selain modal awal, Kamu juga harus mempersiapkan dana untuk biaya operasional, sebagai berikut :

  • Tepung dan minyak Rp. 100 ribu.
  • Tabung gas Rp. 120 ribu.
  • Bahan baku Rp. 300 ribu.

3. Jualan di Lokasi Strategis dan Ramai

Teknik berjualan gorengan agar laris diburu pembeli yang pertama ialah sebaiknya cari lokasi strategis yang ramai dikunjungi banyak orang utuk berdagang. Silahkan coba menawarkan gorengan yang Kamu jual, baik itu di pasar, alun-alun, dekat sekolahan dan lainnya. Jadi intinya Kamu harus cari lokasi untuk melapak di pusat kerumunan.

Melalui poin ini, akan mempermudah kesempatan agar daganganmu diserbu oleh banyak konsumen. Selain itu, pertimbangkan pula menjual gorengan di area depan toko.

4. Jangan Terlalu Berminyak

Memang yang dinamakan gorengan identik dengan minyak. Akan tetapi sebenarnya, tak semua konsumen menyukai gorengan dengan minyak berlebihan. Hal ini dikarenakan ketika ditelan biasanya gorengan yang sangat berminyak akan membuat tenggorokan menjadi kurang nyaman. Jadi sebisa mungkin, Kamu harus berjualan gorengan yang tak terlalu banyak minyak serta meninggalkan sedikit residu minyak saja agar disukai pembeli.

5. Jangan Pakai Minyak Goreng Hingga Berkali-Kali

Cara jualan gorengan biar laris selajutnya usahakan agar tidak memakai minyak hingga berkali-kali. Di samping dapat merusak bentuk dan citarasanya, justru minyak yang digunakan berkali-kali dapat menghilangkan kandungan vitamin yang terdapat pada makanan tersebut.

Terkait:  Cara Jualan Es Krim Aice

Pembeli biasanya sudah pandai dan lebih jeli melihat dan merasakan gorengan yang biasanya dibuat memakai minyak hingga berkali-kali. Jadi jangan sampai konsumen beralih ke pesaingmu yang menyajikan gorengan lebih berkualitas.

6. Coba Konsep Pemasaran yang Menarik

Kita seringkali menjumpai pedagang gorengan yang memakai konsep sederhana di pasaran, jadi tampak kurang menarik. Kebanyakan mereka hanya memakai gerobak untuk melengkapi lapak jualannya. Padahal banyak orang meras ajika tempat jualan tersebut, membuat kebersihannya kurang terjamin.

Jadi tak ada salahnya jika Kamu mulai mempertimbangkan untuk membuat konsep lapak jualan lebih menarik dan unik dalam agar cara berjualan gorengan sukses dilakukan.

Bagaimana konsep jualan yang unik? Kamu bisa mengusung konsep seperti kafe gorengan, bisa juga memakai tenda-tenda yang ditata dengan cantik dan menarik sehingga memikat para calon pembeli untuk membeli gorenganmu.

7. Gunakan Kemasan Berbeda

Jika kita lihat, di pasaran seringkali gorengan hanya dikemas menggunakan kertas atau bahkan plastik berwarna hitam yang sebenarnya sangat berbahaya jika terpapar langsung dengan panas yang terdapat pada gorengan. Alangkah baiknya jika kita mencoba kemasan yang berbeda.

Sekarang banyak orang lebih merasa tertarik melihat kemasan dibandingkan rasa produk makanan itu sendiri. Jadi, kenapa tidak untuk mencoba membuat bentuk kemasan menarik untuk membungkus atau mengemas gorengan. Sebab kebanyakan pembeli biasanya membawa gorengan agar dapat dinikmati dan disantap di rumah.

Jadi alangkah baiknya mencoba konsep kemasan gorengan yang berbeda. Selain kemasan dengan kantong kresek kurang menarik juga tidak ramah lingkungan. Kamu juga bisa menambahkan label merek gorengan yang Kamu jual.

8. Menyediakan Layanan Delivery

Kebanyakan masyarakat atau pembeli saat ini lebih menyukai pesanan mereka langsung diantar ke rumah. Nah, cara jualan gorengan biar laris ini juga bisa Kamu terapkan. Jika Kamu memiliki kendaraan yang memadai, dan ada orang yang bersedia mengantarnya, tak ada salahnya untuk memberikan layanan delivery order kepada pelanggan.

Terkait:  Cara Jualan Pulsa Online

Dengan demikian, pembeli yang malas untuk kelular rumah, merasa sangat terbantu lewat layanan ini. Oleh karena itu, jika konsumen ada di area yang masih dapat dijangkau, maka layanan yang satu ini dapat dipertimbangkan dengan baik.

9. Ciptakan Aneka Rasa Gorengan

Mungkin saja pembeli merasa bosan dengan rasa gorengan yang biasa. Oleh karena itu, agar lapak daganganmu laris diburu pembeli, Kamu harus sering melakukan berbagai inovasi. Misalnya saja gorengan pisang biasa, bisa Kamu variasikan dengan rasa pisang goreng strawberry, cokelat, keju dan lainnya. Dengan banyak varian rasa yang Kamu buat, pelanggan pun menjadi lebih senang membelinya.

10.Berikan Pelayanan Terbaik

Trik cara jualan gorengan biar laris selanjutnya ialah pelayanan. Bisnis jualan pastinya berhubungan erat dengan service atau pelayanan yang harus diberikan. Oleh karena itu, semakin pembeli menyukainya tentu saja bisa memberikan nilai plus tersendiri bagi sebuah usaha. Mereka biasanya akan merekomendasikan jualanmu ke orang lain jika merasa puas.

12. Melirik Kesuksesan Orang Lain

Sukses membangun usaha jualan gorengan sebenarnya tidak bisa instan begitu saja. Sebab keberhasilan tentunya memerlukan kerja keras, upaya dan keberuntungan. Kita terkadang harus mendengarkan saran dan masukan dari banyak orang berpengalaman yang telah sukses.

Dengan melirik kesuksesan orang, tentu saja kita bisa termotivasi untuk maju. Kamu bisa mengintip kesuksesan dan melakukan evaluasi apabila Kamu mengetahui ada yang kurang dari usahamu.

Itulah 11 trik cara jualan gorengan biar laris di pasaran yang bisa Kamu coba. Sebenarnya dalam setiap usaha apapun hal yang harus Kamu pegang dari awal adalah konsisten dan terus berusaha. Kamu juga harus bermental baja, karena setiap pengusaha selalu mengalami pasang surut dalam usahanya!

Related posts