Cara Jualan di Marketplace Facebook

Seperti kita ketahui, ada banyak platform bisnis online yang dapat kita jumpai di Indonesia. Dimana platform tersebut bisa kita gunakan sebagai lapak berjualan online. Salah satunya adalah cara jualan di marketplace Facebook. Karena tak sedikit orang yang mencari berbagai pilihan produk yang mereka butuhkan di Facebook marketplace.

Marketplace Facebook sendiri menawarkan banyak kemudahan, sehingga wajar jika banyak orang memilihnya sebagai platform jual beli online. Akan tetapi, dengan banyaknya para pengusaha online yang juga menggunakan salah satu fitur Facebook ini, tentu saja membuat persaingan yang terjadi antara para penggiat usaha online pun semakin besar.

Bagi Kamu yang memiliki produk tertentu untuk dijual, maka Kamu perlu mengetahuinya. Kamu mungkin sudah memiliki toko online sendiri di marketplace atau berjualan di platform lain seperti cara jualan di Instagram. Namun tetap tingkatkan penjualanmu dengan cara memanfaatkan fitur Facebook Marketplace ini.

Tentang Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah fitur yang terdapat pada Facebok dan berfungsi untuk mendapatkan, menjual, membeli produk hingga berkomunikasi lewat messenger. Jadi, jika Kamu ingin melakukan penjualan produk dalam kondisi apapun, Facebook Marketplace bisa menjadi pilihan ideal.

Biasanya para penggiat usaha online memakai fitur Facebook Marketplace sendiri untuk berbagai tujuan :

  • Menampilkan seluruh investasi produk ritel, untuk penyewaan kendaraan, rumah, hingga tiket event tertentu lewat kerja sama menggunakan sistem partner tawaran yang ada di Marketplace Facebook.
  • Dapat menampilkan produk baru atau yang diperbarui di toko Halaman Facebook pada marketplace dengan grati. Selain itu, para pembeli juga dapat bertransaksi dengan mudah tanpa beralih dari platform Facebook. Akan tetapi untuk fitur ini biasanya terbatas hanya pada pelapak tertentu yang telah memenuhi persyaratan.
  • Dapat mempromosikan barang atau toko untuk menjangkau calon customer lebih banyak lagi. Walaupun usahamu tidak memposting di Marketplace Facebook secara langsung.

Namun hal yang perlu Kamu ketahui yaitu aktivitas jualan online di fitur Marketplace Facebook ini wajib mematuhi segala kebijakan jual beli yang mencantumkan produk apapun yang diperbolehkan untuk dijual melalui Facebook. Di samping itu, Kamu juga harus sudah mematuhi aturan dan standar komunitas, baik berbentuk deskripsi maupun gambar.

Cara Jualan di Marketplace Facebook

Cara Jualan di Marketplace Facebook
Berjualan di Marketplace Facebook

Kiat Berjualan di Marketplace Facebook

Bagaimana sih cara jualan di Marketplace Facebook agar banyak pembeli? Tentu saja, seperti kita menjual barang di pasar Kamu harus memiliki produk yang akan dijual terlebih dahulu supaya transaksi penjualan bisa terjadi.

Sederhananya yaitu bagaimana produk atau barang yang Kamu miliki saat ini bisa terjual memakai fitur Marketplace Facebook. Kamu mungkin sudah mengetahui cara kerja berjualan di Marketplace Facebook. Hanya perlu mengunggah atau memposting produk, kemudian membalas komentar, closing dan produk dikirim ke customer.

Marketplace Facebook sendiri umumnya bersifat lokal dan tak terlalu berefek bagi pasar nasional. Untuk sebagian Facebook Marketers sendiri hanya merekomendasikan pada radius/jarak 10 km, agar jangkauannya lebih maksimal bisa memakai Facebook Ads.

Oke, jika Kamu masih bingung cara jualan di Marketplace Facebook, ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan berikut ini :

1. Persiapkan Barang atau Jasa yang Akan Ditawarkan

Produk yang bisa Kamu jual di Marketplace Facebook sendiri bisa berbentuk barang maupun jasa. Setiap barang maupun jasa yang ditawarkan tentu bisa laris jika ada pembelinya yang tertarik. Sama halnya dengan pembeli, biasanya mereka akan membeli produk karena mereka membutuhkannya.

Saat menawarkan produk/barang jualan di Marketplace Facebook, Kamu akan memperoleh berbagai macam produk yang ingin dijual. Seperti produk berupa rumah, kendaraan, perkebunan dan lainnya. Dari sini, sangat penting untuk mengenali jenis barang yang ingin dijual.

Sebagai penjual, tentu saja Kamu harus benar-benar memahami dan menguasai Product Knowledge. Jika tidak, tentu akan merepotkan saat calon pembelimu bertanya-tanya tentang produk yang dijual.

2. Tampilkan Foto Produk Terbaik

Cara berjualan di Marketplace Facebook adalah harus menyertakan atau menampilkan foto. Pastikan Kamu menyertakan foto terbaik. Silahkan ambil foto dengan beberapa pilihan sudut pandang. Karena dengan semakin banyak Kamu mengambil foto dari berbagai sudut pandak, akan semakin menarik. Jangan lupa, foto yang Kamu ambil harus benar-benar realpict.

Jika Kamu memakai foto yang diambil dari Google misalnya, selain bisa menimbulkan persoalan hak cipta, juga pembeli akan merasa tertipu. Sebab foto yang disertakan tidak sesuai dengan tampilan produk aslinya. Hal ini sangat berbahaya bagi bisnismu.

3. Berikan Harga Kompetitif

Dalam hal pemberian harga ini, sebagian orang merasa dilema. Terlebih jika produk dijual melalui online. Mungkin kita sering menjumpai para penjual yang dengan sengaja tidak mencantumkan harga ketika mereka memposting produk. Meskipun ternyata hal ini akan membuat sebagian pembeli merasa jengkel.

Tapi sebenarnya, mencantumkan harga akan lebih menyederhanakan para pembeli. Dimana pembeli hanya perlu melihat harga, apabila cocok dan pas dikantong mereka akan segera membelinya. Namun jika kurang sesuai, mereka tidak akan membeli produk tersebut.

Sama halnya dengan platform Marketplace Facebook yang mengharuskanmu mencantumkan informasi harga. Di samping harus menampilkan harganya, untuk memikat para pembeli Kamu pun harus menggunakan layanan potongan harga. Dijamin produkmu langsung dilirik para calon pembeli.

4. Cantumkan Lokasi

Cara jualan di Marketplace Facebook selanjutnya ialah, Kamu harus mengisi lokasi. Dari sinilah, Kamu harus mencantumkan lokasi keberadaanmu. Adapun fungsinya ialah agar dapat menjangkau penjualan. Selain itu, membantu membidik pembeli sesuai target yang Kamu inginkan. Ini artinya produkmu akan langsung dilihat orang yang jaraknya dekat dari lokasi tempatmu berada. Mencantumkan lokasi seperti ini memang ada keuntungan dan kelemahanna tersendiri.

Keuntungannya jika Kamu membuka Facebook Marketplace, Kamu bisa melihat kompetitor. Namun sebaliknya, Kamu pun dapat dilihat pesaing yang berjualan di lokasi yang berdekatan denganmu. Jadi memang ada plus minusnya.

5. Pergunakan Fitur Share Grup

Dalam cara berjualan di Marketplace Facebook, menariknya layanan ini menawarkan fitur share grup hanya dengan satu kali pengiriman saja. Nah, cara yang satu ini dapat Kamu coba jika Kamu mengikuti Facebook Grup tertentu yang mengizinan transaksi penjualan atau jual beli.

Oleh karea itu, Kamu harus benar-benar selektif memilih grup Facebook. Jadi jangan sampai Kamu berjualan fashion tapi Kamu justru mempromosikan produk di Grup jual beli gadget atau handphone. Ingat, pemilihan niche grup Facebook itu sangat penting untuk kesuksesan penjualanmu.

Tingkatkan Penghasilan di Facebook Marketplace

Jika Kamu ingin memaksimalkan penjualan di Marketplace Facebook, ada beberapa cara berjualan di Marketplace Facebook berikut :

  • Posting produk beberapa kali memakai gambar berbeda.
  • Tentukan lokasi target yang tepat. Contoh posting produk dengan menargetkan lokasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung atau kota tempatmu tinggal.
  • Pakai fasilitas Up jualan produk dari Marketplace Facebook.
  • Silahkan share ke berbagai pilihan grup sesuai produk yang Kamu jual. Biasanya grup potensial beranggotakan sebanyak 10 ribu member hingga lebih.

Jadi teknis cara jualan di Marketplace Facebook kurang lebih seperti penjelasan di atas. Oleh karenanya, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk memaksimalkan penjualanmu.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019