Cara Membuka Play Store

Hampir semua pengguna android mengetahui Google Play Store. Hal ini dikarenakan, Google Play store merupakan penyedia aplikasi berlisensi resmi Google untuk seluruh tipe perangkat android. Sehingga bisa dipastikan jika aplikasi yang ditawarkan Google Play Store aman dari virus. Namun aplikasi ini juga tak luput dari yang namanya masalah atau error, salah satunya tak dapat dibuka. Lalu, bagaimana cara membuka Play Store yang error?

Cara Membuka Play Store

Cara Membuka Play Store
Tutorial Membuka Google Play Store

Tutorial Membuka Play Store yang Error

Biasanya Play Store tak dapat dibuka karena berbagai macam faktor, mulai dari salahnya pengaturan hingga ada aplikasi tertentu yang error. Namun Kamu tak perlu khawatir, karena Kamu tetap bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah. Baik bagi pengguna Xiaomi, Asus, Samsung atau smartphone android lainnya, bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara membuka Play Store di bawah!

1. Menghentikan Semua Mode Berjalan di Perangkat

Aplikasi Play Store yang tak dapat dibuka biasanya disebabkan oleh sambungan internet atau mode yang Kamu pilih. Karena Kamu harus terhubung pada jaringan internet terlebih dahulu untuk membuka Google Play Store. Berikut beberapa cara membuka Play Store dengan menghentikan seluruh mode yang berjalan pada perangkat, diantaranya :

  • Google Play Store

Pada Google Play Store, silahkan buka opsi Pengaturan atau Settings dan masuk ke “Manage Apps”, pilih “All” dan pilih lagi  “Google Play Store”, lalu tekan “Force Stop”. Jika aplikasi Play Store sudah dihentikan, Kamu dapat melanjutkan caranya dnegan menghapus cache dan data di Play Store. Tekan “Clear Cache” dan “Clear Data” di Play Store untuk menghapus data atau cache yang menumpuk.

  • Wifi
Terkait:  Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Apabila Kamu memakai koneksi Wifi, matikan jaringan Wifinya terlebih dulu, dan tunggu selama beberapa waktu lalu aktifkan kembali Wifinya.

  • Airplane Mode

Kamu juga bisa mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat untuk memperbaiki kinerja Google Play Store. Untuk caranya sama saja dengan langkah-langkah mematikan dan menyalakan Wifi di atas, kemudian aktifkan mode pesawat. Lalu tunggu beberapa lama dan matikan kembali.

  • Perangkat Anda

Jika Kamu sudah melakukan cara-cara di atas, kini Kamu dapat mematikan atau melakukan restart pada perangkat. Matikan perangkat sampai 5 menit dan nyalakan lagi. Lalu coba Google Play Store-mu.

2. Membersihkan Perangkat

Selain data dan cache pada aplikasi lain sebagai penyebab masalah yang terjadi pada Play Store, penyebab lainnya juga bisa diakibatkna oleh junk. Sebagai solusinya, lakukan aktivitas “bersih-bersih” pada perangkatmu.

Kamu bisa membersihkan data dan cache semua aplikasi di perangkatmu. Caranya dengan membuka “Settings” kemudian masuk ke “Manage Apps”, pilih “All” dan buka seluruh aplikasi. Kemudian pilih “Clear Data” pada tiap-tiap aplikasi. Kamu juga bisa langsung saja menginstal Clean Master Apps untuk melakukan tugas bersih-bersih.

Metode tersebut cukup ampuh mengembalikan kinerja Google Play Store-mu kembali. Selain itu, Kamu bisa membersihkan file-file tak terpakai dan junk. Kemudian hapus musik, foto, maupun video yang dirasa sudah tak diperlukan lagi untuk meringankan beban dan kinerja perangkat.

3. Menonaktifkan Beberapa Aplikasi

Aplikasi dengan data dan cache yang menumpuk memang bisa memperngaruhi kinerja dari Google Play Store. Sehingga perangkatmu harus lebih bekerja keras untuk dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berukuran besar. Alhasil Kamu pun tidak dapat membuka aplikasi Google Play store. Maka dari itu, nonaktifkan beberapa aplikasi di perangkatmu yang kapasitasnya terlalu besar serta menghabiskan kapasitas RAM yang lebih banyak.

Terkait:  Cara Membuka Hp yang Terkunci dengan Kode Pengaman

Kmau bisa menonaktifkan beberapa aplikasi dengan cara buka menu settings, kemudian masuk ke “Manage Apps”, lalu tekan “All”. Jika sudah tinggal pilih aplikasi-aplikasi uang memakan lebih banyak RAM. Kemudian pilih “Force Stop” pada aplikasi yang akan Kamu hentikan.

4. Menyelaraskan Waktu dan Tanggal

Cara membuka Play Store selanjutnya ialah Kamu bisa mencoba menyelaraskan tanggal dan waktu di hpmu. Kamu harus tahu bahwa perangkat androidmu adalah perangkat yang telah tersinkronisasi. Sehingga jika Kamu tidak dapat membuka aplikasi Google Play Store, silahkan cek tanggal dan waktunya dengan cara berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka opsi Pengaturan di hpmu.
  • Kemudian pilih “Date and Time” atau “Tanggal & Waktu”.
  • Nyalakan pengaturan waktu dan tanggal otomatis.
  • Selain itu, pastikan pula pengaturan “Time Zone” sudah tersetting dengan otomatis.

Apabila Kamu telah mengikuti cara di atas, selanjutnya buka Play Store kembali di smartphone androidmu. Play Store biasanya tidak bisa dibuka karena pengaturan ponselu memakai pengaturan hp dan tanggal manual. Maka dari itu, pastikan setting-an waktu dan tanggal di hpmu sudah tersetting otomatis.

5. Uninstall Google Play Store

Jika Google Play Store-mu tak bisa dibuka atau tak bisa login, Kamu bisa cek apakah aplikasi tersebut mengalami update atau pembaruan otomatis? Jika ya, maka Kamu bisa mencoba uninstall update Google Play Store supaya Kamu bisa membuka dan menggunakan aplikasi Play Store kembali. Berikut caranya :

  • Pertama-tama silahkan buka opsi pengaturan setelan di hpmu.
  • Lalu pilih “Aplikasi”
  • Silahkan cari “Google Play Store”.
  • Kemudian uninstall pembaruan aplikasi Play Store. Caranya dengan memilih opsi “Force Stop”atau “Paksa Berhenti”.
  • Selanjutnya buka lagi aplikasi Play Store-mu.
Terkait:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

6. Cek Kapasitas RAM Hp

Salah satu faktor penyebab kenapa Play Store tak dapat dibuka ialah akibat RAM hpnya yang sudah penuh, bahkan tak mempunyai ruang kembali. RAM atau Random Access Memory, ialah memori penyimpanan sementara atau temporer di perangkat android. Adapun fungsi RAM ini hampir sama seperti memori internal di Hp hanya saja dengan kecepatan menulis dan mmebaca lebih cepat. Inilah yang membuat memori RAM diperlukan oleh perangkat guna menyimpan data-data atau informasi instruksi yang dibutuhkan ketika proses booting untuk membuat data dengan cepat.

Dengan intensitas pemakaian RAM yang cukup tinggi, sewaktu-waktu memori RAM bisa penuh. Kapasitas memori RAM yang penuh ini biasanya diakibatkan oleh junk yang berasal dari berbagai aplikasi atau file besar di perangkat androidmu. Untuk itu, supaya aplikasi Play Store-mu bisa berjalan lagi seperti biasanya, bersihkan RAM dan pastikan kapasitasnya mencukupi.

  • Pertama-tama, silahkan buka menu setelan di hpmu.
  • Pilih “Manage Apps”.
  • Silahkan pilih All.
  • Kemudian buka seluruh aplikasi di hp satu per satu kemudian bersihkan cache di setiap aplikasi, caranya dengan memilih “Clear Data”.
  • Di samping itu, Kamu dapat membersihkan kapasitas RAM hpmu dengan memakai aplikasi tambahan seperti Clean Master.

7. Reset Google Account

Cara membuka Play Store yang tidak dapat dibuka ialah dengan me-reset akun Google atau dengan cara menghapus akun Google yang Kamu pakai untuk akses aplikasi. Adapun cara reset Google Account ialah sebagai berikut :

  • Buka setelan di hpmu atau akses menu “Settings”.
  • Lalu pilih “Google” dan akan muncul akun email terdaftar di akun Google-mu.
  • Login ke akun Google yang akan dihapus.
  • Gulir ke bawah sampai Kamu menemukan opsi “delete” atau “hapus”.
  • Jika sudah menghapus Google Account, Kamu bisa mencoba login lagi ke Akun Google di perangkat androidmu.
  • Selanjutnya coba login kembali ke Google Play Store.

Itulah 7 opsi cara membuka Play Store yang bisa Kamu coba agar Google Play Store yang bermasalah bisa dibuka kembali. Selamat mencoba!

Related posts