Cara Jualan Album KPop

Seperti kita ketahui bahwa animo masyarakat di tanah air akan budaya Korea kini kian terbuka lebar. Kita bisa lihat dari berbagai channel TV di Indonesia yang mengundang idol KPOP demi memeriahkan acara yang berlangsung. Tak hanya itu, tak jarang kita melihat banyak grup KPOP yang bertandang ke Indonesia untuk fanmeeting, konser dan lainnya. Karena itu, tak ada salahnya jika kita mencoba peruntungan dengan cara jualan album KPOP.

Karena memang sering dijumpai banyak penjual berbagai macam item atau merchandise KPOP, tak terkecuali album KPOP itu sendiri. Mulai dari yang berjualan offline hingga online. Nah, jika Kamu termasuk salah satu orang yang sedang mencari tambahan penghasilan selain cara jualan akun Netflix, khusus pencinta KPOPers tentu bisa mencoba cara jualan album KPOP agar sukses di pasaran.

Ini Dia Alasan Berjualan Album KPOP

Berbinis album KPOP adalah pilihan yang ideal bagi yang ingin menambah penghasilan. Tak sedikit orang meyadari jika KPOP sendiri telah berpengaruh banyak bagi Indonesia, mengingat semakin banyaknya penggemar KPOP. Selain itu, jika Kamu tertarik di dunia KPOP-ers tentu jangan melewatkan kesempatan yang satu ini. Tak ada salahnya dong, jika sambil menyelam minum air.

Kamu bisa berjualan album KPOP kesukaanmu kepada teman-teman penyuka KPOP dan mendapatkan keuntungan dari hasil berjualan. Jadi dengan berbisnis album KPOP ini, selain pemasukan tetap ada, Kamu juga bisa sembari menjalankan hobimu.

Cara Jualan Album KPOP

Cara Jualan Album KPOP
Berjualan Album KPOP

Persiapan Jualan Album KPOP

Untuk memulai cara jualan album KPOP sendiri sebenarnya tak perlu banyak hal yang harus dipersiapkan. Namun yang terpenting ialah Kamu harus memiliki modal uang. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki modal? Sebenarnya tak perlu khawatir, karena Kamu bisa mencoba cara jadi dropship berjualan album KPOP dari orang terlebih dahulu.

Bagi yang belum mengetahui caranya, sistem dropship sebenarnya prinsipnya seperti membantu orang untuk berjualan. Sehingga nantinya Kamu cukup mempromosikan produk dengan cara menaikkan harga. Adapun keuntungan yang diambil nantinya berdasarkan selisih harga yang Kamu tawarkan.

Uang adalah modal terpenting, sebab uang yang Kamu jadikan sebagai modal nantinya digunakan minimal untuk membayar ongkos kirim dari Korea ke Indonesia terlebih dahulu. Sebab sistem yang digunakan ialah sistem penjualan dengan membayar DP terlebih dahulu.

Berjualan Album KPOP

Lalu, bagaimana sih cara jualan album KPOP supaya ada yang langsung pesan? Memang bagi yang baru pertama kali berbisnis akan cukup bingung mempromosikannya. Apalagi bagi yang belum terlalu banyak kenalan dalam dunia per-KPOP-an. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan persiapan riset pasar.

Selanjutnya, langkah cara jualan album KPOP pertama ialah paid promote pada akun fanbase yang berskala besar. Sebelum menggunakan jasa dari paid promote,  Kamu harus menanyakan terlebih dahulu biayanya ke fanbase-fanbase tertentu. Jika sudah Kamu bisa langsung memutuskan menggunakan jasa tersebut, tak perlu khawatir karena harganya tak membuat kantong jebol. Selain itu, hal terpenting ialah Kamu wajib meminta traffic atau lalu lintas pengunjung yang ada di fanbase tersebut.

Dimana cara berjualan album KPOP pertama tadi umumnya di fanbase Instagram, cara kedua dilakukan melalui Twitter. Kamu bisa mengirimkan menfees ke dalam fanbase auto menfess. Pastikan Kamu mempromosikan produk sesuai grupnya. Contoh barang CIX harus dilakukan promosi ke dalam akun menfess CIX.

Pembelian Album KPOP Melalui Website

Dalam cara berjualan album KPOP, tentu Kamu masih penasaran dimana tempat untuk membeli album KPOP itu sendiri. Sebenarnya ada 3 tempat pembelian album untuk KPOP itu sendiri, seperti fansite, seller korea langsung atau di website.

Namun diantara ketiganya, tempat pembelian album yang paling mudah mungkin di seller Korea dan di website. Jika Kamu ingin membeli album KPOP di website, maka pilihlah ktown4u, gmarket, 11treet atau lewat website dari masing-masing agensi. Namun tempat pembelian paling populer yang lebih banyak dipilih biasanya di gmarket atau ktown4u.

Sebenarnya cara beli album KPOP di sana cukup mudah, Kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan akun Jenius atau Paypal. Jika Kamu tidak memiliki keduanya, bisa juga memilih pembayaran dengan jasa transfer won. Kemudian, kunjungi laman yang ditunjuk tersebut, pilih mana album yang ingin dibeli, inputkan alamat dan data diri, serta lakukan pembayaran.

Membeli Album KPOP via Seller Korea

Kamu juga bisa membeli album KPOP lewat seller Korea. Adapun kelebihan membeli album KPOP di seller Korea biasanya harganya lebih terjangkau namun resikonya cukup tinggi. Sebab saat ini banyak pihak-pihak tak bertanggungjawab melakukan penipuan.

Namun tenang saja, untuk cara jual album KPOP dengan membeli album tersebut di seller Korea, caranya bisa mencari di akun Twitter. Silahkan cari yang menggunakan keyword berupa “nama grup + album” namun dalam tulisan hangul. Selanjutnya akan muncul tulisan Jual.

Adapun untuk memilih seller Korea Kamu bisa melihatnya berdasarakn jumlah follower. Namun ini sebenarnya tak terlalu membantu sebab seller Korea biasanya hanya menggunakan akun non permanen alias sekali pakai. Langkah cara kedua ialah meminta bukti/resi pembayaran melalui website yang telah dilakukan oleh seller Korea itu sendiri.

Selanjutnya, Kamu bisa memintanya untuk menuliskan namamu kemudian memfotonya berikut bukti pembayaran yang sudah dilakukan dari website. Jika seller tidak dapat melakukan apa yang diminta, sebaiknya Kamu patut curiga. Selain itu, kamu harus mengecek apakah akun rekening yang dimiliki seller tersebut aman ataukah tidak melalui cyberbureau.police.go.kr.

Melakukan Distribusi Marketing ke Customer

Tahapan selanjutnya, proses distribusi pihak pertama umumnya dilakukan selama 7 hari sesudah tutup PO. Baru kemudian dikirim hingga ke seluruh Indonesia. Sebenarnya pengiriman dari Korea ke Indonesia tidak lama, namun biasanya yang cukup menghabiskan waktu adalah pemeriksaan cukainya. Sebenarnya hal ini wajar, karena bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelundupan maupun hal negatif lainnya.

Peluang Usaha Bagi Para KPOP Lainnya

Selain berjualan album KPOP, ada beberapa usaha lainnya yang dapat diselami para KPopers, diantaranya :

1. PO Barang-Barang Import dari Korea

Jenis usaha yang satu ini dapat dimulai meskipun hanya memakai akun sosmed saja. Misalnya dengan mencoba jasa titip beli produk, dan Kamu bisa tetap menjual barang-barang Korea yang sering digunakan artis Kpop asli tanpa harus pergi jauh-jauh ke negeri ginseng.

Adapun produk-produk menarik yang banyak diminati biasanya berupa celana, sepatu, topi, pakaian, make up dan aksesoris. Sehingga kunci sukses menjalankan usaha ini ialah harus rajin melakukan update tentang tren fashion yang sedang tren di Korea.

2. Pernak-Pernik Serba KPOP

Item yang juga banyak diminati dan bisa dijadikan sebagai produk yang dapat dijual ialah semua aksesoris menarik yang bergambar wajah idolanya. Selain itu, Kamu yang ahli menggambar dan memiliki skill dalam bidang desain harus mencoba usaha ala KPOP yang satu ini.

3. Translator Program TV Korea

Bagi yang jago atau mahir berbahasa Korea dan Ingris, Kamu bisa mencoba usaha translator. Kamu bisa menjual kemampuan menerjemah bahasa Korea dengan menjadi seorang translator pada website-website yang besar, berisi program-program TV atau Korea yang sudah diterjemahkan.

Itulah beberapa langkah cara jualan album Korea dan pilihan bisnis bagi para KPopers lainnya yang bisa kamu coba. Bagaimana, menarik bukan?

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019