Cara Investasi Emas di Pegadaian

  • Whatsapp

Banyak jenis investasi yang bisa kita pilih, diantaranya reksadana, deposito, saham maupun investasi lainnya. Namun semua nilai investasi tersebut biasanya dipengaruhi oleh inflasi yang terjadi. Uang yang disimpan pada tabungan bahkan harus terpotong dengan uang administrasi. Inilah yang membuat investasi berbentuk barang menjadi primadona. Salah satunya adalah cara investasi emas di Pegadaian.

Sebagai sebuah badan usaha BUMN, Pegadaian selalu memberikan pelayanan terbaik demi menyejahterakan masyarakat dan kepentingan publik.  Hal itulah yang mendasari peluncuran produk terbaru Pegadaian, lewat tabungan emas. Program tabungan emas sendiri merupakan bukti nyata dari peran BUMN bagi perekonomian di tanah air. Melalui tabungan emas inilah, masyarakat semakin mendapatkan kemudahan dalam hal pembelian maupun penjualan emas yang harganya terjangkau.

Selain Pegadaian, sebenarnya cara investasi emas di bank juga bisa menjadi pilihan. Namun jika Kamu bukan termasuk nasabah bank apapun, maka bisa mencoba cara investasi emas di Pegadaian sebagai alternatif terbaik.

Jenis Instrumen Investasi Emas di Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan BUMN, dimana dalam perjalanannya tidak anya ingin menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan transaksi gadai maupun bisnis gadai saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembanga usahanya kini Pegadaian telah meluncurkan produk logam mulia dari beberapa waktu lalu. Sebenarnya ada 3 jenis layanan investasi emas di Pegadaian, berikut ini :

Jika Kamu ingin berinvestasi melalui logam mulia, ada beberapa pilihan cara investasi emas di Pegadaian yang berbeda. Biasanya harga emas akan sama rata di seluruh dunia, walaupun nilainya sedikit fluktuatif jika daya tarik artistik, nilai budaya, kemurnian hingga spekulasi pasar pun ikut bermain. Selain itu, nilai emas sendiri ditentukan hampir semuanya oleh nilai harga emas di pasaran saat pembelian.

Terkait:  Cara Deposit Binomo Lewat ATM

Selain itu, emas batangan sendiri datang lewat 2 bentuk diantaranya :

1. Tabungan Emas

Tabungan emas adalah salah satu produk yang ditawarkan di Pegadaian. Kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal terjadinya inflasi. Oleh karena hal itulah, tabungan emas dapat dijadikan alternatif untuk penyimpanan dana bebas inflasi.

Layanan tabungan emas yang ditawarkan di Pegadaian sendiri merupakan sebuah produk transaksi jual beli logam mulia emas dan menawarkan fasilitas titipan yang harganya bersaing. Adapun konsep tabungan emas sebenarnya ialah Kamu membeli emas kemudian menitipkannya di Pegadaian, tapi tidak perlu harus memberinya secara keseluruhan atau tunai, karena bisa dicicil.

Selain itu, tabungan emas sangat cocok bagi Kamu yang ingin lebih fleksibel memilih emas melalui simpanan bulanan. Ketika harga emas mulai naik cukup menjualnya saja. Di samping itu, ada produk yang ditawarkan Pegadaian lainnya yakni dengan sistem konsinyasi emas. Dalam hal ini, Pegadaian melakukan kerja sama bersama pemilik emas yang ingin menjualkan emas.

2. Koin Emas

Koin emas biasanya dicetak lewat berbagai macam bentuk melalui satuan gram. Dimana emas batangan yang biasa dikenal sebagai emas Antam ini nantinya disimpan baik di tempat penyimpanan maupun investor. Pegadaian memiliki produk yang bernama Mulia, biasanya berbentuk investasi berupa emas batangan dan dapat diangsur. Caranya dengan membayar uang muka yang masa angsuran atau investasinya bisa mencapai 3 tahun dan dibayar per bulan.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara Investasi Emas di Pegadaian
Berinvestasi Emas di Pegadaian

Syarat dan Cara Berinvestasi Emas di Pegadaian

Dalam berinvestasi emas di Pegadaian, ada beberapa syarat dan cara yang dapat dilakukan berikut ini :

1. Melakukan Servey Harga Emas

Cara investasi emas di Pegadaian pertama ialah melakukan survey untuk mengecek harga emas saat ini. Jika Kamu ingin mengetahui nilai harga emas sekarang, Kamu bisa mengunjungi web resmi dari PT. Antam di logammulia.com kemudian cek harga logam mulia yang diinginkan. Biasanya Pegadaian menawarkan pilihan berat emas dari yang paling rendah 5 g, 10 g, 25 g, 50 g, sampai 1 kg. Kemudian tambahkan sebanyak 3% dari total harga tersebut, dan Kamu pun bisa mendapatkan harga penawaran dari Pegadaian.

Terkait:  Cara Investasi Emas di Bank

2. Sesuaikan Dengan Budget

Cara investasi emas di Pegadaian berikutnya, tentu saja harus menyesuaikan harga dengan dana serta pemasukanmu. Dengan begitu Kamu dapat memilih pembelian secara kredit atau tunai dan berapa lama waktu kredit emas yang akan diambil. Jangan pilih waktu yang terlalu lama sebab harganya bisa naik.

3. Mempersiapkan Persyaratan Kredit Emas di Pegadaian

Ada beberapa persyaratan berinvestasi emas di Pegadaian yang harus dipersiapkan, diantaranya :

  • Mempunyai tabungan emas yang dibuat di kantor Pegadaian. Jadi jika ingin menabung emas, Kamu harus membuka tabungan terlebih dahulu di kantor Pegadaian. Dalam pembuatannya, lakukan pengisian formulir untuk membuka rekening tabungan tersebut di kantor unit Pegadaian terdekat.
  • Melampirkan SIM/KTP yang berlaku.
  • Lakukan pembayaran fasilitas titipan dan administrasi selama setahun. Dengan biaya yang diperlukan senilai Rp. 35 ribu, melalui rincian berikut : Rp. 30 ribu untuk biaya penitipan dan Rp. 5000 untuk biaya administrasi.
  • Sama seperti membuka rekening tabungan pada umumnya, tabungan emas mempunyai saldo minimal yang berjumlah 0,1 gram.
  • Memilih pembelian emas. Dalam hal ini Kamu bisa memilih pembelian kredit atau tunai. Biasanya pembelian emas akan berlaku kelipatan 0,01 g, tapi disediakan pula pilihan untuk emas batangan. Dengan berat 5 gram, 10 gram hingga 100 gram. Apabila Kamu memilih alternatif ini biasanya akan dikenakan pula biaya pencetakan emas batangan dengan harga sama seperti berat emas yang dipilih.

4. Isi Formulir

Silahkan lakukan pengisian lembaran formulir aplikasi program investasi emas dengan data diri lengkap.

5. Membayar DP (Down Payment)

Cara investasi emas di Pegadaian berikutnya melakukan pembayaran DP alias Down Payment senilai 20% – 30% dari total harga emas normal. Biasanya selain DP, beberapa kantor Pegadaian umumnya meminta biaya untuk administrasi sesuai ketentuan tiap-tiap lembaga.

Terkait:  Cara Menghitung Saham

Keuntungan Berinvestasi Emas di Pegadaian

Beberapa keuntungan berinvestasi emas di Pegadaian berikut mungkin bisa jadi pertimbanganmu untuk menabung emas di lembaga ini. Berikut ulasannya :

1. Pembelian Emas Bisa Dilakukan Baik Tunai Maupun Kredit

Pegadaian akan memberikan keringanan, caranya dengan menawarkan opsi pembelian kredit atau tunai sesuai keinginan. Jadi jika tertarik melakukan pembelian emas tunai, Kamu tak perlu kaget apabila tidak menerima emas langsung. Hal tersebut disebabkan oleh pihak Pegadaian yang biasanya tidak menyetok bentuk emas batangan. Sementara pembelian kredit sendiri, emas akan langsung diberikan sesudah seluruh angsuran lunas.

2. Jangka Waktu Tidak Memberatkan

Apabila Kamu mengambil proses kredit, maka Kamu dapat memilih pembayaran cicilan sampai maksimal selama 36 bulan atau hingga 3 tahun lamanya.

3. Harga Cenderung Normal

Lain halnya dengan toko maupun lembaga Pegadaian lain, biasanya Pegadaian menentukan harga 3% dari total harga emas PT. Antam. Sehingga Kamu dapat mengecek harganya dan bisa mengurangi penipuan atau kecurangan.

4. Resiko Penipuan Sangat Kecil

Tidak sedikit orang tertarik dengan investasi emas tapi takut akan penipuan. Kebanyakan penipuan terjadi jika orang menginvestasikan sejumlah uangnya di perusahaan dengan kredibilitas tinggi. Lain halnya dengan pihak Pegadaian sebagai lembaga resmi dari Pemerintah. Pasalnya cara investasi emas di Pegadaian merupakan cara terbaik yang paling aman untuk berinvestasi.

Satu hal lagi, kenapa Kamu harus mencoba cara investasi emas di Pegadaian yaitu biasanya emas yang ditawarkan di Pegadaian mempunyai sertifikat PT. Antam secara resmi!

Related posts