Cara Investasi Emas Antam

Cara investasi emas antam merupakan salah satu investasi yang selalu menguntungkan dari dulu sampai sekarang. Emas Antam memang sudah sangat famiiar di Indonesia. Produk emas batangan ini ada di bawah naungan PT. Aneka Tambang, Tbk atau PT. Antam. Dimana setiap produk emas batangan Antam telah mempunyai sertifikat sebagai bukti keaslian barang tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa emas ini akan sulit dipalsukan.

Pembelian produk emas Antam sebaiknya dilakukan di kawasan distributor resmi PT. Antam. Kamu bisa memilih berbagai pilihan emas batangan Antam sesuai kebutuhan. Jika proses pembelian sudah dilakukan dengan tepat, selanjuntnya Kamu bisa menjadikan emas sebagai produk investasimu.

Apa Saja Keuntungan Investasi Emas Antam?

Meskipun kini teknik investasi untuk emas sudah beragam, tapi investasi emas batangan masih tetap digemari sampai saat ini. Berikut keuntungannya :

1. Pembelian Emas Lebih Mudah

Jika sebelumnya, saat seseorang tertarik membeli emas berbentuk batangan atau fisik, harus membayar sesuai dengan jumlah atau nilai harga dari emas batangan pada saat itu. Namun kini tidak lagi.

Meskipun pembelian emas batangan antam saat ini, bisa dilakukan melalui website resmi Antam, atau ke toko perhiasan sebagai distributor penjual emas batangan Antam. Tapi ada alternatf lain yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan emas batangan, yakni dengan menabung emas. Kini ada banyak perusahaan yang menyediakan sistem investasi untuk emas batangan.

Dimana para nasabahnya, bisa mulai menabung emas dari jumlah minimal, mulai dari 0,01 gram atau nilai lainnya. Apabila jumlah tabungannya telah mencapai 1 gram emas, biasanya tabungan emas ini bisa ditukar ke dalam emas fisik.

Jika ingin mencoba menabung emas, Kamu bisa mengunjungi bank-bank tertentu yang melayani investasi emas, baik di PT. Pos, Pegadaian maupun yang lainnya. Selain itu, persyaratan minimal tabungan emas yang disetorkannya juga tak terlalu mahal.

2. Dapat Berbentuk Fisik atau Digital

Sekarang ini untuk berinvestasi emas batangan antam, tak harus selalu berbentuk fisik, tetapi juga berbentuk digital. Teknis investasi seperti itu sebenarnya sama saja dengan menabung.

Kamu akan menabung emas dalam jumlah minimal tertentu, apabila sudah mencapai 1 gram emas, maka bisa ditukar ke dalam emas batangan. Begitu pula dengan invetasi emas berbentuk digital.

Kamu tetap bisa mendapatkan emas dari bobot 1 gam atau lainnya, hanya saja berbentuk digital. Sesuda tercapai jumlah tertentu, Kamu bisa menukarnya berbentuk fisik.

Keunggulan investasi tersebut sebenarnya lebih aman, sebab Kamu tidak memegangnya atau memilikinya secara langsung.  Namun pastikan pihak penyedia investasi tersebut aman, agar investasi yang Kamu lakukan juga aman.

3. Harga Jual Terus Naik dan Cenderung Stabil

Nilai jual emas bisa dikatakan stabil, namun terkadang juga merangkak naik. Hanya saja proses tersebut tak bergerak dengan signifikan. Termasuk saat harga jual emas turun, biasanya turunnya harga emas tak teralu besar. Ini artinya jika Kamu berinvestasi emas berbentuk fisik maka relatif lebih aman. Kalaupun merugi, kerugiannya juga tak terlalu besar.

4. Kemudahan Proses Jual Emas Karena Bersifat Liquid

Emas termasuk sejenis investasi yang bersifat liquid, ini artinya mudah dicairkan. Kamu bisa menjual atau menukarkan emas batangan di beberap tempat. Baik di toko emas, pegadaian, di bank maupun di tempat lainnya. Banyak lembaga atau toko emas yang akan menerimanya, asalkan emas yang Kamu jual adalah emas yang bersertifikat alias asli.

Cara Investasi Emas Antam

Cara Investasi Emas Antam
Investasi Emas Batangan Antam

Investasi Emas Batangan Antam

Jika Kamu sudah mengetahui keuntungan cara investasi emas Antam, Kamu tinggal memulai investasi emas batangan Antam dengan tetap memperhatikan hal-hal berikut :

1. Berinvestasi Emas Batangan di Pegadaian

Pegadaian memang telah meluncurkan layanan berinvestasi emas dari tahun 2015 silam. Hal tersebt dilakukan melalui sistem menabung emas. Program ini diberikan kepada semua lapisan masyarakat terutama yang memerlukan tempat investasi berbagai macam emas, termasuk emas Antam

Investasi emas batangan Antam di Pegadaian juga tergolong mudah. Metode ini cocok dicoba oleh para investor pemula yang tertarik berinvestasi emas. Ada beberapa macam tahapan yang wajib Kamu lewati, seperti pengisian formulir yang berisi informasi data diri sampai tahapan lain sesuai perintah atau instruksi Pegadaian.

Dalam berinvestasi tentu saja harus mempunyai modal. Selain itu, berinvestasi emas batangan di Pegadaian juga dapat dilakukan dengan modal terjangkau. Bahkan Pegadaian telah memberikan jaminan keamanan berinvestasi. Kamu juga bisa mencairkan emas dengan mudah di Pegadaian.

2. Teknik Investasi Emas Klasik

Kamu juga bisa menerapkan cara investasi emas Antam dengan teknik emas klasik. Adapun maksudnya ialah Kamu membeli emas ketika harganya masih terjangkau/murah. Kemudian Kamu bisa menjualnya kembali saat harganya sudah naik dengan selisih jual yang dinilai cukup banyak.

Pasalnya teknik investasi emas klasik seperti ini sering dilakukan orang tua dari zaman dulu dan terbukti sudah cukup efektif dapat dilakukan dalam waktu yang lama. Melalui teknik ini, emas yang Kamu miliki menjadi instrumen investasi dalam jangka panjang, mulai dari 5 hingga 10 tahun lamanya. Kamu juga bisa memilih teknik ini ke dalam cara investasi dollar.

3. Investasi Emas Antam Sebagai Modal bisnis

Kamu juga bisa menerapkan sistem investasi emas batangan Antam dengan menginvestasikannya sebagai bentuk modal bisnis/usaha. Cara investasi ini tentu saja tidak gampang dilakukan. Memerlukan kerja keras dan usaha agar usaha tetap stabil guna mencapai keuntungan hasil investasi. Tentu saja hasil yang didapat akan berbeda apabila Kamu tidak dapat mempertahankan bisnis dengan baik.

Cara investasi emas Antam ini bisa dibilang cukup menantang, sebab jika bisnismu bangkrut, secara otomatis emas tak akan kembali. Justru bukannya mendapatkan keuntungan sesuai harapan, pelaku usaha malah mendapatkan kerugian.

4. Teknik Menabung Emas

Cara investasi emas Antam lainnya yaitu dengan melakukan teknik menabung. Tak jauh berbeda dari menabung uang, Kamu bisa menabung emas batangan Antam. Dimana tabungan emas merupakan proses investasi yang sangat menggiurkan, sebab di masa mendatang emasmu bisa dipanen.

Selain itu, bisa dijual dalam harga tinggi. Nah, untuk memulai prosesnya jangan terlalu tinggi, misalnya saja dengan menabung sebanyak 0,5 gram emas terlebih dahulu baru kemudian menyesuaikan kondisi finansialmu.

5. Sistem Bursa Berjangka

Langkah cara investas emas batangan Antam berikutnya ialah melalui sistem bursa berjangka. Metode ini bisa dibilang cukup menantang, karena memang cukup beresiko. Selain itu, sistemnya tak jauh berbeda dari Pegadaian dan dimulai dari penanaman modal sebagai deposit. Jenis investasi ini beresiko tinggi, namun hasil yang diperoleh tentu saja sangat menguntungkan.

Dimana bursa berjangka adalah pasar khusus dengan sistem kontrak tertentu melalui berbagai pilihan di masa mendatang. Metode ini harus benar-benar dipahami, agar Kamu tidak mengambil kerugian yang terlalu banyak. Sebelum melakukan investasi, sebaiknya pelajari investasi sistem bunga berjangka terlebih dahulu.

Itulah 5 cara investasi emas antam yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Silahkan pilih investasi yang beresiko rendah dan pastikan untuk memahami teknik investasi emas yang Kamu pilih sebelum memulainya terlebih dahulu!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019