Cara Gunakan Ovo Point

Bagaimana car agunakan Ovo Point? Ovo merupakan salah satu aplikasi e-billing atua pembayaran digital dan bisa diterapkan di berbagai merchant atau toko mitra OVO. Adapun ciri merchant OVO sediri biasanya terlihat papan, tanda, maupun stiker berwarna ungu khas dari OVO. Selain itu juga berlabel “OVO Accepted Here”.

Dalam menggunakan OVO, biasanya para pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan OVO Cash atau OVO Point. Entah itu lewat aplikasi, maupun melalui merchant online dan offline. Walaupun sama-sama dapat digunakan untuk pembayaran, namun ada perbedaan antara OVO Cash dengan OVO Point.

Read More

Lalu, bagaimana cara gunakan OVO Point? sebelum kita membahasnya lebih jauh, Kalian harus mengetahui tentang OVO Point terlebih dahulu. Penggunaan Ovo Point memang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, adapun salah satu keunggulannya ialah bisa melakukan pembayaran memakai OVO Point.

Tentang OVO Point

Ovo Point termasuk salah satu bentuk dari loyalty rewards, biasanya diperoleh setiap pengguna bertransaksi menggunakan OVO melalui merchant rekanan. Sementara nilai dari konversi OVO Point itu sendiri, untuk 1 OVO Point sama dengan Rp. 1.

Kegunaan dan Fungsi OVO Point

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Ovo Point adalah loyalty rewards, biasanya didapatkan oleh para pengguna saat bertransaksi melalui merchant-merchant tertentu yang menjadi mitra OVO. Hanya dengan bertransaksi Rp. 10 ribu saja, para pengguna dapat memperoleh OVO Points secara langsung.

OVO Point sendiri bisa dipakai untuk mendapatkan penawaran-penawaran menarik para pengguna aplikasi OVO atau bisa bertransaksi di merchant online yang telah bermitra dengan OVO. Adapun penawaran menarik tersebut bisa diperoleh dengan cara menukar OVO Point, seperti kupon diskon atau voucher.

Menariknya lagi untuk tiap 1 poin OVO Point sendiri memiliki nilai sebesar RP. 1. Ini  artinya, jika Kalian memiliki 10.000 poin, jadi nilainya sama dengan Rp. 10 ribu.

Namun, Kalian harus ingat jika OVO Point mempunyai masa kadaluwarsa, yakni 10 bulan dari pertama kali dilluncurkan atau didapatkan. Di samping itu, jika Kalian bertransaksi memakai OVO Point, maka Kalian tidak akan memperoleh OVO Points. Jadi Kalian baru akan mendapatkan OVO Point jika bertransaksi memakai OVO Cash.

Apa yang Bisa Dibayarkan Menggunakan OVO Points?

OVO Point bisa digunakan untuk menukarkan suatu produk, berikut diantaranya :

  • Kalian bisa menukar OVO Point untuk pembelian pulsa pada aplikasi OVO.
  • Bisa berbelanja produk di Tokopedia. Biasanya hanya produk-produk tertentu saja yang dapat dibayarkan menggunakan OVO Point.
  • Dapat digunakan untuk membayar Grab, baik Grab Express, GrabFood, GrabCar, dan GrabBike.
  • Berbelanja menggunakan OVO points di toko yang bermitra dengan OVO.

Cara Gunakan OVO Point

Cara Gunakan OVO Point
Menggunakan OVO Point

Menggunakan OVO Point Untuk Pembelian Pulsa

Bagi Kalian yang penasaran dengan cara menggunakan OVO Point, ada beberapa tahapan yang harus dicoba atau dilalui berikut ini :

1. Buka Aplikasi OVO

Langkah cara gunakan OVO Point yang pertama, Kalian bisa langsung membuka aplikasi OVO di perangkat smartphone dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store jika belum. Kalian juga bisa membukanya melalui beberapa partner atau merchant OVO, seperti Tokopedia, Grab, maupun yang lainnya.

2. Pilih Data atau Pulsa

Setelah itu, silahkan lanjutkan dengan memilih top up pulsa maupun data, dari sini kita akan melakukan pembelian pulsa dengan cepat dan mudah.

3. Pilih Layanan OVO Point

Cara gunakan OVO Point selanjutnya ialah masukkan nomor ponsel atau HP, lalu tentukan nominal untuk top up, dan sesuaikan dengan saldo yang Kalian miliki.

4. Lakukan Pembayaran

Sebelum melanjutkan dengan klik bayar, dari sini Kallian harus memilih bayar memakai OVO point terlebih dahulu. Apabila sudah diatur cukup lakukan pembayaran dengan memasukkan nomor PIN OVO.

Cara Menggunakan OVO Point Untuk Pembayaran Tagihan via Merchant OVO

Jika Kalian sering melihat banner atau stiker OVO yang terpampang di toko pakaian, restoran maupun merchant OVO yang lainnya. Ini artinya Kalian bisa melakukan pembayaran di merchant tersebut melalui aplikasi OVO.

Di tempat tersebut juga, Kalian bisa memakai OVO Point yang dimiliki untuk melakukan pembayaran tagihan. Jika masih bingung, silahkan cek cara menggunakan OVO point untuk pembayaran tagihan berikut :

1. Masukkan Nomor Hp di Alat EDC

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan memasukkan nomor HP terlebih dahulu yang dipakai saat Kalian mendaftar pertama kali ke akun OVO menggunakan EDC (Electronic Data Capture) yang telah disediakan merchant OVO.

2. Pilih Opsi Pembayaran Melalui OVO Point

Selanjutnya, Kalian akan menerima notifikasi lewat Hp untuk membayar memakai OVO.  Melalui tahapan ini, Kalian dapat memilih sistem pembayaran dengan OVO Point. Selesai dan pembayaran memakai OVO Point pun telah berhasil.

Cara Menggunakan OVO Point Untuk pembayaran Grab

Di samping untuk pembayara tagihan melalui merchant OVO, Kalian juga dapat memakai OVO Point apabila ingin melakukan pembayaran Grab Car, Grab Food, maupun Grab Bike. Berikut cara gunakan OVO Point untuk pembayaran Grab :

1. Membuka Aplikasi Grab

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Grab terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasinya, Kalian bisa mengunduhnya melalui link berikut.

2. Memillih Layanan yang Dibutuhkan

Setelah itu, pilih jenis jasa atau layanan yang Kalian butuhkan. Misalnya saja jika Kalian memakai Grab Bike, pilih saja Grab Bike.

3. Menentukan Drop Off dan Titik Jemput

Sesudah itu, Kalian tinggal menentukan lokasi yang dituju dan titik jemput.

4. Memilih Metode Pembayaran

Langkah berikutnya, Kalian tinggal memilih metode pembayaran memakai OVO Point. Kemudian pilih “Add payment method”. Setelah itu, tinggal pilih “book”. Sampai di sini, Kalian nantinya akan melakukan pembayaran memakai OVO Point.

Cara Menggunakan OVO Point di Tokopedia

Kalian juga bisa menggunakan OVO Point di Tokopedia dengan mudah. Berikut langkahnya :

1. Membuka Aplikasi Tokopedia

Langkah pertama, Kalian bisa membuka aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasinya, Kalian bisa mengunduhnya terlebih dahulu.

2. Pilih Produk yang Akan Dibeli

Setelah itu, Kalian bisa pilih produk yang akan dibeli di aplikasi Tokopedia. Silahkan pilih “Beli”. Apabila telah memasuki tahap pembayaran, Kalian bisa memilih opsi Metode pembayaran memakai OVO Point dan tekan “Pilih Pembayaran”.

Di samping itu, silahkan aktifkan sistem pembayaran dengan OVO Point. Caranya dengan memilih opsi titik tiga. Kemudian, pilih “Gunakan OVO Point”.

Sampai di sini, Kalian akan melakukan pembayaran tagihan berbelanja di Tokopedia memakai OVO Point. Selain Tokopedia, Kalian juga bisa berbelanja memakai OVO di Shopee dengan cara bayar Shopee OVO.

Cara Mendapatkan OVO Point

Jika Kalian ingin mendapatkan OVO Point, maka cara yang bisa Kalian lakukan ialah dengan menggunakan metode pembayaran digital memakai OVO Cash langsung di toko atau merchant yang berlabel cashback OVO.

Dimana cashback tersebut nantinya akan masuk ke dalam saldo OVO Point dengan otomatis. Kini untuk mendapatkan OVO Point sangat mudah, karena sudah banyak toko pakaian, restoran, maupun merchant lainnya yang menawarkan cashback untuk para pelanggannya saat melakukan pembayaran dengan OVO Cash.

Oke, itulah pembahasan tentang cara gunakan OVO Point yang bisa Kalian dapatkan jika melakukan pembayaran tagihan dimerchant OVO menggunakan OVO Cash. Bagaimana, tertarik mendapatkannya?

Related posts