Cara Cek Saldo Tokopedia

Apakah cara cek saldo Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah? Bagi kamu yang selalu belanja online, pasti tidak asing dengan salah satu aplikasi e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia sudah menjadi opsi terpercaya bagi seluruh masyarakat untuk jual dan beli produk berkualitas secara online.

Pasalnya, siapapun yang menggunakannya bakal menikmati berbagai macam kemudahan dan kenyamanan dengan keberadaan fitur-fitur menarik yang dihadirkan Tokopedia. Tokopedia menyediakan layanan saldo untuk penggunanya agar dapat bertransaksi online dengan cepat dan mudah.  Kamu harus tahu bahwa fasilitas ini berfungsi sebagai dompet digital milik Tokopedia.

Kamu bisa memakainya untuk membeli barang apa saja, serta mencairkan uang ke rekening pengguna aplikasi Tokopedia. Wajar saja cek saldo Tokopedia harus kalian ketahui, lantaran penggunanya bukan sekadar belanja online saja selama menggunakannya. Seller bisa melakukan transaksi apa saja selama memanfaatkan saldo Tokopedia.

Hal ini dikarenakan penjual bisa memasarkan produk apapun tanpa kendala, sedangkan pembeli juga bisa belanja secara signifikan. Saldo ini juga berguna untuk mengetahui jumlah dana yang dapat digunakan dalam pembelian barang di Tokopedia. Pembeli bisa mengakumulasi saldo yang dikelola sebagai dana pembelian barang untuk menyelesaikan transaksi pada saat checkout nanti.

Cara Cek Saldo Tokopedia

Cara Cek Saldo Tokopedia
Cara Cek Saldo Tokopedia

Untuk penjual biasanya pembayaran sudah diterima dari Tokopedia lantaran produk miliknya benar-benar laris dan dilunasi pembeli. Kondisi tersebut membuat penjual berhak mengirimkan barang yang dijual tanpa ragu maupun kendala sama sekali.

Apabila barang yang dijual sudah diterima konsumen, maka penjual bisa menerima uang yang dibayarkan dan bakal masuk ke dalam akun saldonya masing-masing melalui aplikasi resmi Tokopedia. Saldo Tokopedia miliki penjual bakal bertambah secara otomatis, serta berdampak terhadap rasio penjualan yang semakin meningkat.

Di sisi lain juga saldo milik pembeli bakal bertambah ketika penjual tidak mengirim barang maupun menolak pesanannya, termasuk pembatalan pengiriman barang dari Tokopedia. Dengan demikian pihak Tokopedia akan langsung mengembalikan uang pembayarannya tanpa mengirim lewat rekening, namun masuk ke dalam akun saldo pembeli masing-masing.

Cara Cek Saldo Tokopedia Mudah dan Tervalid

Pada dasarnya bahwa pengguna Tokopedia bisa mengecek saldo lewat beberapa metode, namun kami hanya akan menjabarkannya menjadi beberapa poin yang sudah dirangkum secara jelas dan lengkap. Pengguna Tokopedia juga bisa melakukan top up langsung ke saldo masing-masing. Kamu bisa melakukannya lewat transfer uang yang disediakan, sedangkan saldonya terbagi menjadi penghasilan (penjual) dan refund (pembeli). Beberapa metodenya adalah :

Cek Saldo dan Tarik Saldo Tokopedia untuk Rekening Pribadi

  • Unduh aplikasi Tokopedia via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Apabila sudah punya akun Tokopedia, tekan tombol Login atau Masuk.
  • Pilih menu Akun pada pojok kanan bawah.
  • Perhatikan bagian Dana di Tokopedia, tekan tombol Atur.
  • Kamu bakal melihat jumlah saldo Tokopedia yang tersisa. Kamu juga bisa mengecek saldo yang masuk dengan batas tanggal dan bulan sesuai keinginan pada bagian ini.
  • Untuk tarik tunai dari saldo Tokopedia ke rekening pribadi, tekan tombol Tarik Saldo.
  • Silakan tulis nominal saldo yang ingin dipindahkan ke rekening pribadi.
  • Gunakan nomor rekening yang telah terdaftar, masukkan password berdasarkan akun Tokopedia kamu.
  • Apabila semuanya lengkap, tekan tombol Centang di kanan atas untuk memproses penarikan saldo Tokopedia.
  • Untuk mencegah penyalahgunaan akun Tokopedia, maka kamu bakal menerima SMS berisi kode verifikasi lewat smartphone.
  • Silakan masukkan kode verifikasi ke dalam kolom yang disediakan, tekan tombol Lanjutkan atau Submit.
  • Jika kode verifikasi sudah dimasukkan, maka proses penarikan saldo bisa dilakukan.
  • Jangan lupa memperhatikan tanda permintaan penarikan saldo telah diproses, kamu bisa melihatnya dari jumlah saldo Tokopedia.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul email pemberitahuan bila penarikan saldo Tokopedia bakal diproses selama 2×24 jam berdasarkan hari kerja bank nasional.
  • Umumnya rentan waktu sejam bahkan kurang saldo Tokopedia akan langsung masuk ke dalam rekening pribadi kamu.
  • Apabila email sudah diterima, maka kamu bisa mengecek mutasi rekening bank.
  • Pastikan saldo Tokopedia yang sudah ditarik tunai benar-benar beralih ke dalam akun rekening bank kamu.
  • Selesai.

Cek Saldo Tokopedia Usai Pembatalan Pesanan

  • Buka aplikasi Tokopedia dari smartphone kalian.
  • Pilih menu OVO pada pojok kiri atas.
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke halaman saldo.
  • Silakan masuk ke dalam kolom Penerimaan.
  • Kamu bisa memperhatikan mutasi pada bagian tersebut.
  • Untuk mengetahui jumlah saldo, maka kamu bisa melihat nominalnya berdasarkan harga barang yang pesanannya dibatalkan.
  • Selesai.

Bagaimana Jika Akun Tokopedia Tidak / Punya Toko?

Apabila akun Tokopedia kamu tidak memiliki toko, maka saldonya bisa termigrasi ke dalam saldo refund untuk pembeli. Namun, bila akun Tokopedia kalian memiliki toko, maka saldonya bakal langsung termigrasi ke dalam Saldo Penghasilan. Kami tegaskan bahwa Saldo Penghasilan maupun refund biasanya bisa ditarik langsung ke dalam akun rekening pribadi kalian. Hal ini dikarenakan dananya adalah milik pengguna Tokopedia, baik pembeli maupun penjual.

Biasanya penarikan saldo Tokopedia ke akun rekening BRI, BNI, BCA, Mandiri, BNI Syariah dan CIMB Niaga hanya membutuhkan waktu selama 1×24 jam. Di samping itu, penarikan uang tunai selain beberapa rekening yang kami sebutkan di atas biasanya membutuhkan durasi maksimal 2×24 jam pada hari kerja. Oleh sebab itu, bila kamu ingin menarik tunai saldo Tokopedia ke rekening pribadi, pastikan kalian sudah mempunyai salah satu ATM sesuai bank di atas.

Apakah Tarik Tunai Saldo Tokopedia Bersifat Fleksibel?

Secara umum saldo Tokopedia bisa dimiliki siapa saja yang menggunakan akun belanjanya sampai sekarang. Kendati demikian, aktivitas transaksi tarik tunai tersebut tidak selamanya berhak dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini dikarenakan pihak Tokopedia memiliki aturan dan syarat yang harus dipatuhi seluruh penggunanya, baik pembeli maupun penjual agar dapat memanfaatkan saldo untuk dipakai belanja, bahkan termigrasi ke dalam akun rekening masing-masing.

Tips dan Trik Pakai Aplikasi Tokopedia

Siapa saja yang menggunakan Tokopedia, kamu menghimbau untuk tetap waspada terhadap aksi kriminalitas selama berbelanja online. Kamu perlu hati-hati saat masuk ke dalam aplikasi lantaran bisa saja ada orang lain yang berniat mencuri atau meretas akun kalian. Apabila masalah ini terjadi, kalian berhak mengganti password secara berkala. Akan tetapi, kamu harus menghapus akun Tokopedia bila kondisinya sudah tidak aman bahkan berada dalam bahaya.

Demikian informasi mengenai cara cek saldo Tokopedia mudah dan tervalid. Pembagian saldo juga dibagi terpisah antara pembeli dan penjual. Tujuannya supaya nominal yang tertera bisa diproses dan dikirim ke akun rekening pengguna Tokopedia bersangkutan. Jangan lupa menggunakan rekening bank yang sudah terdaftar ke dalam aplikasi Tokopedia. Kamu pun bisa menggunakan saldo yang ditarik tunai untuk membeli item Tokopedia secara internal, seperti Topads maupun Power Merchant.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger