Cara Mengunci Titik GPS

GPS sudah menjadi bagian penting dalam smartphone dan cara mengunci titik GPS perlu kalian pahami terlebih dahulu. Kamu pasti tidak asing dengan salah satu fitur utama ponsel tersebut lantaran berkaitan erat dengan lokasi terkini dari pengguna gadget.

Namun, kamu harus tahu bahwa tidak semua merek smartphone punya fitur GPS yang bagus, sehingga dapat memberikan informasi yang salah saat kalian ditanya soal dimana keberadaan saat ini.

Read More

Kamu bukan hanya memakai kompas untuk mengetahui arah saja, namun pemakaian GPS perlu diperhatikan karena sebagian besar orang yang sedang berpergian jauh akan selalu menggunakannya untuk memudahkan alur perjalanan.

Selain itu, cara mengunci titik GPS paling aman juga bisa dilakukan dengan bahkan tidak menggunakan aplikasi ketiga. Hal ini bertujuan agar data yang diberikan dapat akurat dan sesuai dengan lokasi kalian sekarang.

Untuk meningkatkan akurasi GPS pada ponsel kalian, ikuti dan perhatikan pembahasan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar sistem lokasinya dapat dideteksi perangkat android kalian selama digunakan (aktif).

Kamu bisa mengunduh aplikasi ketiga bila belum paham bahkan tidak pernah mengelola pengaturan ini. Ulasannya mudah dipahami supaya kalian mampu mengaturnya demi memberikan informasi aktual dan terpercaya sesuai kebutuhan sekarang.

Cara Mengunci Titik GPS

Cara Mengunci Titik GPS
Mengunci Titik GPS

Smartphone adalah bagian penting yang dibutuhkan semua orang pada masa global seperti sekarang. Hal ini dikarenakan siapa saja dan apa saja yang kalian lakukan tidak pernah lepas dari penggunaan gadget.

Meski begitu, ponsel kamu tidak bisa bekerja secara optimal bila mengabaikan fungsi lokasi atau GPS pada momen tertentu. Berikut ini merupakan panduan meningkatkan akurasi GPS untuk smartphone yang belum kalian ketahui, antara lain :

Terkait:  Cara Melacak No Hp Lewat Satelit

1. Periksa Lokasi Kalian

Untuk memastikan berapa besar tingkat akurasi gadget adalah dengan memeriksa lokasi terkini lebih dulu. Kamu bisa membuka GPS seperti Google Maps maupun aplikasi peta apa saja. Lihat seberapa akuratnya lokasi yang ditampilkan pada layar smartphone kalian.

Apabila informasi yang diberikan benar, maka kalian bisa pastikan akurasinya sangat tinggi, namun jika sebaliknya bahwa anda harus mengikuti panduan ini sampai selesai.

Disisi lain, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

2. Aktifkan High Accuracy

Kalian bisa meningkatkan akurasi GPS dengan mengaktifkan layanan High Accuracy pada smartphone masing-masing. Kamu hanya membuka menu pengaturan dan pilih sub menu lokasi untuk mengatur layanan ini.

Apabila High Accuracy sudah diaktifkan, kalian bisa memeriksa apakah GPS ponsel telah akurat atau tidak. Kamu cukup membuka Google Maps lagi dan periksa informasi pemeriksaan lokasi terkini yang sudah sesuai atau belum.

3. Kalibrasi Kompas Ponsel

GPS memang berfungsi sebagai sumber informasi lokasi terkini kalian saat ini. Namun, GPS mungkin memberikan keterangan yang tidak tepat. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan kalibrasi ulang terhadap menu kompas pada smartphone.

Kompas adalah aplikasi sistem yang tidak perlu diunduh lewat Google Play Store. Kesalahan fatal saat menggunakan kompas yang tidak dikalibrasi bisa memberi data tidak valid soal lokasinya.

4. Muat Ulang GPS Kalian

Jika ketiga informasi sebelumnya tidak memberikan hasil memuaskan, kalian harus memuat ulang (refresh) terhadap GPS smartphone. Caranya adalah refresh data GPS dengan memakai aplikasi GPS Status.

Kamu cukup mengunduhnya terlebih dahulu dan buka seperti biasa, temukan menu “Diagnose Sensor” dan “GPS Sensor”. Apabila muncul pop up, tekan tombol “Reset” yang bertujuan membersihkan semua data cache GPS sejak awal.

5. Periksa Keamanan Smartphone

Kalian bisa memeriksa sistem keamanan smartphone untuk memastikan ada seseorang memblokirnya atau tidak. Meski begitu, kalian tidak bisa menyalahkan kualitas sinyal sepenuhnya dan mungkin saja faktor benda lain yang memblokir jaringannya.

Terkait:  Cara Mengunci Sinyal 4G

Apabila ponsel kalian sulit mengunci sinyal GPS, kalian wajib wipe data pada gadgetnya. Jika kamu pakai custom ROM, perbarui ke versi terbaru atau gunakan ROM lain yang bagus.

Tak bisa dipungkiri bahwa GPS punya peran penting terhadap kinerja smartphone kalian. Maka dari itu, pastikan kualitas jaringan bagus dan tidak menimbulkan pemblokiran oleh benda logam bahkan orang lain. GPS dan sinyal ponsel punya hubungan erat untuk memberi informasi terpercaya soal lokasi terkini.

Apabila lokasi yang disampaikan salah, bisa saja memicu hal yang tidak diinginkan seperti tersesat bahkan kecelakaan akibat data tidak valid.

Bagaimana Cara Mengunci GPS dengan Aplikasi?

Jika kalian masih belum paham bahkan hasil dari informasi di atas kurang baik, kamu perlu menggunakan aplikasi unduhan untuk mengunci GPS pada smartphone. Aplikasinya adalah Active GPS yang bisa didapatkan via Google Play Store secara gratis.

Seperti apa prosedurnya? Kalian dapat menggunakannya untuk meningkatkan kecepatan GPS pada mode cepat, sedang atau lambat sesuai kebutuhan masing-masing dalam memberi informasi soal lokasi saat ini.

Google Play Store juga menyediakan aplikasi pengunci lokasi terbaik yang tidak kalah berkualitas seperti Active GPS. Kamu bisa mengunduh FasterFix untuk menentukan negara mana yang sedang membutuhkan akses root.

Sekilas inpo, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

GPS Test berguna dalam melihat tingkat akurasi GPS dan melihat sinyal lokasinya. Kalian boleh memasang salah satu bahkan semuanya untuk mengunci GPS ke satelit lebih cepat berdasarkan keinginan masing-masing.

Terkait:  Cara Download Lagu di Spotify

Cara Mengunci GPS untuk Masuk System Enginering

GPS harus dikunci dengan baik supaya masuk ke dalam system engineering lebih cepat dan efektif. Kalian bisa menggunakan kode angka rahasia seperti *#*#3646633#*#* lewat menu Dial Call dan tekan OK.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduh aplikasi ketiga seperti MTK Droid Tool dari Google Play Store maupun Mobile Uncle (bila membutuhkan root). Apabila telah masuk ke mode engineering maka bisa mengikuti panduan di bawah ini :

  • Gunakan kode angka rahasia (*#*#3646633#*#*) lewat Dial Call.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi, geser layar ke kanan dan tekan tombol “Location”.
  • Pilih “Location Based Service” terlebih dahulu.
  • Centang kotak “A-GPS” dan geser ke kanan untuk kolom “Enable EPO” serta “Auto Download”, tekan tombol “Download”.
  • Tutup aplikasinya dan masuk ke “Y-GPS”, pilih menu “Cold”.
  • Selesai.

Bagaimana menyimpan gps.config lewat directori sistem android? Berikut adalah panduan singkat untuk meletakan programnya, yakni :

  • Smartphone kamu harus melewati proses root dulu.
  • Unduh aplikasi Root Explorer via Google Play Store dan jalankan seperti biasa.
  • Kamu harus mengunduh gps.config lewat web browser supaya pengaturan GPS bisa terkunci lebih cepat.
  • Tekan tombol mount R/W ke mount R/O untuk menyimpan file.
  • Masuk ke menu “System” dan tekan tombol “ETC”, simpan file gps.config ke dalam folder etc.
  • Sentuh dan tahan foldernya sampai muncul notifikasi bertuliskan “Permission” untuk mengubah izinnya menjadi RW-R-R.
  • Reboot smartphone android kalian.
  • Selesai.

Demikian ulasan lengkap soal cara mengunci titik GPS untuk mengatur akurasi lokasi ponsel kalian. Informasi ini terbilang akurat dan efektif lantaran sebagian besar pengguna smartphone sering menerapkan panduan di atas dalam meningkatkan efektifitas lokasi gadgetnya.

Meski begitu, kalian perlu melakukan kalibrasi pada kompas (aplikasi sistem) secara berkala untuk memberikan data lokasi akurat sesuai lokasi keberadaan kalian saat ini.

Ulasan Baru:

Related posts