Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Apakah kamu menggunakan SIM Telkomsel? Kamu perlu mengetahui cara mengunci pulsa Telkomsel pada ulasan kali ini. Bagaimana tidak, pulsa regular yang biasa dipakai SMS atau telepon bisa saja berkurang otomatis walaupun belum digunakan sama sekali.

Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi kalian yang masih setia memilih Telkomsel. Namun, penyebab pulsa reguler menghilang tiba-tiba bisa saja berasal dari ketidak sadaran diri kamu sendiri.

Telkomsel telah menjadi provider seluler terbaik dengan kualitas jaringan paling bagus di Indonesia. Telkomsel yang merupakan pemimpin SIM merek SimPATI dan AS selalu berinovasi untuk melayani pengguna setianya.

Akan tetapi, pulsa reguler mulai jarang digunakan dan lebih sering mengandalkan kuota internet. Kalian mungkin memakai pulsa biasa untuk menelpon bila sinyal internet tidak penuh saat berada di lokasi tertentu.

Sementara itu, banyak pengguna Telkomsel yang penasaran mengapa pulsa reguler yang sudah diisi ulang bisa hilang begitu saja. Kalian akan mengetahui semua jawabannya lewat pembahasan soal cara mengunci pulsa telkomsel paling ampuh selanjutnya.

Pembahasan kali ini bertujuan agar anda dapat mengamankan pulsa reguler saat top up sehingga tidak raib tanpa sebab. Kalian bisa memakainya untuk SMS atau telepon bila komunikasi lewat internet kurang memuaskan.

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel
Mengunci Pulsa Telkomsel

Faktor Utama yang Bikin Pulsa Telkomsel Hilang Otomatis

Untuk menghentikan masalah tersedotnya pulsa Telkomsel secara otomatis, kamu tidak bisa percaya begitu saja soal informasi yang beredar di internet. Kalian harus tahu landasan utama yang merupakan faktor dibalik hilangnya pulsa reguler tersebut.

Kamu tidak sepenuhnya menyalahkan penggunaan internet dengan pulsa biasa, namun pembahasan berikut bakal memecahkan masalah soal alasan pulsa Telkomsel selalu tersedot otomatis, antara lain :

1. Langganan Konten dan SMS Premium

Tak bisa dipungkiri bahwa berlangganan SMS premium bahkan konten tertentu akan menyedot pulsa reguler yang sudah diisi ulang. Kalian biasanya menerima pesan singkat berupa kegiatan artis, informasi zodiak sampai konten lain.

Hal ini mengakibatkan kamu sudah berlangganan dengan nomor terkait seperti 99***. Apabila nomor tersebut sudah mengirimkan SMS premium, pulsa reguler akan langsung terpotong secara otomatis.

2. GPRS Aktif

Apakah kamu pernah memakai internet meski kuota data sudah habis? Kondisi ini terjadi bila GPRS masih aktif dan risikonya adalah pulsa reguler bakal tersedot secara otomatis. Walaupun kalian menggunakan WhatsApp, Facebook sampai YouTube tanpa henti namun pulsa yang telah diisi ulang akan berkurang. Apabila kamu sudah menerima pesan pemberitahuan dari nomor resmi Telkomsel (3636), pulsa biasa akan langsung dikurangi.

3. Tekan Link Sembarangan

Jangan pernah menekan URL atau alamat website sembarangan. Situasi ini biasanya dialami pengguna Telkomsel yang selalu mengunduh file musik lewat website lagu secara online. Kalian bakal menemukan ratusan judul lagu yang ingin diunduh, namun kalian tidak bisa memilih asal-asalan.

Apabila kamu salah menekan link download, maka risikonya bisa mengurangi pulsa reguler yang biasanya memakan nominal hingga lima ribu rupiah.

4. Berlangganan Paket Internet

Siapa saja yang berlangganan internet harian, mingguan bahkan bulanan, bila tidak berhenti menggunakan layanannya maka pulsa reguler bisa tersedot otomatis. Jumlah pulsa yang bakal dipotong biasanya menyesuaikan dengan harga paket internet masing-masing.

Apabila pulsa biasa yang sudah diisi ulang tidak mencapai batas minimum nominal dari biaya paket internet, kalian tidak bisa menggunakannya untuk berlangganan.

Pilihan Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Kalian bisa menggunakan beragam langkah untuk mengunci pulsa Telkomsel setelah pengisian ulang (top up). Sebagian orang biasanya mengisi pulsa saat jaringan internet kurang bagus atau sinyalnya hilang tiba-tiba.

Pulsa Telkomsel tersebut pasti digunakan untuk SMS atau telepon kepada sesama nomor Telkomsel. Untuk mengunci pulsa reguler tersebut, kalian harus mengikuti ulasan selanjutnya yang aman dan cepat tanpa biaya apapun, yaitu :

1. Mengunci Pulsa Telkomsel Saat Kuota Internet Habis

Untuk mengunci pulsa Telkomsel Ketika kuota internet habis, kalian harus mematikan data seluler terlebih dahulu. Namun, beberapa merek smartphone android masih belum mampu menerapkan panduan ini. Kalian bisa mengatasinya dengan menghubungi nomor Customer Service (188) agar GPRS dapat dimatikan sementara.

Meski begitu, kamu bisa menggunakan opsi lebih mudah tanpa menelpon layanan bantuan seperti di bawah ini :

  • Buka menu Dial Call.
  • Tekan kode angka *363*212#
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan menutup layanan internet, tekan angka 1.
  • Tunggu pemberitahuan berupa SMS penutupan layanan internet sudah berhasil.
  • Selesai.

2. Mengunci Pulsa Telkomsel via SMS

Kamu bisa mengunci pulsa reguler Telkomsel melalui SMS. Pengguna Telkomsel masih menerapkan teknik seperti ini untuk mengamankan pulsa yang baru saja diisi ulang. Caranya adalah mengirim SMS dengan format STOP dan kirim ke 999677 untuk mengaktifkan layanan UNREG tersebut.

Jika kalian sudah membalas pesan tersebut, maka secara otomatis pulsa reguler bisa dipakai tanpa khawatir tersedot kembali.

Sekilas inpo, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

3. Mengunci Pulsa Telkomsel via UNREG Paket Internet

Apabila kalian punya aplikasi MyTelkomsel, maka bisa menonaktifkan paket internet untuk mencegah pemotongan pulsa reguler. Akan tetapi, kamu dapat melakukannya lewat metode lain seperti uraian berikut :

  • Buka menu Dial Phone.
  • Tekan kode angka *363# dan tekan tombol “Call”.
  • Pilih “Paket Lainnya” dan tunggu sampai muncul pilihan paket yang bisa dibeli.
  • Pilih menu “Berhenti / S&K”.
  • Tekan tombol “Berhenti”.
  • Selesai.

4. Mengunci Pulsa Telkomsel via Channel Digital Telkomsel

Kalian juga bisa memanfaatkan layanan Channel Digital Telkomsel untuk mengunci pulsa reguler. Walaupun masih asing bahkan jarang digunakan sebagian besar pengguna Telkomsel, namun efektif untuk mengamankan pulsa kalian.

Caranya adalah kunjungi situs resmi Telkomsel di www.my.telkomsel.com atau menggunakan aplikasi MyTelkomsel via Smartphone. Kalian juga bisa mengunci semua sosial medianya yaitu :

Untuk memastikan sumber masalahnya, kamu juga bisa mengunjungi Grapari Telkomsel yang berlokasi di kota kalian. Grapari adalah gerai resmi SimPATI yang siaga membantu para pengguna Telkomsel dalam mengatasi kendala soal provider andalan kamu.

Kalian perlu memberikan informasi pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, lokasi, tempat dan tanggal lahir, nominal pulsa awal dan akhir hingga jumlah potongan pulsa terakhir.

Bagaimana Menggunakan Pulsa Telkomsel dengan Aman dan Hemat?

Apabila pulsa reguler kalian selalu hilang tiba-tiba, gunakan cara mengunci pulsa Telkomsel di atas dengan benar. Meski begitu, pemotongan pulsa tidak selalu disebabkan operator seluler lantaran semuanya ditentukan penggunanya masing-masing.

Andaikan kuota internet kalian sudah habis, matikan data selulernya sehingga pulsa tidak dapat berkurang secara otomatis. Walaupun koneksi internetnya dimatikan, jangan pernah pakai sosial media seperti YouTube, Facebook, Instagram dan lainnya yang mungkin menyedot pulsa cukup besar bila tidak mengandalkan data seluler.

Kalian bukan hanya memperhatikan jaringan internet saat kuota habis, pastikan tidak berlangganan NSP karena nada dering yang diterima saat menelpon orang lain akan menyedot pulsa Telkomsel kalian.

Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...