Cara Memperbaiki Correction Tape

Cara Memperbaiki Correction Tape
Cara Memperbaiki Correction Tape

Bingung bagaimana cara memperbaiki correction tape yang rusak? Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan solusinya di sini. Ya, correction tape merupakan sebuah alat untuk menutupi atau menghapus kesalahan ketik atau tulis pada kertas. Biasanya alat ini memiliki gulungan pita dari kain atau plastik. Gulungan plastik ini mempunyai bagian dengan lapisan bahan berwarna putih untuk menutupi tulisan atau tinta pada kertas.

Correction tape ini umumnya dipakia dengan menempatkan gulungan pita ke area tertentu yang akan diperbaiki di kertas, lalu menariknya ke bagian belakang sehingga dapat menutupi kesalahan. Selain itu, alat ini seringkali dipakai oleh mahasiswa, pelajar maupun karyawan. Biasanya untuk pekerjaan terkait penulisan atau pencetakan dokumen, fungsi alat ini untuk memperbaiki ketikan atau kesalahan penulisan tanpa menimbulkan bekas atau kotoran ke dalam kertas.

Cara Memperbaiki Correction Tape

Cara Memperbaiki Correction Tape
Cara Memperbaiki Correction Tape

Jika kebetulan correction tape kamu bermasalah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. Berikut langkah cara memperbaiki correction tape, antara lain :

1. Cek Komponen yang Rusak

Silakan cek komponen-komponen correction tape yang rusak. Biasaya kemungkinan ada komponen yang rusak atau patah yang dapat berpengaruh pada kinerja alat.

2. Bongkar Komponen yang Rusak

Silakan bongkar komponen yang rusak pada correction tape, kemudian pastikan seluruh komponen dalam kondisi yang bersih, tidak ada kotoran sama sekali.

3. Ganti Komponen yang Rusak

Silakan ganti komponen yang patah atau rusak dengan komponen baru. Kamu dapat membeli bagian atau komponen yang rusak tersebut di toko online atau toko perlengkapan kantor yang menjajakan peralatan kantor.

4. Cek Lagi Kinerja Correction Tape

Jika komponen baru sudah kamu pasang, cek lagi bagaimana kinerja alat correction tape ini dengan mencoba mengaplikasikannya pada kertas. Apabila belum berfungs baik, kamu bisa mencoba membersihkan komponen-komponn tertentu yang terkena oleh kertas menggunakan lap basah agar kotoran dan debu hilang.

5. Beli yang Baru

Namun jika kamu sudah melakukan tahapan di atas tapi ternyata masih bermasalah, sebaiknya pertimbangkan membeli tape yang baru. Memperbaiki tape yang mengalami kerusakan terkadang mengharuskanmu untuk merogoh kocek lebih dalam. Selain itu, tentunya lebih efisien jika membeli produk yang baru.

Tips Memilih Correction Tape

Kamu juga harus tahu bagaimana cara memilih correction tape dengan benar, antara lain :

1. Perhatikan Lebar Pita

Sebaiknya pilih tape yang tepat sesuai lebar kesalahan pada kertas yang akan kamu perbaiki. Biasanya ada banyak pilihan ukuran lebar pita, dari yang ukurannya tipis sampai yang lebar. Jadi, pastikan memilih lebar yang tepat sesuai kebutuhan.

2. Jenis Correction Tape

Silakan perhatikan tipe atau jenis dari correction tape, apakah dari bahan kain atau plastik. Alat yang berbahan dasar kain umumnya lebih tahan lama dan kuat, namun harganya lebih mahal dibandingkan dari yang berbahan plastik. Selain itu, correction tape berbahan plastik cenderung lebih mudah dipakai dan lebih ringan, sayangnya lebih mudah mengalami kerusakan.

3. Kualitas Bahan

Cek kualitas bahan material correction tape terlebih dahulu. Kamu bisa memilih tape yang bersifat tahan air dan tahan lama, sehingga coretan atau tulisan tidak gampang terhapus.

4. Harga

Selajutnya, pastikan tape yang dipilih sudah sesuai budget yang kamu miliki. Ada berbagai macam pilihan harga bervariasi pada correctio tape yang memiliki kualitas terbaik. Maka dari itu, pilihlah yang sesuai kebutuhan dan juga budget kamu.

Bagaimana, cara memperbaiki correction tape di atas mudah bukan? Jika ternyata correction tape masih tidak bisa berfungsi dengan baik, bisa membelinya dengan yang baru.