Cara Custom Domain Blogspot

Bagaimana cara custom domain blogspot? Custom domain ialah cara yang dilakukan untuk membuat website atau blog bisa diakses menggunakan domain yang Kamu miliki. Jadi nama domainmu sekaligus dijadikan sebagai nama blog itu sendiri.

Seperti kita ketahui blogspot adalah platform yang banyak digunakan oleh para pemula yang baru menggeluti dunia blogger. Hal ini dikarenakan blogspot bersifat user friendly dan bisa dinikmati secara gratisan. Hanya saja kekurangannya alamat blog biasanya memakai subdomain.

Sebenarnya pemakaian subdomain sebagai alamat blog sendiri cenderung kurang menarik karena terlalu panjang. Jadi tidak gampang diingat, serta terkesan tidak profesionalitas bagi blog-mu. Tapi Kamu masih bisa mengganti alamat tersebut menggunakan nama domain agar lebih ringkas dan mudah diingat. Karena alasan itulah, Kami akan membagikan  informasi tentang cara custom domain Blogspot.

Apa Saja Keuntungan Custom Domain Blogspot?

Dengan memakai custom domain di Blogspot, sudah pasti membuat alamat blogmu terlihat sedikit berbeda. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika memakai custom domain, berikut ini :

1. Lebih Fleksibel

Salah satu kekurangan penggunaan subdomain sebagai alamat blog, ialah tidak dapat dipindahkan pada platform lain. Jika suatu saat Kamu memutuskan beralih pada CMS (content management system) menggunakan WordPress misalnya. Maka alamat blog kamu yang sebelumnya tidak bisa dipakai pada platform baru. Hal ini tentu sangat disayangkan, apalagi jika Kamu sudah mempunyai viewer cukup banyak.

2. Kurang Profesional

Seperti kita ketahui, blogspot memang bukan platform yang tepat untuk branding. Terlebih saat menggunakan blogspot biasanya terlalu banyak spam sehingga bisa mengurangi tingkat kredibilitas platform. Selain itu, jauh dari yang namanya monetisasi. Ini tentu lebih sulit dibandingkan cara dapat uang dari Youtube.

3. Tidak Dikenali Google

Bagi mesin pencarian seperti Google sendiri, blog yang dibuat dari Blogspot akan sulit ditemukan saat memasukkan keyword tertentu. Inilah yang membuat Blogspot tidak cocok jika ingin meningkatkan rate pengunjung atau membuat blogmu lebih dikenal pemirsa.

4. Pilih Domain murah

Beberapa orang menganggap jika harga domain cukup menguras kantong. Tapi sebenarnya tidak berlaku bagi beberapa domain tertentu. Ada beberapa ekstensi yang menawarkan harga terjangkau, seperti online, site, dan xyz. Jadi, tak ada salahnya memilih harga domain yang murah untuk memulainya.

5. Susah Mendapatkan Backlink

Salah satu metode yang dilakukan supaya blog yang Kamu miliki gampang dibaca oleh Google ialah menggunakan Backlink. Akan tetapi karena beberapa alasan sebelumnya di atas, biasanya para pemilik blog lain ragu memberikan backlink mereka jika Kamu memakai Blogspot.

6. Bisa Digunakan Untuk Pembuatan Email

Pemilik domain blog bisa membuat email menggunakan nama blognya. Misal, santi@blog.com. Akun email tersebut jika dipakai untuk bisnis sebenarnya bisa membuat blogmu terlihat cukup profesional.

Dengan begitu, kamu bisa mengganti subdomain pada Blogspotmu menggunakan ekstensi .com, baik secara manual maupun secara otomatis.

Cara Custom Domain Blogspot

Cara Custom Domain Blogspot
Mengatur Custom Domain Blogspot

Mengatur Custom Domain Blogspot Menggunakan Cloudflare

Salah satu cara mengatur custom domain blogspot yang bisa dilakukan jika Kamu ingin mengganti domain blogspot ialah menggunakan Cloudflare. Penggunaan Cloudflare sen diritidak lain untuk meningkatkan kecepatan akses website dan memperkuat sistem keamanan. Sederhananya, platform ini berperan sebagai penghubung antara pengunjung dengan server website.

Oke, langsung saja simak ulasan cara custom domain Blogspot menggunakan CloudFlare berikut ini :

1. Masuk ke Akun Blogspot/Bloggermu

Cara mengatur custom domain Blogspot yang pertama ialah silahkan login ke dashboard Blogspot/blogger yang Kamu miliki. Lalu klik “Settings” dan pilih “Basic” di sebelah kiri.

2. Inputkan Nama Domain

Selanjutnya masukkan domain ke dalam form alamat blog. Jangan lupa memakai www. di depannya, seperti : www.namadomainmu.com. Selanjutnya klik “save” atau simpan. Selanjutnya Kamu akan menerima Cname beserta IP Address dari Blogspot. IP adress dan Cname inilah yang nantinya dipakai untuk mengatur DNS pada Cloudflare.

3. Menambahkan Domain ke Dalam CloudFlare

Jika ingin menggunakan CloudFlare, tentu saja Kamu harus memiliki akun Cloudflare terlebih dahulu. Tapi jika belum, bisa sign up di link ini!

Setelah itu, langsung add site nama domainmu di Clodflare. Cukup pilih yang gratisan.

Jangan lupa pula masukkan nama server domain ke NS cloudflare. Apabila terlewat, cek nama servernya pada DNS Cloudflare. Kamu bisa mengatur nama servernya di dashboard client, penyedia nama domain yang Kamu beli.

4. Atur Cname CludFlare

Tambahkan A Record, dengan mengarahkan alamat IP Blogspot ke dalam domainmu. Inputkan A Record, IP Addres Blogspot dan Hostname.

Adapun IP Address dari Blospot sendiri diantaranya :

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Sedangkan untuk Cname Record sendiri, tambahkan Cname yang telah didapatkan saat melakukan pengaturan di dashboard blogspot.

5. Masukkan Kembali Custom Domain

Masuk lagi ke menu dashboard blog, lalu masukkan URL Domainmu. Selanjutnya klik “Simpan/Save”. Kamu bisa memverifiasi owner jika masih terdapat error.

Sesudah terverifikasi, silahkan buka dashboard blogger lalu add url domain kembali dan simpan lagi. Jika semua pengaturan di atas selesai dilakukan dan bila masih error Kamu hanya perlu menunggu beberapa lama.

Mengatur Custom Domain Blogspot Menggunakan Domainesia

Kamu juga bisa melakukan pembelian custom dimain di Domainesia. Kemudian lakukan cara custom domain Blogspot dengan cara berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke Blogspot.
  • Kemudian pilih “Setting” dan gulir ke tab “Publishing“.
  • Jika sudah, pilih “Custom Domain”.
  • Lalu isi menggunakan domain khusus, misalnya : www.harian.com.
  • Kemudian klik “Save”.
  • Silahkan copy-kan Cname pada blogmu yang nantinya ditambakan ke dalam DomaiNesia selaku penyedia domain. Dalam tahapan ini, karena pengaturan custom domain belum selesai, pastikan untuk tidak menutup halaman pengaturan dan Kamu beralih ke dalam pengaturan Domain Name System yang digunakan untuk menambahkan CName.
  • Langkah berikutnya tinggal masuk ke dalam dashboard DomaiNesia.
  • Lalu klik “My Domain”.
  • Selanjutnya pilih nama domain blog yang nantinya akan dikaitkan ke dalam blogspot.
  • Setelah itu, pilih “Settings”.
  • Lalu klik Blogger Settings dan gulir ke bawah lalu masukkan CNames dari blogmu.
  • Kemudian klik save and done.

Nah, sudah sampai tahapan di atas dan Kamu pun sudah melakukan pengaturan DNS. Kini saatnya kembali lagi ke Blogger untuk mengatur custom domain di Blogspot.

Tinggal klik “Save” pada setting custom domain, jika belum bisa klik tombol save secara berkala.

Dalam pengaturan tersebut, Kamu bisa mengaktifkan fitur pengalihan. Selain itu, aktifkan pula Https maupun Https redirect. Selanjutnya tinggal buka halaman masuk blogmu di browser.

Lihat apakah nama domain yang Kamu buat beserta httpsnya sudah diaktifkan atau belum. Apabila halaman blogmu masih belum terbuka di web browser. Biasanya disebabkan Httpsnya belum aktif. Jadi tunggu beberapa lama sampai blogger melakukan pengaktifan https di web/blogmu. Tunggu sekitar 15-30 menit sampai proses pengaturan custom domain di Blogspor selesai.

Cara custom domain di Blogspot sebenarnya sangat mudah. Selain itu, Kamu tinggal membeli domain di penyedia domain yang Kamu inginkan. Jika belum memiliki budget berlebih, pilih domain yang harganya pas dikantong. Oke, semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019