Cara Cek Masa Aktif Kartu XL

Bagaimana cara cek masa aktif kartu XL saya? Apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengecek Masa Aktif Kartu XL? Mengapa harus melakukan pengecekan Masa Aktif?

Bicara soal masa aktif pada kartu, tentunya hal ini merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dan juga harus diketahui oleh tiap pengguna ponsel. Baik itu pengguna smartphone Android, iPhone, atau bahkan ponsel ‘jadul’ yang hanya bisa digunakan untuk telpon atau SMS saja.

Sebab, masa aktif pada sebuah kartu SIM Card, merupakan sebuah waktu yang mana ketika masa aktif sudah habis, maka pengguna tidak bisa melakukan panggilan keluar, berikirim SMS, atau tidak bisa menerima panggilan masuk.

Dan lebih buruknya lagi, pihak Provider akan melakukan pemblokiran pada kartu, karena provider mengira pengguna sudah tidak lagi aktif.

Untuk cara mengecek atau mengetahui masa aktif kartu sendiri terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari menggunakan SMS, kode USSD, Aplikasi, atau bahkan yang lainnya.

Sedikit informasi saja untuk yang belum tau, masa aktif pada sebuah kartu SIM Card sendiri dipengaruhi dengan adanya transaksi berupa pengisian pulsa. Dan untuk tiap nominal pulsa yang masuk juga memiliki tambahan masa aktif yang berbeda beda. Tentunya hal ini akan berbeda di tiap Provider jaringan seluler atau SIM Card.

Semisal, untuk mendapatkan masa aktif selama 30 hari, kalian harus melakukan pengisian pulsa sebesar 10.000, namun ada juga beberapa operator lain yang hanya memberikan masa aktif selama 15 hari, untuk pengisian pulsa dengan nominal 10.000 rupiah. Dan baru mendapatkan tambahan masa aktif selama 30 hari, untuk pengisian pulsa sebesar 50.000.

Tentu dengan semakin sering pengguna ponsel melakukan pengisian pulsa secara berkala, hal ini bisa menambah masa aktif kartu hingga berbulan-bulan atau bertahun tahun. Semua kembali ke berapa besar nominal pengisian pulsa, dan juga seberapa sering pengguna melakukan pengisian pulsa.

Sebagaimana kita tau saat ini, pengguna smartphone terutama android dan iOS sudah jarang sekali melakukan pengisian pulsa. sebab, mereka lebih sering membeli voucher atau paket data yang metode pembayarannya adalah cash dan tidak masuk kedalam hitungan pengisian pulsa.

Sehingga, ketika mereka melakukan pembayaran untuk paket internet yang dibeli, maka masa aktif yang bertambah adalah paket internet tersebut, bukan masa aktif kartu.

Walaupun begitu, ketika mungkin kartu kalian sudah melewati masa aktif, kalian tetap akan mendapatkan tambahan waktu sekitar 30 hari, yang sering dinamakan dengan masa tenggang dan masih bisa melakukan pengisian pulsa.

Dalam masa inilah kalian masih bisa menerima panggilan masuk, namun tidak bisa melakukan panggilan keluar. Dan apabila selama 30 hari masa tenggang tersebut kalian tidak mengisi pulsa untuk menambah masa aktif, maka otomatis kartu kalian akan terblokir dan tak lagi bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas lebih lanjut tentang Cara Cek Masa Aktif Kartu XL dengan berbagai cara yang bisa kamu coba, untuk mengetahui masa aktif kartu XL kalian.

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL
Cek Masa Aktif Kartu XL

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL Lewat SMS

Sama sperti cara cek kuota XL Axiata, kalian juga bisa menggunakan fitur SMS untuk mengetahui sisa masa aktif dari kartu XL yang kalian gunakan. Tenang saja, cara ini tidak memerlukan biaya untuk pengiriman pesan kok.

Dan satu lagi, cara ini tidak membutuhkan aksess internet, yang penting kalian berada didalam sinyal yang baik dan tidak didalam ruangan yang tertutup.

Nah, untuk cara nya adalah:

  • Buka Aplikasi PESAN / SMS di smartphone kalian
  • Buat sebuah pesan baru, dan ketikkan isi pesan dengan format KUOTA
  • Kemudian, kirim pesan tersebut ke 868
  • Tunggu sampai pesan tadi terkirim, dan kalian akan menerima balasan dari Operator mengenai sisa kuota XL Axiata yang masih aktif, beserta masa aktif kartu XL kalian.

Dengan mengirimkan pesan untuk mengecek kuota, kalian juga akan mendapatkan informasi untuk masa aktif kartu, dan juga masa aktif dari kuota internet kalian. Jadi, lebih lengkap dan juga mudah.

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL Lewat Kode USSD

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan Kode USSD, atau jika di XL dikenal dengan kode UMB. Cara ini bisa digunakan untuk semua jenis ponsel, baik itu smartphone, ataupun ponsel biasa yang hanya digunakan untuk melakukan panggilan telpon atau SMS saja. Caranya juga gampang banget kok

  • Buka Aplikasi Telpon yang ada di perangkat kalian masing-masing
  • Ketikkan kode UMB berikut ini *123# kemudian tekan tombol Call / Panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul Pop Up dari kode UMB tadi

Setelah muncul pop up, maka kalian bisa melihat detail dari kartu kalian. Biasanya, format yang muncul adalah Pulsa Rp. XXXX s.d 01 Jan 2021. yang mana menampilkan informasi dari sisa pulsa, dan juga masa aktif kartu kalian.

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL Lewat Aplikasi

Untuk kalian yang gak mau ribet mengaksess kode UMB ataupun mengirim pesan, kalian bisa menggunakan Aplikasi dari XL Axiata yang sangat memudahkan pelanggannya. Nama aplikasiny adalah MyXL.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis baik di Google Play Store ataupun App Store. Dan untuk cara penggunaannya

  • Jika kamu belum memiliki Aplikasi MyXL, kalian bisa mengunduhnya di Play Store untuk Pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS
  • Setelah itu, Install Aplikasi MyXL dan tunggu installasi nya selesai
  • Setelah prosess Installasi selesai, jalankan aplikasi MyXL
  • Pada halaman awal, kalian akan diminta untuk memilih bahasa, ada 2 opsi yang bisa kamu pilih, bahasa Indonesia atau English, silahkan pilih sesuai keinginan
  • Setelah itu, kalian akan kembali dihadapkan dengan 2 opsi login, yang pertama Login Menggunakan Nomor XL, yang kedua Login Menggunakan Facebook
  • Masukkan nomor XL kalian untuk login (jika memilih login menggunakan nomor XL) dan tunggu kode OTP yang dikirimkan melalui pesan
  • Masukkan kode OTP tadi kedalam Aplikasi MyXL
  • Setelah berhasil login, kalian bisa langsung melihat informasi detail dari kartu kalian, baik itu sisa pulsa, masa aktif kartu, dan juga sisa kuota internet.

Selain itu, kemudahan lain yang ditawarkan aplikasi MyXL adalah kalian bisa melakukan pembelian pulsa, ataupun pembelian paket internet melalui aplikasi secara langsung.

Tentunya, ini menjadi salah satu kemudahan untuk pengguna, sehingga tidak perlu mondar mandir ke konter pulsa, ataupun convenience store yang melayani pembelian paket data.

Dengan menggunakan salah satu Cara Cek Masa Aktif Kartu XL diatas, tentunya ini bisa mencegah pengguna XL mengalami pemblokiran akibat tidak melakukan pengisisan pulsa dan tidak menambahkan masa aktif mereka, ketika masa tenggang.

Sekian untuk informasi kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi