Cara Belajar Nyetir Mobil

Bagaimana sih cara belajar nyetir mobil? Apa saja sih hal hal yang harus diperhatikan ketika akan belajar nyetir mobil? Apakah belajar nyetir mobil matic dan manual memiliki transmisi dan cara yang sama?

Untuk kamu yang mungkin saja belum bisa nyetir mobil, mungkin kalian pernah terfikir dan berharap bisa untuk nyetir mobil untuk berpergian kemana mana bukan?

Nah, jika jawabannya adalah iya, mungkin kalian sedang berada didalam pembahasan artikel yang tepat. Sebab, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara nyetir mobil dan juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mulai belajar nyetir mobil.

Seperti ulasan sebelumnya, cara nyetir mobil sendiri memiliki banyak cara dan juga poin penting yang harus diperhatikan. Memang, saat ini kita bisa dengan mudah menyewa jasa belajar stir mobil yang kerap kita temukan dijalan ataupun di pinggir jalan. Namun, tentunya hal tersebut akan memakan biaya yang cukup besar pastinya.

Sebagaimana kita tau, di Indonesia sendiri ada 2 jenis transmisi mobil yang banyak kita temukan. Ada mobil dengan jenis transmisi matic, dan ada juga mobil dengan jenis transmisi manual. Adapun kedua jenis transmisi ini memiliki sistem kerja pada mesin yang berbeda beda.

Jika pada mobil matic kita tidak menggunakan pedal kopling, maka pada mobil manual justru kita harus lhiai dalam memainkan pedal kopling dibagian bawah. Walaupun begitu, tetap saja perihal hal hal penting yang harus diperhatikan tetaplah sama.

Adapun untuk belajar nyetir mobil, sangat disarankan untuk kalian berada ditempat yang memang dikhususkan untuk latihan mobil, seperti misalnya lapangan kosong, jalan yang tak terlalu ramai, atau bahkan perkomplekan yang luas. Sebab, jika menggunakan jasa belajar mobil, kadang kala kita langsung diarahkan untuk berkendara dijalan besar. Tentunya, hal ini sangat tidak diajurkan karena alasan keselamatan.

Dan tak cuma itu aja, kalian juga dianjurkan untuk didampingi orang yang lebih mengerti atau sudah bisa untuk mengendarai mobil. Mintalah kepada orang tersebut untuk memperkenalkan tiap bagian yang ada di mobil, mulai dari dashboard, persneling, pedal, dan lain lain. Usahakan ketika kamu sedang latihan berkendara, kamu menggunakan satu jenis mobil atau tipe mobil yang sama secara berulang ulang.

Hal ini bertujuan agar ketika latihan kalian akan lebih terbiasa dan mulai mengenali bagian dalam serta fungsi pedal dan persneling pada kendaraan tersebut. Barulah jika dirasa kalian sudah menguasai keseluruhan dari fungsi pedal dan persneling, kalian bisa mencoba mobil lain untuk beradaptasih lebih lanjut.

Untuk itu, apabila kamu ingin mengetahui cara belajar nyetir mobil, kamu bisa menyimak pembahasan berikut sampai habis.

Cara Belajar Nyetir Mobil

Cara Belajar Nyetir Mobil
Belajar Nyetir Mobil

Memahamahi Semua Fungsi Pedal yang ada didalam Mobil

Yang paling pertama harus diperhatikan pada saat belajar nyetir adalah kalian harus mempelajari dan mengenali fungsi dari masing masing masing pedan yang ada. Biasanya, pedal di paling kiri kaki adalah kopling, pedal yang ada ditengah adalah rem, dan pedal yang ada dipaling kanan adalah pedal gas. Dan setelah mengetahui serta memahami fungsi dari pedal tersebut, maka kita tinggal membiasakan diri untuk berpindah kaki dalam mengoperasikan pedal tersebut agar semakin terbiasa.

Menguasai Penggunaan Kopling

Pada mobil manual, pedal kopling sendiri digunakan sebagai transmisi atau menghentikan putaran mesin pada saat berpindah gigi, baik untuk menambahkan rasio gigi atau bahkan menurunkan rasio gigi tanpa merusak gear dari masing masing transmisi. Itulah mengapa tiap pengendara mobil harus bisa mengoperasikan pedal kopling pada saat berpindah gigi.

Walaupun mobil belum berjalan sepenuhnya, mesin mobil telah mengalami putaran, akan tetapi karena putaran yang terjadi tidak terhubung dengan roda, sehingga roda tidak dapat bergerak. Oleh sebab itu, untuk menghubungkan roda ke putaran mesin harus dilalui dari rangkaian kopling yang ada pada mobil.

Operasikan Penggunaan Pedal dengan Baik

Saat mengoperasikan pedal, pengguna harus bisa memiliki konsentrasi yang baik. Sebab, biasanya tiap mobil memiliki jarak pijakan pedal gas yang berbeda. Untuk itu, ketika akan menginjak gas, usahakan untuk terlebih dahulu melepas pedal kopling secara perhalan dan ber-step, tidak disarankan untuk melepas pedal gas secara langsung.

Posisikan Gear dalam Mode Netral saat Menyalakan Mobil

Sebelum mulai menyalakan mobil, pastikan dahulu posisi Gear atau gigi berada dalam kondisi N atau Netral. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat apabila pengendara lupa dan langsung menyalakan mobil, maka mobil akan mengalami jumping atau tiba tiba maju dan menabrak apapun didepannya.

Untuk itu, pastikan terlebih dahulu ketika kunci dalam kondisi ON dan mesin belum menyala, posisi gear berada dalam kondisi Netral.

Nyalakan Mesin Mobil

Untuk menyalakan mesin, kalian bisa menggeser kunci dari kondisi off ke ON dengan sedikit menahan dan mendoronya agak keras. Penting untuk diperhatikan juga, ketika mesin akan menyala, pastikan kalian menginjak pedal kopling terlebih dahulu, dan setelah mesin menyala, baru lepaskan pedal kopling secara perlahan.

Mulai Belajar dan Mengendarai

Setelah semua siap, dan mesin sudah menyala, langkah selanjutnya adalah duduk dengan tenang, fokus, dan konsentrasi pada medan atau jalanan yang akan kalian tempuh. Nah, setelah itu, langkah pertama adalah injak pedal rem, dan turunkan tuas rem tangan terlebih dahulu.

Lalu, injak pedal kopling dan pindahkan persneling dari mode N ke mode 1 dan masih tetap menginjak pedal rem.

Kemudian, lepaskan pijakan pedal rem dan juga pedal kopling secara perlahan, sampai mobil sekiranya melaju agak pelan. Tetap fokus dan tenang, jangan dulu menginjak pedal gasnya. Barulah ketika mobil sudah berjalan agak jauh, lepaskan pedal kopling secara perlahan, dan pindahkan kaki ke pedal gas dan juga rem.

Atur kontrol gas dan juga rem agar tetap stabil. Perhatikan kondisi sekitar dan pastikan kalian menjaga jarak serta menggunakan lampu sein sebagai tanda apabila akan berbelok. Jika dirasa kecepatan sudah mulai stabil dan mendekati limit dari gigi 1, maka selanjutnya adalah kalian bisa melepas pijakan pedal gas secara perlahan sembari menginjak rem, kemudian tekan pedal kopling dan pindahkan posisi persneling dari gigi 1 ke gigi 2.

Terdengar sulit ya? Jika berbicara soal teorinya jelas sangat sulit. Tapi jika kamu sudah mempraktekkannya, maka kamu akan terbiasa. Kuncinya adalah konsistensi dan juga latihan secara terus menerus agar terbiasa dan juga mahir dalam mengendarai mobil.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, dengan menerapkan apa apa saja yang menjadi hal penting dalam belajar ataupun mengendarai mobil untuk pertama kalinya, tentunya kalian bisa lebih mudah dan terbiasa untuk mengendarai mobil. Baik itu mobil manual ataupun jenis matic. Namun, penyesuaian tipe baik matic ataupun manual, akan memerlukan waktu untuk kembali beradaptasih.

Demikianlah informasi seputar Cara Belajar Menyetir Mobil, tetap hati hati ketika berkendara, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi