Cara Baca Not Balok

Untuk belajar memainkan instrumen musik, memahami cara baca not balok sangat penting. Meski bagi sebagian besar orang, sangat tidak mudah untuk membaca barisan not-not yang ada di lembar partitur.

Not merupakan simbol yang digunakan sebagai penanda tinggi sebuah nada. Saat not tersebut dirangkai dalam irama tertentu, akan menjadi nada-nada yang biasa didengar. Baik itu di instrumen musik untuk lagu sampai nyanyian. Masing-masing akan membutuhkan not untuk menunjukan nada-nada yang ada.

Terdapat dua cara penulisan not, yakni not angka dan balok. Memahami dan mempelajari mengenai nada membutuhkan kemampuan untuk cara baca not balok maupun angka.

Agar lebih jelas lagi mengenai hal tersebut, di bawah ini merupakan ulasan mengenai bagaimana membaca not balok dengan mudah.

Cara Baca Not Balok

Cara Baca Not Balok
Cara Baca Not Balok Dengan Memahami 6 Poin Penting

 

Untuk cara mudah baca not balok, mengenali arti masing-masing simbol nada tentu penting. Setelah itu baru bisa mulai berlatih bagaimana cara yang benar untuk membaca not balok.

Cara baca not balok disebut juga dengan sight reading skill. Keahlian ini harus diasah dan dilatih terus menerus bagi mereka yang sedang mempelajari musik. Baik itu untuk bermain instrumen musik maupun bernyanyi. Seperti berbagai lagu bisa di-download di Soundcloud.

Memahami bagaimana membaca not balok memudahkan dalam penguasaan nada dan lagu. Untuk itu sangat penting mengerti bagaimana cara membaca notasi-notasi not. Baik itu not balok maupun angka.

1. Memahami Simbol Not Balok dan Paranada

Langkah pertama cara mudah baca not balok dengan memahami simbol-simbol yang ada. Simbol di not balok berupa bulatan-bulatan dengan warna hitam. Setiap bulatan akan memiliki tangkai panjang, entah di bagian depan atau belakang. Tangkai panjang di bulatan pada simbol not balok menyerupai huruf p dan d.

Penulisan simbol di not balok dilakukan di garis paranada. Paranada terdiri atas 5 garis, dimana jarak masing-masing garis menunjukan ketinggian not nada dan durasi.

Posisi setiap simbol di garis pranada menunjukan tinggi atau rendahnya nada yang dimainkan. Ini berarti bila simbol berada di garis atas pranada, maka nada yang dimainkan menjadi lebih tinggi. Jika simbol berada di bagian bawah garis pranada berarti nada untuk lagu tersebut kian rendah.

Tidak sulit bukan memahami mengenai simbol dan pranada ini?

2. Cara Baca Durasi Not Balok

Durasi di not balok menunjukan berapa ketukan nada yang dimainkan. Ketukan untuk setiap nada tersebut bisa diketahui dari tangkai di setiap simbol not balok. Disebutkan di atas, masing-masing simbol not balok terdiri dari bulatan dan tangkai. Tangkai di simbol menjadi penanda durasi nada.

Begini penjelasan mudahnya:

  • Tangkai not balok tidak terdapat bendera: durasi not sepanjang satu ketukan
  • Ada satu bendera di tangkai simbol not balok: durasi not setengah ketuk
  • Ada dua bendera di tangkai simbol not: durasi nada untuk not tersebut menjadi seperempat ketukan

Cara baca durasi not balok dan ketukan masing-masing melalui ada atau tidaknya bendera di simbol.

3. Mengetahui Nama-nama Simbol Not Balok

Cara Baca Not Balok
Nama Simbol, Tanda Istirahat, dan Ketukan di Not Balok

Dalam sebuah nada lagu, yang paling sering dimainkan merupakan not 1/32 sampai not penuh. Masing-masing not memiliki simbol dan juga penamaan masing-masing.

  • Whole Note / Not Penuh: bentuk not hanya lingkaran, tanpa tangkai dan bendera. Badan not tidak digambarkan berwarna hitam penuh.
  • Half Note / Not Setengah: digambarkan dengan simbol not lingkaran, tidak berwarna hitam penuh, dengan tangkai. Tanpa ada bendera.
  • Not Seperempat: hampir sama dengan not setengah, hanya saja berwarna hitam penuh. Sudah ada tangkai tanpa bendera.
  • Not Seperdelapan: seperti not seperempat, namun memiliki satu bendera.
  • Not Satu-per-enam belas: simbol not digambarkan dalam warna hitam dan memiliki tangkai. Terdapat dua bendera pada tangkai not.
  • Not Satu-per-tiga puluh dua: ada tiga bendera di tangkai pada simbol not.

Nama-nama simbol not di atas akan menjadi petunjuk berapa ketukan yang ada.

4. Cara Baca Ketukan Not Balok

Baca not balok termasuk juga memahami ketukan. Seperti disebut di atas, durasi akan menjadi penentu lain dari berapa banyak ketukan untuk setiap not.

Dari nama-nama simbol not balok di atas, ketukan yang dimiliki diantaranya:

  • Whole Note / Not Penuh: 4 ketukan
  • Half Note / Not Setengah: 2 ketukan
  • Not Seperempat: 1 ketukan
  • Not Seperdelapan: 1/2 ketukan
  • Not Satu-per-enam belas: 1/4 ketukan
  • Not Satu-per-tiga puluh dua: 1/8 ketukan

Tanda bendera sebagai durasi di setiap simbol menunjukan ketukan masing-masing not. Not seperempat, misalnya, tidak memiliki bendera pada simbol tangkainya. Sehingga nilai dari not ini sebanyak 1 ketukan. Sedangkan not seperdelapan memiliki satu bendera, jadi nilainya menjadi 1/2 ketukan.

Tidak terlalu sulit dipahami, bukan? Untuk cara mudah baca not balok memang dimulai dengan memahami arti setiap simbol dan juga ketukan serta durasinya.

5. Cara Baca Kunci Not Balok

Cara baca kunci not balok dimulai dengan mengenali masing-masing. Di not balok ada dua kunci berbeda: Bass Clef dan Treble Clef.

Kunci Bass Clef dan Treble Clef di not balok merupakan penentu untuk tinggi dan rendahnya nada. Cara baca Bass Clef dan Treble Clef not balok tentu penting demi mengetahui seberapa tinggi nada di lagu tersebut.

Bass (F) Clef merupakan kunci untuk nada rendah. Sedangkan kunci Treble (G) Clef untuk nada tinggi.

Kedua kunci ini digunakan sebagai penentu tinggi dan rendahnya nada. Di instrumen piano, misalnya, tuts piano di sisi kiri tangan untuk nada rendah atau Bass Clef. Sedangkan untuk jari kanan merupakan nada tinggi atau Treble Clef.

Instrumen musik lain seperti gitar hanya memiliki senar di nada tinggi, atau Treble Clef. Di sisi lain, bass gitar memiliki 4 senar di nada Bass Clef. Inilah mengapa partitur untuk bass selalu dimulai dengan kunci F clef dan di partitur gitar dengan G clef.

Hanya piano saja instrumen musik yang memiliki kunci G dan F clef sekaligus.

6. Cara Baca Tanda Istirahat Not Balok

Di not balok bukan hanya ada simbol dan ketukan durasi saja di garis paranada. Ada tanda baca yang juga harus diperhatikan.

Masing-masing simbol not balok akan memiliki tanda istirahat berbeda. Bila tanda istirahat ini muncul, berarti nada tersebut tidak dibunyikan.

Tidak hanya sesuai dengan setiap nama masing-masing simbol, tanda istirahat juga memiliki nilai ketukan tersendiri. Untuk cara baca not balok yang benar termasuk memahami tanda baca yang mungkin akan muncul.

Tanda baca tidak boleh diabaikan ketika membaca not balok. Tanda ini merupakan penanda bahwa nada tersebut tidak dibunyikan atau dimainkan. Komposisi nada pastinya akan berbeda bila mengabaikan tanda istirahat dan tidak.

Untuk membaca not balok memang membutuhkan keahlian khusus. Cara baca not balok juga akan memerlukan latihan panjang. Seperti juga bagaimana memainkan instrumen. Mengenali nada bisa dimulai dengan memahami bagaimana cara memahami not balok. Setelah itu, cara mudah baca not balok akan semakin mungkin untuk dilakukan.

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while