Cara Mengunci Meteran Air

Kasus pencurian mesin air semakin marak, sehingga cara mengunci meteran air tidak dapat dilewatkan. Kamu pasti pernah mendengar rumor bahwa aksi kriminal yang dilakukan beberapa orang yang mencuri mesin air kian meresahkan banyak orang.

Tak bisa dipungkiri bahwa insiden ini biasanya dialami oleh orang yang menyimpan mesinnya di bagian luar rumah. Kamu tidak boleh santai meski penyimpanannya dilakukan secara indoor alias di dalam rumah.

Hal ini dikarenakan aksi merugikan tersebut berawal dari penguncian meteran air yang tidak kuat. Maka dari itu, cara mengunci meteran air dengan kokoh harus dipahami dan diperhatikan agar kapasitas air di rumah tetap stabil, bahkan tidak diambil orang lain.

Kalian bukan sekadar memperhatikan pasokan air yang tersimpan, tetapi sistem pengamanannya juga perlu diawasi lantaran air adalah hal penting dan pasti dibutuhkan oleh semua orang. Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

Walaupun sebagian besar masyarakat belum tahu proses penguncian meteran air, kamu bisa melakukannya lewat pembahasan selanjutnya. Ulasan ini memberikan informasi aktual dan ringkas soal pengamanan meteran mesin air yang aman dan cepat.

Kalian bisa memakainya dengan baik sehingga terhindar dari aksi pencurian yang dilakukan secara tidak wajar. Kunci pengamannya terbilang kuat dan siapa saja tidak bisa membukanya selain diri kamu sendiri.

Cara Mengunci Meteran Air

Cara Mengunci Meteran Air
Mengunci Meteran Air

Panduan Mengunci dan Memutus Aliran Air ke Rumah, Seperti Apa?

Air telah menjadi kebutuhan primer manusia sejak lahir ke dunia. Wajar saja kamu tidak akan lepas dari penggunaannya untuk beragam kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci, memasak sampai minum. Meski begitu, kapasitas air yang dimiliki setiap rumah pasti berbeda dan kalian perlu mengirit sehingga tidak dapat habis pada kondisi tertentu.

Kalian hanya perlu mengunci dan memutus aliran airnya dari meteran yang digunakan pada mesin pompa air sesuai pembahasan berikut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah carilah katup penutup utamanya. Katup ini berbahan dasar kuningan dengan gagang bundar. Lokasi penyimpanannya dekar pipa air utama yang tersambung ke rumah kalian. Pipa ini juga terletak di sekitar lantai dasar, dapur, maupun kamar utilitas.

Kalian bisa mematikannya dengan memutarnya sesuai arah jarum jam. Hal ini bertujuan supaya aliran airnya berhenti ke rumah sehingga pasokannya lebih irit. Kalian perlu menggunakan sarung tangan bila katupnya keras, tujuannya supaya bisa menambah kekuatan saat katupnya diputar dan tangan kamu terhindar dari memar.

Kamu harus menghidupkan semua keran untuk menguras air dari sistem pipanya. Hal ini bertujuan agar air yang kurang bagus bahkan kotor bisa terbuang habis.

Nyalakan sambungan air pada bak mandi, wastafel dan pancuran dengan benar. Anda pun bisa menyimpan air bersih selama meteran airnya dikunci untuk mengetahui pasokan yang masih tersedia.

Mengunci Meteran Air untuk Memutus Aliran ke Fiting dan Properti

Bukan rahasia umum bila siapa saja pasti mengalami kehabisan air di rumah akibat pemakaian di luar batas. Hal ini dikarenakan kalian sering memakainya untuk kebutuhan tertentu diluar perkiraan sebelumnya. Namun, kamu bisa saja menggunakan air bagi suatu hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Kalian bisa mengentikan alirannya ke fiting maupun property tertentu lewat pembahasan selanjutnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

1. Mengunci Meteran Air untuk Memutus Saluran ke Fiting

Untuk memutus saluran air ke fiting, maka kalian bisa mencari katup penutup yang dekat dengan fiting terlebih dahulu. Kalian harus tahu bahwa fiting punya penutup sendiri di bawahnya seperti katup krom.

Kamu bisa melihatnya pada pancuran dan wastafel yang punya dua katup untuk menghasilkan air panas atau dingin. Langkah berikutnya dengan memutar katup sesuai arah jarum jam untuk memutuskan sambungan air ke fiting.

Kalian harus mematikan kedua katupnya bila terdapat saluran air terpisah untuk air panas maupun dingin. Kamu bisa melakukan perbaikan terhadap meteran yang terkunci untuk memutus aliran airnya dengan menyiapkan ember supaya bisa menguras pasokan air.

Air ini tepatnya berasal dari katup dan fiting. Apabila telah selesai, kalian bisa memutar katupnya secara berlawanan dari arah jarum jam untuk mengembalikan saluran airnya.

Sekilas inpo, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

2. Mengunci Meteran Air untuk Saluran ke Properti

Kalian bisa menghubungi jasa pemasok air yang diandalkan untuk mengatasi hal ini. Namun, kamu bakal diizinkan menutup katupnya secara manual tanpa melibatkan pihak mereka lagi. Untuk mencari katup pemutus airnya, kamu bisa mencarinya di luar rumah dan biasanya menyatu dengan meteran air di dalam kotak yang tertutup.

Kamu harus angkat penutupnya, walaupun agak berat namun perancangannya ditujukan agar tidak dapat dibuka orang lain. Gunakan Kunci Inggris untuk membukanya, carilah katup bergagang kecil untuk memutus saluran air pada properti kalian.

Katup ini punya dua jenis yang terdiri dari katup gerbang dan katup bola. Kamu bisa menutup katup gerbang sesuai arah jarum jam dengan frekuensi sejauh mungkin. Kalian harus pastikan penutupnya sudah dirapatkan sebaik mungkin agar tidak ada air yang keluar.

Namun, katupnya bakal macer bila tidak dipakai cukup lama hingga beberapa tahun. Langkah selanjutnya adalah menutup katup bola dengan memutarkan hanya seperempat lingkaran. Apabila gagangnya terbuka, maka gagangnya bakal searah dengan pipa.

Kamu bisa melakukan perbaikan saat meteran air sudah terkunci karena saluran airnya tidak berfungsi alias dimatikan. Kalian perlu menguras air dari saluran pipa pada bak mandi atau wastafel. Kamu bisa membuka semua keran serta fiting yang menggunakan air supaya proses perbaikan dapat berjalan dengan cepat.

Tips dan Trik Mengunci Meteran Air yang Harus Diperhatikan

Kalian harus memperhatikan beberapa hal ketika mengunci meteran air. Pasalnya, kamu pasti bingung saat melakukannya karena tidak semua benda yang digunakan sudah diketahui fungsinya.

Namun, kalian perlu memastikan bahwa semua anggota keluarga sudah paham tentang mengakses katup pemutus utama bila terjadi situasi darurat. Hal ini pun didasari kondisi pipa, lantaran proses pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit.

Jika kamu menguras bahkan memutus aliran air di rumah, maka harus melepas aerator di dalam keran ketika air sudah dialirkan lagi. Hal ini membuat kotoran bakal terbawa keluar oleh saluran air. Meski begitu, kondisi katup bisa saja agak cacat atau sulit ditutup dan kejadian ini harus ditangani oleh jasa berpengalaman.

Kalian tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengandalkan tenaga jasa professional karena waktu proyeknya terbilang singkat.

Hal Penting Saat Mengunci Meteran Air yang Tidak Boleh Dilakukan

Demikian informasi tentang cara mengunci meteran air untuk memutus alirannya pada properti maupun rumah kalian. Kamu tidak boleh membuka katup pemasok air wilayah kota yang dikunci karena faktor keamanan, risikonya adalah hukuman pidana.

Kalian juga tidak diizinkan menghidupkan air selama meterannya dikunci atau dimatikan lantaran alirannya sulit mengalir. Dampak buruknya adalah mesin air akan rusak lantaran saluran air tidak keluar dan mengendap terlalu lama.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger